Logo BeritaSatu

32 Perusahaan BUMN Dukung Pengembangan Santri di Pesantren

Jumat, 16 September 2022 | 18:56 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG bersama 32 perusahaan BUMN menyelenggarakan kick off Bakti BUMN untuk Santri, yang meliputi Program Magang Santri dan Program Pesantrenpreneur (Pendidikan Vokasi Pondok Pesantren) di Jawa Timur.

Dalam kegiatan ini, SIG bersama PT Pegadaian, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), serta PT PLN bertindak sebagai koordinator program. Kick off dilakukan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata dan General Manager of CSR SIG, Edy Saraya di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Surabaya, baru-baru ini.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, Indonesia saat ini bergerak semakin maju dan menjadi bangsa yang semakin besar. Sedangkan pada tahun 2030 diprediksi jumlah penduduk Indonesia dengan usia produktif mencapai 64% dari total jumlah penduduk.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki ribuan pondok pesantren," kata dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (16/9/2022).

Para santri dan santriwati diyakini akan turut berkontribusi membawa Indonesia menuju negara maju dan membangun peradaban bagi negara, serta berani menghadapi tantangan era saat ini dengan perubahan yang sangat cepat.

Erick menambahkan, para santri dan santriwati harus mampu mengembangkan kapasitas diri di tengah tantangan disrupsi digital. Salah satu bentuk komitmen BUMN untuk terus berkontribusi terhadap ekonomi nasional dibuktikan dengan wujud Bakti BUMN, termasuk inisiasi program magang untuk santri di pesantren.

“Program magang santri ini merupakan kolaborasi yang sukses antara BUMN bersama sejumlah perguruan tinggi dan pesantren dalam meningkatkan kualitas SDM. Langkah ini merupakan persiapan bagi generasi muda menghadapi tantangan pembangunan kedepannya termasuk di sektor digital,” ujarnya.

Kementerian BUMN juga telah membuka kegiatan program Pesantranpreneur tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan berwirausaha agar pondok pesantren menjadi mercusuar peradaban, serta pusat pemberdayaan muslimpreuneur, dengan terwujudnya SDM dari para santri yang berkualitas sebagai penggerak pemberdayaan industri halal di Indonesia dan internasional.

Program Pesantrenpreneur (Pendidikan Vokasi Pondok Pesantren) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini diikuti oleh 78 pengajar yang telah berpartisipasi dalam Program Training of Trainer (ToT) pada bulan Mei 2022 lalu. Pengajar berasal dari pondok pesantren di Surabaya, Jember dan Kediri, telah dibekali pengetahuan tentang bisnis terapan yaitu pembelajaran tentang Teknologi dan Rekayasa, Teknologi dan Informasi, Kesehatan, Agrobisnis, Perikanan dan Agroteknologi, Bisnis dan Manajemen, serta Tata Rias dan Tata Boga.

Proses belajar mengajar dalam Pesantrenpreneur akan berlangsung 1 tahun ke depan dan diharapkan bisa menjadi bekal para santri untuk menjadi wirausahawan (santripreneur) ketika lulus nanti.

Sementara itu General Manager of CSR SIG, Edy Saraya menjelaskan saat ini SIG menerima 20 santri magang di perusahaan. Mereka akan belajar mengenai proses bisnis serta metode kerja selama 3 bulan. Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, mereka juga akan mendapatkan sertifikasi magang dari perusahaan.

Edy menambahkan, SIG juga berupaya membangun masyarakat yang mandiri dengan melahirkan sebanyak-banyaknya wirausahawan baru melalui Program Pesantrenpreneur (Pendidikan Vokasi Pondok Pesantren).

“Ada 26 pondok pesantren yang pengajarannya mengikuti program Training of Trainer (ToT). Saat ini mereka mulai mengajarkan ilmu yang didapat kepada santri masing-masing. Setiap pondok pesantren setidaknya mempunyai 15 santri untuk dididik, sehingga sedikitnya ada 390 santri yang akan diharapkan untuk menjadi wirausahawan,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Potensi Loss Besar, Ini yang Harus Diperhatikan Investor Saham Pemula

Mengenai besaran dana yang perlu disiapkan oleh investor saham untuk memulai investasi, menurut Om Ben tidak ada ketentuannya.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Anak Usaha Telkom Bidik Dua Segmen Internet di 2023

IndiHome, salah satu anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menyasar dua segmen besar internet yaitu low affordability market dan high-end market di 2023.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Peluang Investasi Masih Terbuka di Tengah Ancaman Resesi

Head of Distribution Sales BNP Paribas Asset Management Andy Chandra melihat peluang investasi di 2023 tetap terbuka di tengah ancaman resesi ekonomi.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Kebal Resesi, Ini Buktinya

Equity Analyst Phillip Sekuritas Indonesia meyakini Indonesia tidak akan mengalami resesi ekonomi di 2023.

EKONOMI | 10 Desember 2022

65 Startup Ikuti Program BEI Inkubasi Road to IPO

Sebanyak 65 perusahaan startup telah mengikuti program inkubasi road to IPO yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia melalui IDX Incubator.

EKONOMI | 10 Desember 2022

APLN Catat Penjualan Hunian di Jaktim Tembus 90 Persen

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) optimistis industri properti akan tetap tumbuh positif tahun depan.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Lulusan D-1 Kemenperin Dapat Langsung Kerja di Industri

Kemenperin berupaya memperkecil gap kompetensi antara dunia industri dengan pendidikan dengan menyelenggarakan Program Diploma 1.

EKONOMI | 10 Desember 2022

GoTo Financial Menang Dua Penghargaan dariThe Asian Banker

GoTo Financial (GTF), bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil memenangkan 2 penghargaan dari the Asian Banker.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Emiten BEI Bertambah 4, IHSG Anjlok 4% dalam Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebesar 4,34% menjadi berada di posisi 6.715,118 dari 7.019,639 pada pekan yang lalu.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Sepekan Perdagangan Wall Street, Indeks-indeks Acuan Rontok

Wall Street berakhir lebih rendah pada hari Jumat, dengan semua indeks acuan utama membukukan kerugian untuk minggu ini.

EKONOMI | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Inggris vs Prancis

Piala Dunia 2022: Statistik Menarik Inggris vs Prancis

SEMESTA BOLA 2022 | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE