Logo BeritaSatu

Digitalisasi UMKM Dititikberatkan di Kawasan Indonesia Timur

Minggu, 11 September 2022 | 15:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah berupaya mengedepankan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan Indonesia Timur.

Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), I Nyoman Adhiarna, mengungkapkan pemerintah akan menjembatani UMKM dalam menerapkan teknologi digital untuk menunjang proses bisnis dan pemasaran.

"Sesuai instruksi Presiden, saat ini kami sangat fokus membangun Indonesia Timur, tepatnya mendorong UMKM untuk menerapkan teknologi digital agar bisnis mereka meningkat levelnya," ungkap Nyoman, dalam keterangannya secara virtual, Minggu (11/9/2022).

Dengan penerapan teknologi digital yang semakin tinggi, ia melanjutkan, maka daya saing UMKM ikut melonjak. Kali ini, UMKM di lereng Gunung Gamalama, Kota Ternate menjadi target.

Sementara Chief Operating Officer Qasir Ivan Hadwin Rarumangkay, menjelaskan mengenai kelebihan-kelebihan platformnya yang bisa dipakai oleh UMKM.

Qasir mudah di-install di smartphone masing-masing para UMKM. Sebagaimana namanya yang tidak asing, Qasir atau kasir, adalah aplikasi pembukuan dan pencatatan kas yang diperuntukkan bagi UMKM.

"Kami memang mendesain Qasir menjadi aplikasi yang ramah untuk UMKM. Dapat dilihat dari desainnya yang user friendly, mudah dipelajari dan digunakan, serta harga yang sangat terjangkau, yakni kurang Rp 1.000 per hari. Saya juga baru membuka data, Ternate adalah salah satu kota dengan pengguna Qasir terbanyak jika dilihat dari lanskap wilayah dan jumlah UMKM," jelas dia.

Melihat betapa antusiasnya UMKM di Kota Ternate mengadopsi teknologi baru, membuat Nyoman bangga dan optimistis.

"Jika UMKM di berbagai daerah seperti ini maka saya yakin UMKM akan lebih cepat tumbuh dan berkembang, melampaui perkiraan kami. Tentu saja ini menjadi cambuk bagi Direktorat Ekonomi Digital untuk membuat program-program yang lebih baik dan lebih tepat untuk mendampingi UMKM," ungkap I Nyoman.

Ketua Koordinator Kajian dan Survei Dampak UMKM Kemenkominfo, Puti Adella Elvina memborong semua produk-produk hasil olahan yang dibawa oleh peserta. Tak sekedar memberikan apresiasi, ia juga mendorong pemakaian teknologi pembayaran digital.

“Terima kasih kepada para peserta yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir sambil membawa contoh hasil olahan. Kami borong, tapi pembayaran hanya cashless, boleh memakai dompet tunai apa saja atau QRIS," pungkas Puti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) berencana mengundang investor strategis untuk membicarakan mengenai struktur saham perseroan.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut emiten-emiten BUMN berkontribusi sebesar 25% sebagai penggerak pasar modal atau lebih baik dibandingkan sektor swasta.

EKONOMI | 6 Desember 2022

BI Bidik Inflasi 2023 Turun Jadi 3% Plus Minus 1%, Pemicunya

Bank Indonesia (BI) menargetkan inflasi 2023 akan berada di kisaran 3% plus minus 1%. Target tersebut dapat bisa dicapai bila ada sinergi.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Sambut Libur Nataru, PT KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 745.622 Tiket

PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 745.622 tiket untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung mulai 22 Desember hingga 8 Januari 2023.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Harga Minyak Terkapar karena Kekhawatiran Bunga Fed

Harga minyak mentah berjangka Brent turun US$ 2,57, atau 3%, menjadi US$ 83 per barel dan WTI turun US$ 2,67, atau 3,3%, menjadi US$ 77,32 per barel.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Bursa AS Jatuh Dibayangi Kekhawatiran Kenaikan Bunga Fed

Dow Jones Industrial Average di bursa AS turun 482,78 poin, atau 1,4%, menjadi 33.947,10. S&P 500 merosot 1,79% menjadi 3.998,84.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Tiongkok Relaksasi Pembatasan Covid-19, Bursa Eropa Turun

Stoxx 600 di bursa Eropa melemah 0,4% dengan sebagian besar sektor di wilayah negatif. Saham makanan dan minuman turun 1,5% memimpin kerugian.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Cegah PHK, Apindo Minta Pemerintah Batalkan Permenaker

Aturan Permenaker dinilai akan menimbulkan risiko badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang lebih besar di tahun depan.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Penjualan Yelooo Integra Datanet Naik 179,6% karena Ekspansi

Perusahaan infrastrukkur internet, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) hingga kuartal III 2022 mencatatkan penjualan Rp 1 triliun melesat 179,6%.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE