Logo BeritaSatu

IPCN Usul Pengusaha Pengiriman Barang Dapat Subsidi BBM

Jumat, 9 September 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menyusul kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) yang ditetapkan pemerintah pada 3 September 2022 lalu, Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) berharap agar pemerintah dapat lebih memikirkan para pelaku usaha kargo/logistik terutama yang masih merintis, sehingga dapat memberikan skema subsidi BBM tertentu.

Ketua IPCN Beni Syarifudin mengatakan, jika subsidi tersebut dapat diberikan, maka pengusaha kargo dan pengiriman barang juga tidak akan menaikan harga ongkos kirim kepada pelanggan.

"Kami harapkan pemerintah dapat memberikan subsidi BBM kepada pelaku usaha kargo atau logistik, supaya kami tidak menaikan harga. Pemerintah kan bilang selama ini subsidinya salah sasaran. Kalau mensubsidi pengusaha kargo, kami pikir itu subsidi yang tepat, karena akan berdampak kepada masyarakat untuk memperlancar pengiriman barang," kata Beni dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Anggota IPCN sendiri akan menaikan ongkos pengiriman barang minimal 20% dan maksimal tergantung pada masing-masing perusahaan. IPCN memiliki alasan khusus mengapa hanya menaikan ongkos pengiriman barang minimal 20%, sementara harga BBM naik sekitar 31%.

Menurut Beni, IPCN tidak ingin terlalu membebani masyarakat yang selama ini telah menggunakan layanan anggota IPCN, di mana mayoritas pengguna layanan anggota IPCN adalah pedagang kecil atau pelaku UMKM hingga petani.

“Kenaikan BBM membuat kami juga harus menyesuaikan kebijakan baru kepada pelanggan, sehingga kami membuat rencana kenaikan harga ongkos pengiriman barang sebesar minimal 20%. Angka ini merupakan angka aman untuk kargo dan pelanggan. Terlebih kami adalah kargo yang berorientasi pada harga murah untuk pelanggan,” ujar Beni.

Dewan Penasehat IPCN Afrizal menambahkan, selain subsidi BBM, subsidi bagi pelaku usaha kargo atau logistik juga bisa diberikan dalam berbagai bentuk, misalnya pembebasan pajak reklame.

"Kita tidak ribut dengan kenaikan BBM ini. Tetapi tolong juga dipikirkan yang lainnya, misalnya pembebasan pajak reklame. Buat kita reklame ini sangat berarti untuk menaikan jumlah pelanggan. Kalau pajaknya terlalu besar dan disamakan dengan perusahaan yang besar-besar, ini berat bagi kami,” kata Afrizal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings