Logo BeritaSatu

Jelang Nataru, ASDP Tingkatkan Layanan di Merak-Bakauheni

Jumat, 16 September 2022 | 10:15 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengakselerasi upaya peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan dan pelabuhan, khususnya di lintasan utama menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, manajemen merespons positif masukan dan kritik dari regulator terkait dengan perubahan layanan di pelabuhan utama yakni Pelabuhan Merak dan Bakauheni sebagai penghubung dua pulau terbesar, Sumatera dan Jawa.

"Ada sejumlah poin penting yang menjadi perhatian terkait layanan pelabuhan, yakni kapal dan aspek keselamatan yang menjadi prioritas. Selain itu ada kelancaran arus penumpang dan kendaraan, serta layanan e-ticketing Ferizy yang saat ini memang baru bisa diakses 100% di Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (16/9/22).

Menurut Shelvy, hal-hal yang menjadi lesson learned pada layanan angkutan Lebaran 2022 lalu sudah dipetakan. Saat ini manajemen ASDP telah menyusun strategi agar layanan angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan lebih baik, lancar, aman, nyaman, dan selamat.

Di sisi lain, pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo yang telah melakukan survei terkait layanan transportasi publik menyampaikan pandangan bahwa menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 dan Hari Raya Idulfitri 2023 mendatang, Pelabuhan Merak memiliki akses dan moda transportasi yang lancar, nyaman dan aman.

"Sejak puluhan tahun lalu, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakaheuni selalu dipadati manusia ketika Nataru dan Lebaran, penumpang dan kendaraan harus berbaur. Kondisinya sering tidak terkontrol, begitu pula dengan manajemen dermaganya yang pada akhirnya sering mengabaikan keselamatan bertransportasi demi terangkutnya penumpang dan kendaraan ke atas kapal," ujarnya.

Menurut Agus, dalam situasi peak season tersebut berbagai diskresi dari regulator muncul demi mengurai kepadatan di kedua pelabuhan tersebut. "Kondisi tersebut tidak boleh terulang kembali pada dua libur besar mendatang. Untuk itu persiapan sudah harus dilakukan segera," kata Agus.

Agus menilai, saat ini berbagai upaya tengah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, ASDP, Badan Pengelola Transportasi Daerah (BPTD Banten), Dinas Perhubungan Propinsi/Kabupaten/Kota, KSOP dan lain-lain demi meningkatkan pelayanan penyeberangan, khususnya menangani ledakan di libur panjang, baik saat Nataru maupun Lebaran.

Ia merinci berbagai perbaikan yang harus segera dilakukan dan sedang dilakukan antara lain peningkatan tiket online Ferizy oleh ASDP yang dianggap tidak 100% online karena belum menyeluruh dan terkoneksi penuh ke seluruh sistem pendukung.

Kedua, pemda atau ASDP seharusnya menyiapkan lokasi penampungan sebelum penumpang/kendaraan masuk area dermaga. "First Come First In dikombinasikan dengan tempat pengendapan dengan pengawasan pengaturan yang ketat," tuturnya.

Ketiga, penyelesaian dermaga eksekutif dua disegerakan untuk dapat menampung aspirasi pengusaha swasta untuk dapat menggunakan fasilitas dermaga eksekutif. Keempat, revitalisasi dan pengaturan dermaga non-eksekutif berikut pengaturan alur penumpang dan kendaraan lebih dioptimalkan untuk menampung lonjakan hari besar/liburan.

Kelima, Agus meminta agar BPTD Banten segera menerapkan Marine Operation System (MOS) supaya tidak ada lagi permainan koruptif dalam pengaturan kapal di dermaga dan berlayar. Dengan MOS para stakeholder seperti BPTD, ASDP, pemilik kapal, nahkoda, publik, Pemerintah Daerah melalui Dishub dapat mengetahui keberadaan dan kondisi kapal. Selain itu penumpang juga bisa mengetahui jadwal kapal dan bisa mengaksesnya dengan aplikasi seperti yang dilakukan oleh PT KAI.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Permintaan Ekspor Turun, 11 Sektor Manufaktur RI Alami Kontraksi

PMI Indonesia 50,3 dan ada 11 sektor kontraksi dan juga penurunan purchasing order terutama untuk sektorTPT, sepatu, dan apparel.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) menargetkan 65% pemerintah daerah masuk kategori digital pada 2023.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Melesat, Transaksi Digital di RI Diperkirakan Rp 3.424 T

Pemerintah meyakini potensi digitalisasi di Indonesia akan terus meningkat, seiring komitmen untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi di daerah.

EKONOMI | 6 Desember 2022

CIMB Niaga Finance Raih Pinjaman Syariah Rp 700 Miliar

PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) meraih pinjaman sindikasi syariah senilai Rp 700 miliar.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Telkomsel: Penurunan Harga Saham GOTO Masih Wajar

Telkomsel  menanggapi penurunan kinerja saham GOTO adalah suatu hal yang wajar akibat fluktuasi pasar.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Terkapar di Zona 6.800-an, IHSG Melemah 1,39% di Sesi I

Dibuka melemah 51,54 poin (0,74%) di posisi 6.935, IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) sentuh zona 6.800 pada perdagangan sesi I, Selasa (6/12/2022).

EKONOMI | 6 Desember 2022

Bittime Exchange Jelajahi Potensi Pasar Kripto di Indonesia

Kehadiran Bittime di negara dengan populasi terbesar di Asia Tenggara ini menegaskan akan minat dan komitmen terhadap Indonesia.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Pendapatan Hero Supermarket Naik 31% Tembus Rp 3,2 Triliun

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) HERO Group hingga kuartal III 2022 mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 3,23 triliun meningkat 31%.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Besar Pasak daripada Tiang, Ekuitas Wanaartha Life Negatif Rp 10 T

Menurut laporan keuangan 2020, Wanaartha Life ternyata memiliki ekuitas minus Rp 10 triliun sehingga tidak mampu memenuhi rasio solvabilitas.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Dunia Gelap, Ekonomi RI Dibayangi Ketidakpastian Jelang Tahun Politik

Indonesia pada tahun depan mulai memasuki tahun politik jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

EKONOMI | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OJK: Industri Keuangan Non Bank Masih Tumbuh, Profil Risiko Terjaga

OJK: Industri Keuangan Non Bank Masih Tumbuh, Profil Risiko Terjaga

EKONOMI | 47 detik yang lalu





Gempa M 6,2 Guncang Jember

NEWS | 47 menit yang lalu





CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE