Logo BeritaSatu
JakOne Mobile Hingga Digital Lending,

Bank DKI Semakin Gencar Lakukan Inovasi Digital

Minggu, 11 September 2022 | 17:21 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank DKI semakin gencar melakukan inovasi digital mulai dari peluncuran superapp New JakOne Mobile hingga pengembangan digital lending. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy di acara Cash Free Day di Thamrin 10 Food & Creative Park, Jakarta, Minggu (11/9/2022).

“Dengan aplikasi superapp JakOne Mobile, jadi semua aplikasi pembukaan rekening bisa lewat smartphone dan menerapkan teknologi tinggi. Kita harus mengikuti perkembangan zaman dan pembukaan rekening bisa dua tabungan yakni konvensional dan syariah,” ungkap Fidri Arnaldy di acara puncak Cash Free Day, Minggu (11/8/2022).

"Dari sisi inovasi digital, kami sedang bertransformasi dalam rangka menuju BPD (bank pembangunan daerah) nomor satu di Indonesia," imbuhnya.

Diketahui, salah satu fitur dari JakOne Mobile adalah layanan pembayaran berbagai transaksi QRIS. Terdapat dua pilihan sumber dana atau source of fund yakni tabungan atau uang elektronik JakOne Pay. Di Cash Free Day 2022, Bank DKI mendorong masyarakat untuk menggunakan pembayaran nontunai. Para pengunjung cukup scan QRIS dengan aplikasi JakOne Mobile atau JakOne Pay.

Lebih lanjut, Fidri juga menjelaskan mengenai pengembangan digital lending oleh Bank DKI.

"Salah satu inovasi digital ada pembayaran QRIS dan nanti pengambilan kredit lewat smartphone semua. Digital lending lagi kita siapkan. Insya Allah, bulan ini jalan semua,” kata Fidri.

Selain pembayaran QRIS, JakOne Mobile memungkinkan calon nasabah untuk membuka rekening tabungan secara online tanpa harus ke kantor layanan dengan biometric face recognition. Nasabah juga bisa membuka rekening baru tambahan tabungan syariah atau konvensional. Aplikasi ini juga memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran bermacam tagihan dan belanja online, top up uang elektronik, bersedekah/berdonasi. Tak hanya itu, JakOne Mobile juga melayani mobile cash tarik tunai di ATM bank lain.

Bank DKI mencatat JakOne Mobile sudah memiliki 1,7 juta pengguna per Juni 2022. Jumlah transaksi JakOne Mobile mencapai 10,8 juta transaksi dengan nilai transaksi sebesar Rp 9,1 triliun, diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742% secara year on year (yoy).

Di acara yang sama, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 1 DKI Jakarta & Banten Roberto Akyuwen menjelaskan peluncuran JakOne Mobile dan Cash Free Day dapat meningkatkan kualitas inklusi keuangan di Jakarta.

"Untuk konteks DKI, dengan inklusi keuangan yang tinggi dan literasi yang menantang, hal ini yang kita lakukan adalah lakukan adalah peningkatan kualitas dari inklusi keuangan. Jadi melalui peluncuran superapps JakOne Mobile, diharapkan anggota masyarakat lebih percaya karena Bank DKI menyediakan layanan yang semakin lincah dan tentu saja memilih Bank DKI di wilayahnya sendiri," ungkap Roberto.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Bank DKI memiliki tugas untuk memberikan pelayanan finansial perbankan bagi seluruh warga Jakarta.

"Serta terus melakukan inovasi berbagai kreativitas termasuk di bidang teknologi, digitalisasi karena sekarang memang era digital. Kemudian terus melakukan perbaikan dan peningkatan inovasi. Kita dukung dengan berbagai programnya seperti JakOne Mobile, digital lending, JakOne Abank. Dan juga memberikan bantuan, permodalan dan pembinaan bagi UMKM," ungkap Ahmad Riza.

"Jadi mari kita juga promosikan dan sosialisasikan. Serta jangan lupa beli produk UMKM. Itu salah satu cara. Apalagi Jakarta tidak lagi ibu kota. Kita sekarang sedang menggagas Jakarta sebagai pusat perekonomian, pusat bisnis, pusat perdagangan, pusat jasa. Di era teknologi ini, Jakarta, sekali pun tidak menjadi ibu kota, akan menjadi kota yang lebih aman, nyaman, maju, dan bahagia warganya," tutupnya.

Di Cash Free Day, Bank DKI juga melakukan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) secara simbolis kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Bank DKI juga menyalurkan KUR. Alhamdulillah, kami diberi uji coba Rp 1 triliun dan pada hari ini, total yang sudah tersalurkan itu Rp 650 miliar. Kami prediksi sampai akhir Oktober sudah habis. Kami ingin mengajukan lagi Rp 250 miliar lagi. Ini bentuk kepedulian dari Bank DKI," jelas Fidri.

Bank DKI juga melakukan penandatanganan memorandum of understanding antara Bank DKI dengan sejumlah startup, fintech bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS). Di antaranya Amartha, Tokopedia, Dana Syariah, serta Alami.

Sebagai informasi, Bank DKI mencatat total aset bank per Juni 2022 mencapai Rp 73,17 triliun dengan pertumbuhan 28,99% yoy. Ini menandakan pertumbuhan di atas rata-rata perbankan nasional yang tercatat sebesar 9,52%.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Lumat Korsel, Brasil Hadapi Kroasia di Perempat Final

Piala Dunia 2022: Lumat Korsel, Brasil Hadapi Kroasia di Perempat Final

SEMESTA BOLA 2022 | 33 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE