Logo BeritaSatu

Kadin Dorong Sinergi Pengusaha Indonesia dan Tiongkok

Jumat, 16 September 2022 | 10:55 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir menyatakan, pihaknya berkomitmen dalam mendorong pelaku bisnis di Indonesia maupun Tiongkok agar dapat terus bersinergi dan bekerja sama, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kedua negara.

"Sama seperti nilai-nilai yang dibawa oleh Festival Mid-autumn, kebersamaan dan harmonilah yang menjadi faktor yang mendorong Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Untuk itu, Kadin Indonesia Komite Tiongkok berkomitmen dalam mendorong pelaku bisnis di Indonesia maupun Tiongkok agar dapat terus bersinergi dan bekerja sama," ujar Garibaldi Thohir dalam acara "Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam.

Dia menambahkan, Kadin Indonesia Komite Tiongkok juga berkomitmen untuk bahu membahu dengan pemerintah dalam membuka pintu kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia–Tiongkok, sekaligus memastikan investor Tiongkok dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan mendapatkan mitra terbaik di Indonesia, serta meningkatkan ekspor Indonesia ke Tiongkok.

Terlebih lagi, lanjut dia, sebagian besar investasi Tiongkok di Indonesia sejalan dengan prioritas pemerintah saat ini, yaitu pengembangan industri hilirisasi dan industri di Indonesia, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Sehingga dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Pengusaha Tiongkok yang berada di Indonesia kalau membutuhkan apapun juga silakan menghubungi Kadin Indonesia Komite Tiongkok yang mungkin sebentar lagi kantor kita akan siap di PIK dan kami tentunya akan memberitahukan ke Duta Besar juga," kata Boy Thohir, sapaan akrab Garibaldi Thohir.

Dalam perayaan Festival Mid-Autumn (Mooncake Festival) ini, dia mengajak untuk bersama-sama menyampaikan doa dan harapan agar hubungan antara Indonesia dan Tiongkok akan semakin baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian kedua negara demi terwujudnya pemulihan ekonomi global yang inklusi.

Boy menambahkan, di tengah ekonomi dunia yang sedang bergejolak dengan tantangan krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, ditambah dengan meletusnya perang di Ukraina, fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik dengan pertumbuhan ekonomi yang positif sebesar 5,44% pada kuartal II tahun 2022, serta neraca perdagangan yang surplus selama 27 bulan berturut-turut. "Bahkan nilai surplus di semester ini mencapai Rp 364 triliun," katanya.

Kadin Dorong Sinergi Pengusaha Indonesia dan Tiongkok
"Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis 15 September 2022 malam.

Selain itu, Boy menyebutkan bahwa Indonesia juga dapat mengendalikan inflasi di kisaran 4,9%, jauh di bawah rata-rata inflasi Asean di kisaran 7%, dan di bawah inflasi negara-negara maju yang di kisaran 9%.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan HUT ke-77 Republik Indonesia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seluruh lapisan masyarakat saling bersinergi dan bergotong royong untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam menghadapi tantangan ini," ujarnya.

Baca selanjutnya
Tingkatkan Hubungan BaikPada kesempatan yang sama, Menkopolhukam Mahfud MD mengucapkan terima ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lulusan D-1 Kemenperin Dapat Langsung Kerja di Industri

Kemenperin berupaya memperkecil gap kompetensi antara dunia industri dengan pendidikan dengan menyelenggarakan Program Diploma 1.

EKONOMI | 10 Desember 2022

GoTo Financial Menang Dua Penghargaan dariThe Asian Banker

GoTo Financial (GTF), bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil memenangkan 2 penghargaan dari the Asian Banker.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Emiten BEI Bertambah 4, IHSG Anjlok 4% dalam Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebesar 4,34% menjadi berada di posisi 6.715,118 dari 7.019,639 pada pekan yang lalu.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Sepekan Perdagangan Wall Street, Indeks-indeks Acuan Rontok

Wall Street berakhir lebih rendah pada hari Jumat, dengan semua indeks acuan utama membukukan kerugian untuk minggu ini.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Kalahkan Argentina, Indonesia Maju ke Final eFootball Kejuaraan Dunia Esports

Atlet eFootball Indonesia berhasil tundukkan Argentina 2-1 dalam pertandingan eFootball yang seru di Kejuaraan Dunia Esports.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Bank Indonesia Catat Capital Outflow 2 Kali Lipat dari Inflow

Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk (capital inflow) ke pasar keuangan Indonesia sebesar Rp 1,77 triliun di pekan kedua Desember 2022.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

LIFESTYLE | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE