Logo BeritaSatu

Jaga Inflasi, Airlangga Tekankan Pentingnya Koordinasi Pusat dan Daerah

Kamis, 15 September 2022 | 21:50 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga tingkat inflasi di seluruh daerah di Indonesia. Menurutnya, diperlukan sinergisitas antara tim pengendalian inflasi pusat (TPIP) dan tim pengendalian inflasi daerah (TPID) untuk merumuskan program kebijakan pengendalian inflasi pada tataran implementatif pascapenyesuaian harga BBM.

Ketua umum Partai Golkar ini juga menekankan agar daerah tidak ragu dalam menggunakan keuangan daerah dalam upaya pengendalian inflasi.

“Saya kembali menekankan kepada seluruh daerah, tidak perlu ragu-ragu untuk menggunakan bantuan tak terduga (BTT) dalam pengendalian inflasi, dan mengoptimalkan dana alokasi khusus (DAK) fisik untuk tematik ketahanan pangan, serta pemanfaatan 2 persen dana transfer umum (DTU) untuk membantu sektor transportasi dan tambahan perlindungan sosial,” kata Airlangga, Kamis (15/9/2022).

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Herman Nurcahyadi Suparman mengungkapkan pengendalian inflasi memang bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat. Pemerintah daerah (pemda) juga harus memainkan peran aktif untuk menekan angka inflasi di daerah masing-masing.

KPPOD mendukung upaya pemerintah untuk menekan inflasi dengan penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022 dan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tidak Terduga Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah.

“Dalam hal ini, kami KPPOD sepakat dengan pemerintah dalam upaya pengendalian inflasi daerah,” kata Armand, sapaannya.

Menurutnya, skema pengendalian inflasi sebagaimana yang disebutkan dalam dua peraturan tersebut akan berdampak signifikan ketika memperhatikan beberapa faktor. Dikatakan, pemerintah provinsi harus aktif dan mampu mengoordinasikan kerja sama antardaerah (KAD) pada kabupaten/kota yang berada di wilayahnya, terutama untuk daerah surplus atau defisit dalam menjaga ketersediaan suplai komoditas.

“Alokasi dana itu akan berhasil jika kerja sama daerah bisa terjalin baik. Pemerintah provinsi bisa mensinergikan wilayah-wilayahnya. Karena tidak semua barang di pasaran berasal dari daerah itu sendiri,” ujarnya.

Armand juga mengapresiasi upaya pemerintah dalam mendorong kinerja TPID dengan memberikan penghargaan TPID Awards 2022. Meski demikian, ia menganjurkan ada pula sanksi bagi daerah yang tidak menunjukkan performa bagus dalam menekan angka inflasi di daerah masing-masing.

“Insentif dan sanksi itu untuk mendorong daerah agar lebih bersemangat untuk pengendalian inflasi,” tambahnya.

Selain itu, Armand mengingatkan pentingnya pendampingan dari pemerintah pusat melalui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam pelaksanaan berbagai program pengendalian inflasi di daerah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tanjung Selor dan Jember Jawara Inflasi di Indonesia

Kota Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi wilayah dengan angka inflasi tertinggi di Indonesia pada November 2022. Berikutnya Jember dan Kupang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Jokowi Happy dengan Kinerja Ekonomi, Ini Sederet Faktanya

Jokowi happy atau senang dengan kinerja ekonomi Indonesia yang terlihat dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan surplus volume perdagangan.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Resesi Global Ga Ngaruh, Chandra Asri Fokus Pasar Domestik

Menghadapi tantangan ekonomi global pada 2023, Chandra Asri fokus memastikan keunggulan operasional (operational excellence/opex) berjalan lancar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Meski Global Suram, Investasi Pasar Modal Domestik 2023 Cerah

PT Bahana TCW Investment menyebut, masih ada secercah harapan bagi iklim investasi pasar modal di Tanah Air.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Sektor Teknologi Tumbang, IHSG Melemah 0,69%

IHSG ditutup melemah 48,51 poin (0,69%) ke level 7.032,8. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 7.029 – 7.090.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kenali Panduan Memilih Asuransi untuk Generasi Milenial dan Gen-Z

Mulai dari asuransi yang sederhana, masyarakat akan teredukasi untuk mulai berpikir dan mempersiapkan perlindungan yang lebih besar.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Kabar Baik! BPS Umumkan Inflasi November Melandai Jadi 5,4%

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi Novemver 2022 year-on-year (y-on-y) sebesar 5,42% atau lebih rendah pada Oktober yang tercatat 5,71%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Tiket Pesawat dan BBM Sumbang Inflasi November 2022 5,42%

Badan Pusat Statistik mencatat pada November 2022 terjadi inflasi tahunan atau year on year (y-o-y) sebesar 5,42%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Polemik Beras, Komisi IV DPR Minta Kementan dan Bulog Kompak

Jika Kementerian Pertanian mengatakan produksi beras tersedia dan ada di penggilingan, segera sambungkan dengan Bulog.

EKONOMI | 1 Desember 2022

OJK Siapkan Sanksi Wanaartha karena Tenggat RPK Berakhir

Tenggat bagi PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) untuk melaporkan rencana penyehatan keuangan (RPK) berakhir pada Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
8 Pabrik Terapkan Industri Hijau, SIG Perkuat Upaya Dekarbonisasi

8 Pabrik Terapkan Industri Hijau, SIG Perkuat Upaya Dekarbonisasi

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE