Logo BeritaSatu

Ibu Kota Pindah, Wagub DKI: Hunian di Jakarta Makin Nyaman

Kamis, 8 September 2022 | 17:53 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, perpindahan ibu kota negara (IKN) ke wilayah Kalimantan Timur tidak akan mengurangi peran krusial yang selama ini telah dimiliki kota Jakarta.

"Sebaliknya, kondisi di Jakarta akan semakin nyaman. Bisa dipastikan kemacetan berkurang, pemakaian air tanah juga berkurang, dan berbagai fasilitas yang tersedia semakin menunjang interaksi warga," kata Ahmad Riza Patria, di acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) REI DKI Jakarta, di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2022).

Ibu Kota Pindah, Wagub DKI: Hunian di Jakarta Makin Nyaman
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (tengah), secara resmi membuka Rakerda REI DKI Jakarta 2022 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, 8 September 2022.

Riza menjelaskan, wajah baru Jakarta yang semakin cantik dan tertata saat ini, tidak terlepas dari peran serta segenap pengembang yang tergabung sebagai anggota REI DKI Jakarta.

Di tengah dinamika yang terjadi karena pembangunan pasti memiliki banyak tantangan, lanjut dia, REI senantiasa mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta untuk berkolaborasi dan mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai salah satu kota global yang setara dengan kota-kota global lainnya.

"Kita mengejar agar Jakarta sejajar dengan kota-kota global di dunia yang berhasil dan sukses. Untuk mewujudkan hal itu, butuh dukungan semua pihak. Salah satunya tentunya dukungan dari DPD REI DKI Jakarta,” jelasnya.

Sementara, imbuh Riza, dalam upaya Pemprov DKI Jakarta memenuhi kebutuhan rumah layak huni, tentu membutuhkan dukungan penuh dari pengembang. Tidak hanya soal rumah layak huni, Pemprov DKI Jakarta juga ingin memenuhi kebutuhan sosial inklusif, agar warga Jakarta dapat saling berinteraksi dan memenuhi tuntutan produktivitas.

"Pemprov DKI Jakarta sudah meluncurkan program Jakhabitat sebagai program pemukiman yang terintegrasi di Jakarta. Termasuk didalamnya adalah program penataan kampung dan pengembangan hunian vertikal. Hanya dengan cara inilah Jakarta bisa menjadi kota yang lebih manusiawi,” tegasnya.

Menurut Wagub DKI, walaupun tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara, Jakarta diyakini Jakarta tetap akan menarik dan menjadi magnet utama sebagai kota pusat bisnis, investasi dan keuangan utama Indonesia. Apalagi dengan modal kelengkapan sarana dan prasarana infrastruktur pendukung, kesediaan sumber daya manusia yang unggul serta bonus demografi.

"Jakarta akan tetap menjadi lokasi tujuan investasi dan bisnis di Indonesia pascapemindahan IKN. Pasar properti di Jakarta akan tetap besar walaupun IKN pindah. Bahkan, pasar properti di Jakarta akan menyebar ke kota-kota penyangga di sekitarnya seperti di Depok, Tangerang dan Bogor,” imbuh Riza.

Wagub DKI berharap, pengembangan hunian vertikal yang dibangun dapat memfasilitasi aktivitas atau interaksi sosial para penghuni. "Rumah menjadi tempat atau ruang berinteraksi antara warga. Ini dibutuhkan demi menjaga kerukunan, membangun persaudaraan, saling membantu sesama dan menjaga komunikasi yang ada,” ujarnya.

"Saya mengajak REI DKI Jakarta untuk berkontribusi dalam penyediaan hunian nyaman dengan menyikapi tantangan perubahan iklim melalui pendekatan green infrastructure. Hal ini selaras dengan bahasan Urban 20 terkait penyediaan hunian berkelanjutan,” pungkasnya.

Baca selanjutnya
Sementara, Ketua DPD REI DKI Jakarta Arvin F Iskandar menambahkan, kegiatan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tanjung Selor dan Jember Jawara Inflasi di Indonesia

Kota Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi wilayah dengan angka inflasi tertinggi di Indonesia pada November 2022. Berikutnya Jember dan Kupang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Jokowi Happy dengan Kinerja Ekonomi, Ini Sederet Faktanya

Jokowi happy atau senang dengan kinerja ekonomi Indonesia yang terlihat dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan surplus volume perdagangan.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Resesi Global Ga Ngaruh, Chandra Asri Fokus Pasar Domestik

Menghadapi tantangan ekonomi global pada 2023, Chandra Asri fokus memastikan keunggulan operasional (operational excellence/opex) berjalan lancar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Meski Global Suram, Investasi Pasar Modal Domestik 2023 Cerah

PT Bahana TCW Investment menyebut, masih ada secercah harapan bagi iklim investasi pasar modal di Tanah Air.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Sektor Teknologi Tumbang, IHSG Melemah 0,69%

IHSG ditutup melemah 48,51 poin (0,69%) ke level 7.032,8. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 7.029 – 7.090.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kenali Panduan Memilih Asuransi untuk Generasi Milenial dan Gen-Z

Mulai dari asuransi yang sederhana, masyarakat akan teredukasi untuk mulai berpikir dan mempersiapkan perlindungan yang lebih besar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kabar Baik! BPS Umumkan Inflasi November Melandai Jadi 5,4%

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi Novemver 2022 year-on-year (y-on-y) sebesar 5,42% atau lebih rendah pada Oktober yang tercatat 5,71%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Tiket Pesawat dan BBM Sumbang Inflasi November 2022 5,42%

Badan Pusat Statistik mencatat pada November 2022 terjadi inflasi tahunan atau year on year (y-o-y) sebesar 5,42%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Polemik Beras, Komisi IV DPR Minta Kementan dan Bulog Kompak

Jika Kementerian Pertanian mengatakan produksi beras tersedia dan ada di penggilingan, segera sambungkan dengan Bulog.

EKONOMI | 1 Desember 2022

OJK Siapkan Sanksi Wanaartha karena Tenggat RPK Berakhir

Tenggat bagi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) untuk melaporkan rencana penyehatan keuangan (RPK) berakhir pada Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rektor Karomani Sebut Zulhas Titip Keponakan Masuk Unila

Rektor Karomani Sebut Zulhas Titip Keponakan Masuk Unila

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE