Logo BeritaSatu

Garap Proyek IKN, Kontrak Baru ADHI Tembus Rp 17,3 Triliun

Senin, 12 September 2022 | 18:51 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mencatat perolehan kontrak baru hingga September 2022 sebesar Rp 17,3 triliun. Raihan tersebut, termasuk kontrak yang berasal dari proyek Ibu Kota Negara (IKN) sebesar Rp 1,1 triliun.

Direktur Human Capital dan Sistem Adhi Karya Agus Karianto menjelaskan, pada Agustus 2022 perseroan telah memperoleh kontrak baru sebesar Rp 16,3 triliun. Kontrak baru dari proyek IKN baru diterima perseroan pada 9 September 2022 dengan nilai sebesar Rp 1,1 triliun.

"Proyek itu bersumber dari pengerjaan tol seksi 3A Karang Joang dan Kariangau pada proyek IN,” jelasnya dalam paparan publik, Senin (12/9/2022).

Ia menambahkan, selain proyek yang sebelumnya disebutkan perseroan juga sudah memegang beberapa proyek lainya di IKN. Diantaranya yakni pengerjaan hunian bagi pekerja dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dengan nilai kontrak sebesar RP 557 miliar. Lalu Kerjasama Operasi (KSO) pembangunan Jembatan Pulau Balang senilai Rp 100 miliar.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi mengatakan, Kementerian PUPR sendiri sudah mengadakan 19 paket tender untuk proyek IKN. Termasuk di dalamnya untuk proyek yang sebelumnya telah diperoleh oleh perseroan.

"Total potensi kontrak dari proyek IKN diproyeksi hingga Rp 20 triliun. Dalam proyek IKN ini kami menargetkan dapat memperoleh kontrak hingga Rp 3,5 triliun pada tahun ini,” ujarnya.

Dari segi realisasi kontrak, apabila menggunakan raihan kontrak terbaru dari perseroan per Juli 2022. Perseroan berhasil meningkatkan kontrak baru sebesar 103,7% dengan total kontrak baru sebesar Rp 15,9 triliun dari periode yang sama sebesar Rp 7,8 triliun. Diantaranya yakni kontrak untuk pengerjaan termasuk dalam Proyek Strategis Nasional, antara lain Tol Bawen-Yogyakarta, MRT Jakarta Fase 2A CP 202, Bendungan Jenelata-Gowa, dan Tol Semarang-Demak.

Kedepan, Entus melanjutkan, dengan pembangunan infrastruktur yang masih menjadi proyek prioritas yang dicanangkan pemerintah di tahun 2023, membuat manajemen yakni, bahwa pasar sektor konstruksi ke depan tetap cerah dengan beberapa strategi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dengan berbagai prospek bisnis yang berkelanjutan.

“Selain terus memperbesar pangsa pasar konstruksi Pemerintah, ADHI juga secara selektif menangkap peluang sektor konstruksi lain, seperti manfaatkan peluang pasar konstruksi sektor perkeretaapian dalam negeri dan regional, memaksimalkan potensi sektor properti ADHI yang memiliki keunikan produk dan layanan,” kata dia.

Selain itu, perseroan juga akan menyasar peluang pasar konstruksi yang berbasis sektor lingkungan, seiring dengan perhatian yang tinggi terhadap pencapaian SDGs atau Sustainable Development Goals melalui kegiatan Green Economy. Semisal, bisnis perseroan sebagai pengelola amdal diantaranya yakni RDF plant/TPST Bantargebang, TPST Kota Denpasar, SPAM Karian-Serpong Timur, SPAM Dumai dan juga fasilitas pengelolaan limbah terpadu KMI Medan

ADHI juga akan melakukan penguatan modal untuk dapat memperbesar kapasitas perusahaan dalam menyelesaikan proyek strategis nasional di samping terus mengupayakan percepatan pembayaran piutang proyek.

Baca selanjutnya
Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto menuturkan, langkah itu akan diwujudkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bulog Lampung Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Stok beras di gudang Bulog saat ini tersedia sebanyak 15.000 ton sehingga aman jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

20 Perusahaan Raih Green Initiative Awards

Green Initiative Awards diberikan kepada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, energi/pertambangan, teknologi/transportasi dan consumer goods.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Fokus di Perbaikan Bisnis, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71 Persen di Q3

PertaLife Insurance mampu mencatat kinerja keuangan yang positif di Q3, di mana tercatat sampai 30 September 2022, perseroan meraih laba bersih Rp 50,16 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada beberapa risiko global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sah, Bank BJB Resmi Kuasai 7,15 Persen Saham Bank Bengkulu

Bank BJB resmi menjadi pemegang saham Bank Bengkulu setelah meraih persetujuan OJK atas penyertaan modal tahap pertama sebesar Rp 99,9 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kuartal III, Modernland Realty Cetak Laba Rp 234,51 M

PT Modernland Realty Tbk (MDLN) catatkan kinerja keuangan positif pada kuartal III 2022, dengan membukukan laba Rp 234,51 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

RUPS LB memutuskan mengganti semua jajaran direksi dan komisaris Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten yakni Bank Banten.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Gelar IndonesiaNext, Cara Telkomsel Siapkan Talenta Digital

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNext, program yang membuka peluang bagi pemuda Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Harap Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV di Atas 5%

"Kami berharap sampai akhir tahun pertumbuhan ekonomi di atas 5% tetap bisa dipertahankan," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Tolak UMP DKI 2023, Apindo: Kami Butuh Kepastian Hukum

Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut menolak penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2023

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

SEMESTA BOLA 2022 | 10 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE