Logo BeritaSatu

Industri Asuransi Jiwa Cermati Naiknya Rasio Klaim Kesehatan

Rabu, 7 September 2022 | 20:34 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Industri asuransi jiwa mencatatkan total klaim dan manfaat mencapai Rp 83,93 triliun, relatif stagnan atau hanya naik kurang 0,01% year on year (yoy) pada semester I 2022 dari periode yang sama 2021. Kini, para pelaku usaha industri asuransi jiwa mencermati perkembangan rasio klaim dari asuransi kesehatan.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon menyampaikan, tahun lalu klaim meninggal dunia naik luar biasa, sedangkan klaim kesehatan turun karena pandemi Covid-19 sehingga orang cenderung enggan ke rumah sakit. Di tahun ini terjadi sebaliknya, klaim meninggal dunia cenderung melambat karena Covid-19 mereda dan klaim kesehatan mulai meningkat.

"Diskusi saya dengan beberapa pemain asuransi jiwa, sekarang ini klaim asuransi meninggal dunia sudah turun jauh dan itu oke. Tapi memang mereka mulai melihat bahwa klaim asuransi kesehatan mulai naik," kata Budi di Jakarta, Selasa (6/9).

Merujuk data AAJI, klaim asuransi kesehatan tercatat mencapai Rp 6,98 triliun atau naik 28,4% (yoy) pada semester I 2022. Sedangkan premi yang dihimpun mencapai Rp 8,60 triliun atau tumbuh 15,9% (yoy). Dengan begitu, rasio klaim lini asuransi kesehatan pada paruh pertama tahun ini mencapai setidaknya 81,16%.

Pada semester I 2021, rasio klaim asuransi kesehatan tercatat sebesar 72,97%. Besaran rasio tersebut diperoleh dari nilai klaim kesehatan yang mencapai Rp 5,40 triliun dan premi yang dihasilkan dari produk asuransi kesehatan mencapai Rp 7,40 triliun.

Sementara klaim meninggal dunia kini telah mulai menyusut turun 25,2% (yoy) menjadi Rp 5,96 triliun pada semester I 2022. Sedangkan pada periode sama di tahun lalu, klaim meninggal dunia mencapai Rp 7,97 triliun, melonjak sampai dengan 44,90% (yoy).

Menurut Budi, rasio klaim asuransi kesehatan dan asuransi atas risiko meninggal dunia (jiwa) menjadi penting untuk diperhatikan bagi pelaku usaha. Dua lini tersebut berpeluang naik atau turun seketika tanpa kendali dari pelaku usaha, termasuk karena krisis kesehatan seperti pandemi Covid-19.

Senada, Ketua Bidang I Produk, Manajemen Risiko dan Good Corporate Governance AAJI Fauzi Arfan pun memandang bahwa penurunan klaim meninggal dunia menjadi kabar baik bagi industri asuransi jiwa. Selain memang menjadi angin segar bagi bisnis, hal tersebut mencerminkan keberhasilan untuk menahan laju dampak penyebaran Covid-19.

"Penurunan klaim meninggal dunia ini hal yang positif dibandingkan tahun lalu, di mana tahun 2021 menjadi sama paling buruk bagi masyarakat Indonesia dalam periode Covid-19, khususnya ketika varian Delta. Ini juga yang berdampak pada nilai klaim meninggal dunia di industri asuransi jiwa," ucap dia.

Sedangkan kenaikan pada klaim asuransi kesehatan dipandang sebagai bagian dari upaya mendukung kelangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Nilai klaim ini telah ikut serta membantu sekitar tiga juta orang/tertanggung, dengan nilai tertanggung perorangan mencapai Rp 4,33 triliun dan tertanggung kumpulan sebesar Rp 2,61 triliun pada semester I-2022.

Baca selanjutnya
Total klaimDi sisi lain, Fauzi juga mengatakan bahwa industri asuransi jiwa ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Berdasarkan analisa teknikal Pilarmas Investindo Sekuritas, IHSG berpotensi rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Yugen: IHSG Berpeluang Rebound, Simak Saham-saham Ini

Yugen Bertumbuh Sekuritas menyebut potensi tekanan mulai menurun. IHSG berpeluang technical rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Wall Street Akhiri Rentetan Koreksi, Investor Masih Cemas

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (8/12/2022). Investor harap-harap cemas tunggu data inflasi dan pengumuman the Fed.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ririek: Merger Indihome dan Telkomsel Tingkatkan Efisiensi Induk Usaha

Rencana merger Indihome dan Telkomsel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perseroan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Mattel: Industri Mainan Tahan Banting Hadapi Gejolak Ekonomi

Mattel menegaskan bahwa industri mainan termasuk industri yang tahan banting terhadap gejolak ekonomi.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir mengatakan potensi pariwisata lokal menjadi sumber pendapatan besar bagi bangsa yang perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Menkeu Tegaskan KSSK Tidak Boleh Diisi Anggota Parpol

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah tetap teguh menjaga indepedensi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sektor Komoditas Diproyeksikan Jadi Pendorong Pertumbuhan IHSG 2023

Tahun depan, sektor komoditas diperkirakan kembali moncer berkat perang Rusia dan Ukraina yang memicu kenaikan harga-harga.

EKONOMI | 9 Desember 2022

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres Ma ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE