Logo BeritaSatu

Luncurkan Correctio, KIJA Siap Bangun Ekosistem Silicon Valley

Jumat, 9 September 2022 | 19:15 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten pengembang kawasan industri, PT Jababeka Tbk (KIJA) mewujudkan kawasan Silicon Valley di Indonesia dengan meluncurkan CORE sebagai kawasan komersial pertama di Correctio, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jabar pada Kamis (8/9/2022).

Sejak tahun 1940, kawasan Silicon Valley di Amerika Serikat (AS) berkembang sebagai pusat teknologi berkat lulusan universitas ternama yang didorong menjadi wirausaha. Mengutip ilmuwan komputer AS Paul Graham, nilai esensi Silicon Valley adalah komunitasnya, “Jika Anda bisa memindahkan 10.000 orang yang tepat dari Silicon Valley ke Buffalo, maka Buffalo akan menjadi Silicon Valley”, ujarnya.

Hal ini sejalan dengan visi PT Jababeka Tbk untuk mewujudkan Correctio. “Ini bukan hanya mewujudkan satu kawasan, tetapi apa yang dapat ditawarkan ke komunitas," kata Direktur PT Jababeka Tbk (KIJA) Sutedja Sidarta SS Darmono dalam keterangan tertulisnya Jumat (9/9/2022).

Dia menjelaskan Correctio memiliki ekosistem berbasis 4.0 yang menyediakan akses bagi startup dan industri kepada lembaga riset, venture capital, pemerintah, penyedia solusi teknologi dan solusi manufaktur yang tergabung di satu kawasan.

Darmono mengatakan keberlangsungan startup di Correctio akan terus bertahan karena produk atau layanannya berpotensi digunakan oleh 2.000 industri dari 30 negara yang menempati kawasan Jababeka.

Di Correctio akan dikembangkan sejumlah fasilitas kelas dunia yang siap mendukung perkembangan Industry 4.0 dan Society 5.0 seperti district cooling system, pengaplikasian solar panel, urban farming, Fabrication Lab, data center, smart command center, dan pengembangan kota berbasis transit oritented development (TOD) untuk mempermudah aksesibilitasnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pada 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi adidaya. Jawa Barat dengan potensi besar siap dengan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan ekonomi untuk membangun pembangunan yang inovatif dan berkelas
dunia

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam sambutannya memberi dukungan bagi anak bangsa untuk terus berinovasi dalam mewujudkan Correctio. “Milenial dan Gen Z harus memiliki semangat kreativitas untuk menciptakan inovasi industri 4.0. Harus berani membuat gebrakan baru untuk menciptakan startup yang bergerak di bidang tech engineering. Memberikan ide-ide efisiensi dari produksi yang kita ciptakan di Indonesia,” kata Dani.

Tiga pilar Correctio di antaranya Society 5.0, Industry 4.0, dan TOD. Startup dan industri di Correctio akan lahir dari lulusan universitas ternama melalui program Hackathon, hasil kerja sama antara Jababeka dan BISA AI. Program ini akan menjadi magnet bagi startup untuk berkembang di Correctio atas potensi pendanaan dan fasilitas lainnya yang dibangun Jababeka bersama para mitra strategis.

Correctio yang berlokasi di Cikarang, membawa potensi besar karena bertepatan dengan aglomerasi kawasan industri terbesar di Asia. Area ini telah dilengkapi dengan desain tata kota berbasis TOD yang dapat dijangkau LRT, MRT, kereta cepat, hingga Damri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Juga Berkat Suara Netizen

Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong Juga Berkat Suara Netizen

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings