Logo BeritaSatu

Kemenkop UKM dan Dekranas Pacu Literasi Keuangan Digital

Kamis, 8 September 2022 | 13:38 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Nusa Dua, Beritasatu.com- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) meningkatkan literasi keuangan digital bagi pelaku sektor kriya dan UMKM disabilitas lewat kegiatan yang mengusung tema “Cerita Kriya” di Bali, Kamis (8/9/2022). Acara ini didukung para kolaborator yakni Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Lembaga Layanan Pemasaran KUKM (Smesco Indonesia), Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), serta WhatsApp Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, kegiatan sinergi Kemenkop UKM dengan Bidang Pendanaan Dekranas mendorong ekosistem UMKM perajin Indonesia menjadi lebih berdaya dan mandiri seiring menguatnya ekonomi digital.

Advertisement

"Program ini menjadi gerbang kolaborasi lintas sektor dan memberikan peluang UMKM untuk mengakselerasi potensi supaya dapat onboarding ke digital," kata dia dalam keterangan yang diterima.

Teten mengatakan pemanfaatan ekonomi digital saat ini menjadi perhatian pengembangan proses bisnis UMKM Indonesia dan koperasi. Digitalisasi yang diciptakan para inovator telah terbukti mengubah jutaan pelaku UMKM menjadi lebih berdaya dan kuat kendati terhimpit pandemi Covid-19.

"Digital onboarding ini memang penting bagi pelaku UMKM Perajin Indonesia, karena digital onboarding dapat menjadi solusi atas urusan perbankan yang cukup menyita waktu. Onboarding membuat pemasaran online menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan hanya dari genggaman tangan," kata dia.

Ketua Umum Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin menuturkan, seiring tema program tahun ini “Cerita Kriya”, pihaknya fokus pada penguatan ekosistem sub-sektor kriya dari hulu hingga hilir. Hal itu dimulai sejak proses produksi, pembiayaan, pemasaran, sampai kelembagaan seperti koperasi. “Kami juga menggandeng teman-teman disabilitas yang telah berkarya banyak di sektor kriya untuk terus berkembang dan menemukan pasarnya melalui program-program 'Cerita Kriya',” jelasnya.

Wury mengemukakan, pada tahun 2022 ini, Dekranas dengan dukungan dari Kemenkop UKM melatih lebih 500 fasilitator/trainer pemerintah dengan target 900.000 UMKM.

Ketua Yayasan PTI Myra Winarko mengemukakan, kesempatan yang diberikan oleh Kemenkop UKM dan Dekranas ini mampu membuka peluang bagi 31 juta kaum disabilitas di Indonesia.

Yayasan PTI merupakan inkubator bisnis bagi kaum disablitas. Oleh karenanya Kemenkop UKM dan Dekranas menggandeng PTI agar dapat melanjutkan langkah berkesinambungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (digital economy to support SDGs"). "Insyaalah kami akan menjawab tantangan pak Menteri terkait ekosistem digitalisasi bagi kaum disabilitas dari hulu ke hilir, " Kata Myra.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE