Logo BeritaSatu

Digitalisasi Mesin Kasir, Codeshop Dorong UMKM Naik Kelas

Sabtu, 17 September 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Codeshop Indonesia melakukan digitalisasi mesin kasir sebagai salah satu upaya agar UMKM di Tanah Air dapat naik kelas. Diketahui, sebanyak 60% ekonomi Indonesia disokong oleh UMKM, sehingga jika berbicara digitalisasi ekonomi maka sudah pasti UMKM lah yang menjadi prioritas digitalisasi tersebut. Digitalisasi ini memiliki banyak manfaat untuk UMKM.

Mulai dari kepraktisan penggunaan, hasil perhitungan yang cepat dan teliti, serta sistem terpadu antar divisi. Digitalisasi UMKM menawarkan banyak keuntungan berupa efisiennya penggunaan sumber daya dan modal, meminimalisir biaya dan waktu, serta kemudahan dalam pengawasan. Salah satu proses perkembangan UMKM ke era digital adalah dengan penggunaan mesin kasir sebagai sistem pengelolaan transaksi.

Pada tahun 2022, jumlah pelaku UMKM diperkirakan sudah mencapai angka 62 juta dan akan terus bertambah. Berkembangnya Industri dan UMKM mendorong Codeshop Indonesia berupaya untuk menjadi partner terbaik dalam menyediakan perlengkapan mesin kasir.

Sistem alat kasir dapat menunjang kinerja bisnis yang lebih efektif, menghemat waktu data entry, menutup celah kecurangan hingga meminimalisir kesalahan. Namun sayangnya, tidak semua pemilik bisnis dapat mengindentifikasi kebutuhan tersebut.

Alat kasir selama ini hanya dikenal untuk industri atau perusahaan besar seperti di bidang retail. Pun sebenarnya alat kasir dapat digunakan berbagai jenis/bidang bisnis seperti manufaktur, hospitality, perhotelan dan pariwisata hingga MICE.

Codeshop Indonesia sendiri memiliki visi menjadi pusat perbelanjaan solusi bisnis terbaik di bidang identifikasi data, dengan harapan bisnis kecil juga dapat merasakan manfaat serta dampak penggunaan mesin kasir sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

"Saat ini kami memang berfokus untuk membantu enterpreneur terutama UMKM, agar dapat menciptakan usaha yang tumbuh berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi identifikasi data," ujar Direktur Codeshop Indonesia, Benny Kuncoro melalui keterangan pers, Sabtu (17/9/2022).

Merapikan manajerial bisnis secara digital adalah cara terbaik bisnis UMKM bertahan dan tumbuh. Mulai dari arus kas, pengecekan stok barang dan operasional inventaris lainya harus dilakukan secara benar dan ringan.

Pasalnya, UMKM seringkali mengabaikan manajerial seperti ini, sesimpel mencampur adukkan keungan bisnis dan keuangan pribadi. Untuk UMKM alat kasir adalah bentuk investasi otomatisasi proses bisnis secara spesifik.

Melalui solusi total yang diberikan, bisnis kecil serta UMKM diharapkan dapat menempuh efisiensi dan efektifitas bisnis dan dapat lebih banyak berfokus pada pengembangan serta pemasaran produk.

Codeshop Indonesia terus mendukung dan mendorong UMKM untuk berkembang ke pasar digital. Codeshop Indonesia siap memberikan pelayanan terbaiknya untuk ikut andil dalam peran ini dengan memberikan pengetahuan lebih kepada khalayak umum terutama pelaku UMKM.

Pihaknya juga hadir dalam platform youtube guna untuk mendukung pelaku UMKM secara teknis dalam penggunaan mesin kasir dan juga produk AIDC (Automatic Identification and Data Capture) lainya.

"Kami berupaya memberikan konsultasi kepada para wirausahawan dalam menentukan system kasir yang paling tepat digunakan di bidang usahanya," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Argentina Unggul 1-0 Lewat Gol Messi

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Argentina Unggul 1-0 Lewat Gol Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 33 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE