Logo BeritaSatu

Dana Kelolaan Wealth Management OCBC NISP Tumbuh 30%

Rabu, 7 September 2022 | 14:35 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank OCBC NISP Tbk mencatat pertumbuhan dana kelolaan (asset under management/AUM) terkait bisnis manajemen kekayaan (wealth management) sebesar 30% (year on year/yoy) pada semester I 2022. Obligasi dan reksa dana dinilai menjadi instrumen menarik untuk dikoleksi dalam beberapa waktu mendatang.

"AUM tumbuh cukup bagus dibanding tahun lalu, kita tumbuh sekitar 30% secara overall, secara year on year sampai semester I 2022," kata Wealth Management Division Head Bank OCBC NISP Juky Mariska ketika ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dia menerangkan, tidak banyak terjadi perubahan perilaku penempatan investasi dari nasabah bisnis wealth management sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung. Sampai saat ini, produk-produk di luar deposito masih menjadi pilihan seperti obligasi dan reksa dana.

Di awal tahun ini misalnya, harga yang menantang untuk instrumen obligasi banyak dilirik nasabah primer. Namun ke depan, pihaknya mulai percaya diri memandang penjualan produk-produk obligasi.

"Di semester II 2022 ini cukup confidence-lah untuk obligasi, terutama untuk nasabah dengan adanya kepastian dari Fed dan suku bunga di Indonesia, harusnya para nasabah yang mau obligasi sekarang ini sudah mulai boleh lagi untuk consider (mempertimbangkan) obligasi," jelas dia.

Untuk reksa dana, diakui, indeks harga saham gabungan (IHSG) sudah tinggi yakni sekitar 7.100-7.200. Namun instrumen ini patut dipertimbangkan untuk nasabah dengan orientasi investasi jangka panjang. Asumsi ini sekaligus menimbang kebijakan pemerintah dan proyeksi perekonomian ke depan.

"Sekarang Fed dan Indonesia mulai menaikkan suku bunga, harga BBM naik, dari mata investasi asing dan ekonomi ini bukan suatu yang jelek, secara fiskal ini mendukung pergerakan (positif) untuk IHSG. Jadi saya rasa, untuk nasabah yang mau investasi jangka panjang di reksa dana tahun depan seharusnya cukup bagus. Tergantung profil dan target investasi," imbuh Mariska.

Selain mengenai perilaku, dia bilang bahwa saat ini sudah 30% dari nasabah bisnis manajemen kekayaan telah aktif menggunakan aplikasi One Mobile. Mereka banyak menggunakan fitur untuk transaksi forex (FX), reksa dana, maupun obligasi.

Di sisi lain, Mariska turut menyorot pentingnya nasabah untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Apalagi semakin ke depannya biaya pendidikan semakin tinggi, BPS mencatat bahwa inflasi di sektor pendidikan mencapai 1,2% pada 2021. Dalam hal ini, nasabah perlu paham betul mempersiapkan dana tersebut dengan pengelolaan biaya yang tepat.

Keinginan tersebut tentu perlu diimbangi oleh persiapan sedini mungkin dengan dana keuangan yang tidak sedikit. Sejalan dengan hasil Financial Fitness Index Bank OCBC NISP 2022 menjelaskan bahwa 46% masyarakat Indonesia menabung secara rutin minimum 20% dari pendapatan.

Meski begitu, Mariska menuturkan, menabung saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mempersiapkan dana pendidikan, apalagi jika persiapan yang dibutuhkan lebih lama. Untuk itu, aplikasi One Mobile menghadirkan berbagai produk investasi yang sesuai dengan risiko dan profil nasabah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Penutupan Akhir Pekan, IHSG Terjungkal ke 6.715

IHSG ditutup melemah 89,1 poin (1,31%) ke level 6.715,12. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.695,4–6.804,2.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Hasil Merger, Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison Capai 100 Juta

Pascamerger, pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) saat ini mencapai 100 juta pengguna aktif.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sembilan CEO Raih Gelar Tokoh Finansial Indonesia 2022 Versi Investor Daily

Majalah Investor kembali menganugerahkan penghargaan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) untuk para Chief Executive Officer Terbaik dari berbagai bidang usaha.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan Catat Peserta Aktif Capai 36 Juta Tenaga Kerja

Jumlah kepesertaan aktif BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 36 juta tenaga kerja tahun ini meningkat 6 juta dari tahun sebelumnya.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Kurs Rupiah Terapresiasi ke Kisaran Rp 15.500

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Jumat(9/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.500.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BI Perkirakan Suku Bunga Acuan The Fed Naik 50 Bps di Desember

Bank Indonesia memperkirakan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) atau fed fund rate dikerek naik sebesar 50 basis poin (bps) di Desember 2022.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Jumpa Kroasia di Semifinal

Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Jumpa Kroasia di Semifinal

SEMESTA BOLA 2022 | 43 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE