Logo BeritaSatu

Harga BBM Naik, CEO Baran Energy: Momentum Kembangkan EBT

Jumat, 9 September 2022 | 23:01 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah resmi menaikkan harga BBM (bahan bakar minyak) subsidi jenis pertalite, dan solar.

CEO sekaligus founder Baran Energy Victor Wirawan, menuturkan, penyesuaian harga BBM ini bisa menjadi momentum pemerintah dan swasta untuk kembali mengembangkan energi alternatif berbasis energi baru terbarukan (EBT), seperti yang bersumber dari matahari, angin, dan air.

"Kerja sama yang baik antara sektor swasta dan pemerintah di bidang pengembangan energi alternatif di masa transisi energi ini juga dapat membantu mendorong pemanfaatan EBT, sebagaimana pemerintah sudah menargetkan porsi EBT pada bauran energi sebesar 23% pada 2025 dan naik menjadi 31% pada 2050," ucap Victor dalam keterangan persnya, Jumat (9/9/2022).

Victor menjelaskan, Baran Energy siap bekerja sama, baik dengan swasta lainnya maupun dengan pemerintah dalam pengembangan energi alternatif berbasis EBT yang terkenal ramah lingkungan.

Baran Energy sejak beberapa waktu terakhir telah mengembangkan beberapa teknologi berbasis EBT, diantaranya adalah motor listrik Anubis Cruisercross yang menggunakan baterai berkapasitas 8,3 kWH.

Selain motor listrik, sambung Victor, Baran Energy juga telah mengembangkan energy storage system (penyimpan daya skala besar) yang diberinama Baran PowerHome.

"Kenaikan harga BBM dan terus berlanjutnya krisis energi di masa transisi energi ini, akan menjadi momentum pelaku industri EBT, baik swasta maupun pemerintah untuk kembali mengembangkan energi alternatif. Saya berharap pemerintah dan swasta bisa terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar mau menggunakan EBT sebagai energi alternatif agar tidak terus tergantung pada energi fosil,” tutur Victor.

Menurut Victor, di tengah terus berlanjutnya krisis energi dan semakin meningkatnya harga bahan bakar fosil di berbagai belahan dunia, teknologi PowerHome akan menjadi perangkat utama di rumah untuk mencegah pemadaman ketika ada mati listrik. "Produk ini akan menghemat tagihan bulanan sebesar 60%," imbuhnya.

Victor menyelaskan, sistem kerja Baran PowerHome ini cukup sederhana, yaitu perangkat teknologi ini akan menyimpan daya dari solar panel yang dipasang di atap bangunan ketika siang hari. Nantinya, energi yang sudah tersimpan akan digunakan pada saat malam hari, atau saat dibutuhkan.

"Sementara, kelebihan energinya secara otomatis disalurkan ke penampung, berupa Baran Powehome untuk bisa dimanfaakan pada malam hari, atau saat kekurangan pasokan listrik," kata Victor.

Selumnya, Baran PowerHome seri pertama dengan kapasitas sekitar 8 kWh (kilowatt hour) sudah dipasang di beberapa properti, seperti vila, perkantoran, rumah pribadi, hingga komplek perumahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadapi Gelombang PHK, Pengusaha dan Pekerja Harus Duduk Bersama

Pemerintah segera mengajak para pengusaha dan serikat pekerja untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam menghadapi gelombang PHK.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkominfo Minta Startup Lakukan Efisiensi Bukan PHK

Menkominfo menyampaikan, langkah startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) justru membuat masalah baru.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Dubes Heri Fasilitasi Penandatanganan MoU PT MRT Jakarta dan Perusahaan Jepang

Duta Besar untuk Jepang, Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan empat MoU antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem, Telkomsel Hadir di NEX-BE Fest 2022

Tahun ini sebanyak 38 BUMN yang turut berpartisipasi di dalam agenda NEX-BE Fest 2022 di Bali bertemu dengan sekitar 41 startup dari berbagai sektor yang merupakan bagian dari ekosistem.  

EKONOMI | 1 Desember 2022

Bank INA Siap Right Issue Jumbo Rp 1,2 T untuk Perkuat Modal

PT Bank INA Perdana Tbk (BINA) bersiap kembali menggelar rights issue dengan mengincar dana Rp 1,2 triliun dalam rangka memperkuat struktur permodalan. 

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkeu Warning Kualitas Belanja Pusat dan Daerah Diperbaiki

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta kualitas belanja pusat dan daerah harus terus diperbaiki pada 2023.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Industri Asuransi Makin Baik, LPS Bisa Jamin Polis Lebih Cepat

LPS siap menjalankan program penjaminan polis dalam kurun 2 tahun sejak Undang-Undang ditetapkan, bukan 5 tahun seperti yang tengah dicanangkan.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Usai Lock Up Dibuka, GOTO Diproyeksi Terbang Saat Window Dressing

Harga saham emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada hari pertama pembukaan masa penguncian saham (lock up) tergerus 6,62%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

IHSG Hilang 60 Poin, GOTO, AMAR dan BABP Paling Boncos

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (1/12/2022), ditutup anjlok sebanyak 60,51 poin (0,85%) menjadi 7.020,80.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkasa! Rupiah Menguat 169 Poin Jadi Rp 15.562 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sore ini Kamis (1/12/2022) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kebakaran Usaha <em>Laundry</em> di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE