Logo BeritaSatu

Merger BUMN Jasa Pelabuhan Naikkan Setoran Dividen 135%

Kamis, 8 September 2022 | 08:13 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Merger empat BUMN layanan jasa pelabuhan ke dalam PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II sebagai surviving entity pada Okober 2021 memberikan dampak positif pada keberlanjutan usaha dan penerimaan negara.

“Penggabungan Pelindo mempermudah koordinasi pengelolaan pelabuhan di seluruh Indonesia," kata Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Hambra dalam webinar Road to BUMN Legal Summit 2022 bertajuk “Session II: Strategic & Common Issues in State Owned Enterprise (BUMN)” pada Rabu (7/9/2022).

Advertisement

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (8/9/2022), Hambra mengatakan merger berdampak positif pada kontribusi Pelindo terhadap keuangan negara yang dihitung dalam bentuk dividen, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), konsesi dan pajak penghasilan.

"Peningkatan realisasi kontribusi kepada negara pada semester I 2022 yakni dividen naik 135%, konsesi melonjak 13%, PPh (pajak penghasilan) bertambah 22%, PPN (pajak pertambahan nilai) meningkat 33% dan PBB (pajak bumi bangunan) meningkat 23%,” ujar Hambra.

Hambra menyampaikan, pembentukan perusahaan holding seperti Pelindo diikuti dengan pembagian struktur holding serta perannya pada setiap entitas anak perusahaan atau cucu perusahaan. "Setiap struktur holding memiliki fungsi khusus dan karakteristik berbeda berdasarkan tingkat keterlibatan, diversifikasi usaha, dan sinergi usaha," kata dia.

Saat ini terdapat sekitar 11 Holding BUMN, yakni Holding BUMN Sektor Pupuk (Pupuk Indonesia), Holding BUMN Sektor Pertambangan (Mind ID), Holding BUMN Sektor Farmasi (Biofarma), Holding BUMN Sektor Semen (SIG), Holding BUMN Sektor Asuransi dan Penjaminan (IFG), Holding BUMN Sektor Parawisata (InJourney), Holding BUMN Sektor Perkebunan (Perkebunan Nusantara), Holding BUMN Sektor Energi (Pertamina), Holding BUMN Sektor Pangan (ID FOOD), dan Merger BUMN Sektor Pelabuhan (Pelindo).

Dalam kesempatan yang sama Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-Undangan Kementerian BUMN, Wahyu Setiawan, mengatakan sebelumnya terdapat 45 kebijakan Menteri BUMN, yang terbagi jadi 41 Peraturan Menteri BUMN dan empat keputusan Menteri BUMN (regelling), yang rencananya setelah deregulasi dan penataan akan menjadi empat peraturan Menteri BUMN.

Wahyu menambahkan, sebagai agen pembangunan dan pencipta nilai, BUMN dituntut memiliki strategi kreatif dan inovatif dalam menyikapi perkembangan iklim bisnis, politik, maupun budaya. Untuk itu, diperlukan talenta terbaik guna menduduki pengurus BUMN sehingga meningkatkan produktivitas dan menjaga keberlangsungan perusahaan.

Pada kesempatan ini, Wahyu juga menyampaikan usulan ketentuan pemeringkatan sebagai alat penilaian tingkat kesehatan BUMN. Adapun tingkat kesehatan BUMN dinilai menggunakan peringkat (rating) memakai metode pemeringkatan. Peringkat (rating) untuk menilai tingkat kesehatan BUMN merupakan peringkat lorporasi (corporate rating). “Peringkat atau rating dapat menjadi bahan pertimbangan RUPS/Menteri dalam menetapkan penghasilan direksi atau dewan komisaris," kata dia.

Ketua Umum Forum Hukum BUMN Puji Haryadi mengemukakan, webinar diharapkan memberi manfaat bagi semua pengelola fungsi hukum di BUMN dan anak usaha serta dapat menambah wawasan insan-insan legal BUMN dalam meningkatkan kompetensinya.

"Webinar ini juga memberikan gambaran strategi pengembangan fungsi hukum di lingkungan BUMN dan anak perusahaan BUMN ke depannya,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awali 2023, Kinerja IHSG Kurang Gereget Dibanding Bursa Lain

Kinerja IHSG di BEI sejak awal 2023 atau secara tahun berjalan (year to date/ytd) hingga Jumat (27/1/2023) naik 48,3 poin.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mengintip Prospek Pasar Batu Bara 2023 dan Sahamnya

Prospek pasar baru bara pada 2023 diproyeksi masih cerah mengingat kuatnya permintaan dari Tiongkok dan India.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Hotman Paris Untung Rp 2,7 Miliar Hasil Jual Saham ELIT

Hotman Paris Hutapea menjual saham PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery sehingga mendapat untung alias cuan Rp 2,67 miliar.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Harga Minyak Terkoreksi karena Prospek Pasokan Lebih Kuat

Harga minyak ditutup lebih rendah karena indikasi pasokan minyak Rusia yang kuat mengimbangi data pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bersinar! Harga Emas Bukukan Penguatan Mingguan Keenam

Harga emas bertambah tipis pada perdagangan Jumat (27/1/2023), tetapi kenaikannya dibatasi penguatan dolar.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bursa AS Menghijau, Nasdaq Catat Kenaikan Mingguan Keempat

Bursa AS Wall Street termasuk Nasdaq naik dan secara mingguan positif yang dipicu pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023

UMKM Dinilai Perlu Pembiayaan Murah dan Proteksi Pasar

UMKM dinilai membutuhkan pendampingan terintegrasi seperti keberpihakan pada pembiayaan murah, proteksi pasar dalam negeri.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bursa Eropa Menguat Setelah PDB AS di Atas Ekspektasi

Bursa Eropa ditutup menguat setelah pertumbuhan ekonomi atau PDB AS lebih kuat dari yang diharapkan.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pemerintah Perketat Pengawasan Koperasi

Dalam draf RUU Perkoperasian, pengawasan terhadap koperasi akan diperketat untuk mencegah terulangnya kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Threego Indonesia Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif

Kolaborasi terintegrasi menjadi strategi utama Threego Indonesia untuk memaksimalkan akselerasi pertumbuhan industri kreatif di tanah air.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

NEWS | 51 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE