Logo BeritaSatu

Industri Game Indonesia Jajaki Pasar Global Lewat TGS

Rabu, 14 September 2022 | 16:29 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Industri game Indonesia menjajaki pasar global dengan berpartisipasi pada pameran dagang serta ekshibisi game terkemuka di dunia, Tokyo Game Show (TGS) 2022 di Chiba, Jepang pada 15-18 September 2022. Sebanyak 10 industri game terpilih akan memasarkan produknya serta mencari peluang bisnis baru dengan investor potensial.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku optimistis bahwa partisipasi delegasi Indonesia dalam TGS 2022 akan membuka peluang bisnis bagi industri game lokal di Tanah Air. “Kami berharap delegasi partisipan dapat menunjukkan performa bisnis maksimal serta dapat membawa peluang usaha di industri game global ke Indonesia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan pemerintah mendorong industri game sebagai salah satu pilar kebangkitan ekonomi, mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan kehadiran game lokal di pasar global seperti TGS ini dapat menguatkan ekosistem game nasional, sekaligus mampu menumbuhkan kreasi dan jiwa nasionalisme bangsa. “Kemenkominfo mendukung penguatan ekosistem industri game lokal serta mendorong inisiasi yang dapat mendorong pertumbuhan game lokal, salah satunya melalui Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), di dalamnya ada mentoring dan matchmaking,” ujarnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan partisipasi Indonesia dalam TGS 2022 ini merupakan langkah konkret kolaborasi pemerintah bersama dengan stakeholder industri untuk memajukan ekosistem game, animasi, dan aplikasi lokal. "Kolaborasi seperti ini membantu pelaku usaha Indonesia untuk go international dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif,” ujarnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, merangkap Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi mengatakan kembalinya Indonesia secara luring di salah satu event game terkemuka internasional ini akan meningkatkan profil industri digital Indonesia di mata dunia. “Saya yakin industri game Indonesia dapat menjadi tulang punggung sekaligus katalisator bangkitnya ekonomi Indonesia. Saya harapkan partisipasi Indonesia di Tokyo Game Show 2022 dapat bermanfaat untuk lebih menduniakan game Indonesia dan mendorong kolaborasi dengan pelaku industri game Jepang,” pungkas Dubes Heri Akhmadi.

Indonesia dalam Tokyo Game Show (TGS) 2022 menampilkan 10 perusahaan industri game lokal dengan berbagai macam latar belakang seperti, game developer, game-related developer, publisher, game services production.

Pada partisipasi keempat kali di event ini, Indonesia akan membawa nama branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia, yang dipilih untuk me-representasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri. GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke pentas dunia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

Sri Mulyani mengunjungi kawasan pertambangan Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua. Sri Mulyani minta Freeport meningkatkan produktivitas.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Pascapandemi Covid-19, Minat Pembelian Properti 2022 Naik 18 Persen

Kondisi ekonomi pascapandemi Covid-19 yang membaik membuat minat masyarakat untuk membeli berbagai produk properti meningkat hingga 18 persen.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Banyak Startup Lakukan PHK, Ini Penyebabnya Menurut Pandu Sjahrir

Beberapa faktor yang menyebabkan startup melakukan PHK di antaranya faktor eksternal seperti kenaikan bunga, inflasi dan strategi "bakar uang".

EKONOMI | 6 Desember 2022

Loyo, Kurs Rupiah Melemah 150 Poin ke Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Selasa (6/12/2022) terpantau melemah ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 6 Desember 2022

400 Saham Melemah, IHSG Tumbang 1,77%

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/12/2022), ditutup anjlok sebesar 94,76 poin (1,77%) menjadi 6.892,57

EKONOMI | 6 Desember 2022

OJK: Industri Keuangan Non Bank Masih Tumbuh, Profil Risiko Terjaga

OJK mencatat sektor industri keuangan non bank (IKNB) secara umum sampai dengan Oktober 2022 masih mencatatkan pertumbuhan.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Permintaan Ekspor Turun, 11 Sektor Manufaktur RI Alami Kontraksi

PMI Indonesia 50,3 dan ada 11 sektor kontraksi dan juga penurunan purchasing order terutama untuk sektorTPT, sepatu, dan apparel.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) menargetkan 65% pemerintah daerah masuk kategori digital pada 2023.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Melesat, Transaksi Digital di RI Diperkirakan Rp 3.424 T

Pemerintah meyakini potensi digitalisasi di Indonesia akan terus meningkat, seiring komitmen untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi di daerah.

EKONOMI | 6 Desember 2022

CIMB Niaga Finance Raih Pinjaman Syariah Rp 700 Miliar

PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) meraih pinjaman sindikasi syariah senilai Rp 700 miliar.

EKONOMI | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE