Logo BeritaSatu

Digitalisasi UMKM Dititikberatkan di Kawasan Indonesia Timur

Minggu, 11 September 2022 | 15:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah berupaya mengedepankan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan Indonesia Timur.

Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), I Nyoman Adhiarna, mengungkapkan pemerintah akan menjembatani UMKM dalam menerapkan teknologi digital untuk menunjang proses bisnis dan pemasaran.

"Sesuai instruksi Presiden, saat ini kami sangat fokus membangun Indonesia Timur, tepatnya mendorong UMKM untuk menerapkan teknologi digital agar bisnis mereka meningkat levelnya," ungkap Nyoman, dalam keterangannya secara virtual, Minggu (11/9/2022).

Dengan penerapan teknologi digital yang semakin tinggi, ia melanjutkan, maka daya saing UMKM ikut melonjak. Kali ini, UMKM di lereng Gunung Gamalama, Kota Ternate menjadi target.

Sementara Chief Operating Officer Qasir Ivan Hadwin Rarumangkay, menjelaskan mengenai kelebihan-kelebihan platformnya yang bisa dipakai oleh UMKM.

Qasir mudah di-install di smartphone masing-masing para UMKM. Sebagaimana namanya yang tidak asing, Qasir atau kasir, adalah aplikasi pembukuan dan pencatatan kas yang diperuntukkan bagi UMKM.

"Kami memang mendesain Qasir menjadi aplikasi yang ramah untuk UMKM. Dapat dilihat dari desainnya yang user friendly, mudah dipelajari dan digunakan, serta harga yang sangat terjangkau, yakni kurang Rp 1.000 per hari. Saya juga baru membuka data, Ternate adalah salah satu kota dengan pengguna Qasir terbanyak jika dilihat dari lanskap wilayah dan jumlah UMKM," jelas dia.

Melihat betapa antusiasnya UMKM di Kota Ternate mengadopsi teknologi baru, membuat Nyoman bangga dan optimistis.

"Jika UMKM di berbagai daerah seperti ini maka saya yakin UMKM akan lebih cepat tumbuh dan berkembang, melampaui perkiraan kami. Tentu saja ini menjadi cambuk bagi Direktorat Ekonomi Digital untuk membuat program-program yang lebih baik dan lebih tepat untuk mendampingi UMKM," ungkap I Nyoman.

Ketua Koordinator Kajian dan Survei Dampak UMKM Kemenkominfo, Puti Adella Elvina memborong semua produk-produk hasil olahan yang dibawa oleh peserta. Tak sekedar memberikan apresiasi, ia juga mendorong pemakaian teknologi pembayaran digital.

“Terima kasih kepada para peserta yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir sambil membawa contoh hasil olahan. Kami borong, tapi pembayaran hanya cashless, boleh memakai dompet tunai apa saja atau QRIS," pungkas Puti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wall Street Ditutup Melemah, Investor Tunggu Data Inflasi

Wall Street menutup sesi volatil dengan sebagian besar indeks utama terkoreksi pada perdagangan Rabu (7/12/2022) waktu setempat.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Konglomerat Batu Bara Low Tuck Kwong Bakal Jadi Orang Terkaya RI?

Kekayaan Low Tuck Kwong, pemilik PT Bayan Resources Tbk (BYAN), makin menggunung hingga mencapai US$ 20,8 miliar atau setara Rp 324 triliun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Go Private, Tunas Ridean Sudah Buyback 97,6% Saham Publik

Go Private, PT Tunas Ridean Tbk (TURI) melakukan buyback seluruh saham yang dimiliki publik sejumlah 419.982.000 saham di harga Rp 1.700.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Tarik-menarik Sentimen Inflasi dengan Window Dressing, IHSG Berpotensi Rebound

Koreksi IHSG yang terjadi selama dua hari berturut-turut diakibatkan kekhawatiran pasar akan inflasi Amerika Serikat (AS) yang berkepanjangan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bermasalah, 13 Perusahaan Asuransi dalam Pengawasan Khusus OJK

Sebanyak 13 perusahaan asuransi yang kini dalam status pengawasan khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

Yugen Bertumbuh Sekuritas memprediksi IHSG masih tertekan dan akan diperdagangkan pada rentang 6.721 – 7.027.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Link Net Gelar Malam Penghargaan untuk Pelanggan Setia

PT Link Net Tbk menyelanggarakan Link Net Enterprise Customer Award 2022 di Hotel Westin Jakarta, Rabu (7/12/2022).

EKONOMI | 8 Desember 2022

Grup Pertamina, PalmCo, dan Pupuk Kaltim Masuk Daftar IPO BUMN 2023

Kementerian BUMN siap membawa empat BUMN melantai di bursa pada tahun depan. Dua di antaranya dari grup Pertamina, PalmCo, dan Pupuk Kaltim.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sri Mulyani: Nilai Aset Negara Capai Rp 11.454 Triliun

Kementerian Keuangan menyatakan valuasi dan kualitas aset barang milik negara dan aset milik negara hingga tahun 2021 telah mencapai Rp 11.454 triliun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Pemprov DKI Dukung Pengembangan UMKM Lewat Jakpreneur

Untuk mendukung kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggulirkan program Jakpreneur.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE