Logo BeritaSatu

Industri Game Indonesia Jajaki Pasar Global Lewat TGS

Rabu, 14 September 2022 | 16:29 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Industri game Indonesia menjajaki pasar global dengan berpartisipasi pada pameran dagang serta ekshibisi game terkemuka di dunia, Tokyo Game Show (TGS) 2022 di Chiba, Jepang pada 15-18 September 2022. Sebanyak 10 industri game terpilih akan memasarkan produknya serta mencari peluang bisnis baru dengan investor potensial.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku optimistis bahwa partisipasi delegasi Indonesia dalam TGS 2022 akan membuka peluang bisnis bagi industri game lokal di Tanah Air. “Kami berharap delegasi partisipan dapat menunjukkan performa bisnis maksimal serta dapat membawa peluang usaha di industri game global ke Indonesia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan pemerintah mendorong industri game sebagai salah satu pilar kebangkitan ekonomi, mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan kehadiran game lokal di pasar global seperti TGS ini dapat menguatkan ekosistem game nasional, sekaligus mampu menumbuhkan kreasi dan jiwa nasionalisme bangsa. “Kemenkominfo mendukung penguatan ekosistem industri game lokal serta mendorong inisiasi yang dapat mendorong pertumbuhan game lokal, salah satunya melalui Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), di dalamnya ada mentoring dan matchmaking,” ujarnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan partisipasi Indonesia dalam TGS 2022 ini merupakan langkah konkret kolaborasi pemerintah bersama dengan stakeholder industri untuk memajukan ekosistem game, animasi, dan aplikasi lokal. "Kolaborasi seperti ini membantu pelaku usaha Indonesia untuk go international dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif,” ujarnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, merangkap Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi mengatakan kembalinya Indonesia secara luring di salah satu event game terkemuka internasional ini akan meningkatkan profil industri digital Indonesia di mata dunia. “Saya yakin industri game Indonesia dapat menjadi tulang punggung sekaligus katalisator bangkitnya ekonomi Indonesia. Saya harapkan partisipasi Indonesia di Tokyo Game Show 2022 dapat bermanfaat untuk lebih menduniakan game Indonesia dan mendorong kolaborasi dengan pelaku industri game Jepang,” pungkas Dubes Heri Akhmadi.

Indonesia dalam Tokyo Game Show (TGS) 2022 menampilkan 10 perusahaan industri game lokal dengan berbagai macam latar belakang seperti, game developer, game-related developer, publisher, game services production.

Pada partisipasi keempat kali di event ini, Indonesia akan membawa nama branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia, yang dipilih untuk me-representasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri. GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke pentas dunia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Didukung KBRI Den Haag, Belanda Siap Impor Komoditas Pertanian

Belanda siap mengimpor komoditas pertanian Indonesia dengan dukungan KBRI Den Haag. 

EKONOMI | 30 November 2022

Kemenaker Minta Seluruh Pihak Patuhi Upah Minimum 2023

Kemenaker mendorong semua pihak untuk memperkuat dialog sosial agar implementasi upah minimum 2023 berjalan kondusif.

EKONOMI | 30 November 2022

Meski Tertekan, Industri Penerbangan Tak Boleh Abaikan Pelayanan

Persoalan yang mengimpit industri penerbangan membuat sejumlah maskapai lalai pada aspek pelayanan. Sebut saja kasus Aris Lasso yang ditinggal Batik Air. 

EKONOMI | 30 November 2022

Rupiah Melemah Mendekati Kisaran Rp 15.800

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Rabu (30/11/2022) terpantau melemah ke kisaran Rp 15.745.

EKONOMI | 30 November 2022

Reformasi Perpajakan Sumbang Penerimaan Negara, Berapa?

Kemenkeu sebut implementasi reformasi perpajakan menambah penerimaan pajak hingga Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dibuka Menguat di Tengah Koreksi Bursa Asia

IHSG dibuka melemah 15,67 poin (0,22%) di posisi 6.996,39 pada perdagangan sesi I, Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

Tingkatkan Penerimaan Pajak 2023, DJP Fokus ke Orang Kaya dan Ekonomi Digital

Tingkatkan penerimaan pajak, DJP prioritas pengawasan atas WP high wealth individual berserta WP grup dan ekonomi digital.

EKONOMI | 30 November 2022

Wall Street Melemah 3 Hari Berturut-turut, Pasar Tunggu Pidato Powell

S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup lebih rendah untuk sesi ketiga berturut-turut Wall Street pada hari Selasa (29/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG dinilai sejumlah analis, akan kuat menghadapi isu rencana kenaikan Fed Fund Rate (FFR) serta adanya demonstrasi di Tiongkok.

EKONOMI | 30 November 2022

Serikat Pekerja Asuransi Jiwasraya Tolak Di-PHK

Kementerian BUMN disebut berencana untuk menutup bisnis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada semester I-2022.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE