Logo BeritaSatu

Potensi Wisata Bahari Terancam Tumpukan Sampah Plastik

Rabu, 7 September 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sudah dikenal dunia sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang paling banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Kekayaan laut inilah yang menarik minat para penggiat wisata bahari, khususnya para penyelam untuk datang ke Indonesia dan menjelajahi alam bawah laut Indonesia.

Advertisement

Sayangnya, seiring semakin banyaknya aktivitas manusia baik di darat maupun dilaut sangat berpengaruh kepada kelestarian laut.

Peneliti Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), M Reza Cordova, memaparkan hasil penelitian lapangan dari program MicroSEAP, program kolaborasi antara BRIN, DCA dan Burung Indonesia dengan University of Portsmouth, Inggris.

MicroSEAP adalah sebuah program riset kolaborasi untuk mendapatkan data terkait bagaimana mikroplastik memberikan dampak pada perairan, biota laut, serta memberikan rekomendasi terkait kebijakan di Indonesia dalam sudut pandang regional ASEAN. Beliau menyampaikan,

"Menggunakan metode pemodelan yang juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia, hasil riset Science Advances pada tahun 2021 menemukan bahwa saat ini Indonesia menduduki peringkat kelima, dari sebelumnya peringkat kedua, penyumbang sampah ke lautan dunia," kata Reza.

Reza menjelaskan, lebih dari 500.000 ton sampah bocor ke laut setiap tahunnya. Namun, tingkat mikroplastik yang ditemukan baik di air, sedimen, dan biota laut semakin meningkat.

"Contohnya, pada sampel kerang hijau di Jakarta, telah meningkat dari 70% mengandung mikroplastik sekarang sudah 100%. Selain itu tidak hanya di air, namun juga di udara Jakarta, mikroplastik sudah ditemukan," jelasnya.

Nutrisionis Dr Rita Ramayulis mengatakan, dari sudut pandang kesehatan, plastik ternyata memiliki dampak buruk untuk tubuh manusia. Pasalnya, mikroplastik bisa masuk ke tubuh manusia melalui saluran pencernaan dan pernafasan.

"Jika mikroplastik sudah masuk ke dalam tubuh, cara menurunkan efek dan risiko seperti menjadi penyebab kanker dan gangguan organ reproduksi, dan atau penyakit lainnya adalah kita dapat meningkatkan barrier tubuh kita agar dapat mengeluarkan mikroplastik yakni meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi sel-sel imunitas, dan meningkatkan pengeluaran cairan melalui urin dan keringat”, ujar Rita Ramayulis.

Penikmat wisata selam, diving influencer dan travel blogger Marischka Prudence mengatakan, aktivitas manusia, termasuk kegiatan pariwisata berpotensi menghasilkan sampah plastik dan tentu saja bisa berdampak buruk bagi kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Influencer dapat mengajak untuk mengurangi dan menanggulangi sampah plastik melalui konten yang menarik, namun aksi bersih-bersih saja memang tidak cukup. Hal ini harus dibarengi dengan dukungan pemerintah melalui kebijakan dan implementasi yang tegas," kata Marischka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE