Logo BeritaSatu

BBM Naik, Penjualan Rumah Subsidi di Cibitung Ikut Naik

Sabtu, 17 September 2022 | 19:15 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Bekasi, Beritasatu.com - Kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) berdampak terhadap kenaikan harga material bangunan, hingga biaya produksi pembunganan rumah juga pastinya turut terdongkrak.

Sebagian besar pelaku pembangunan, khususnya yang bermain di rumah subsidi meminta pemerintah melakukan penyesuaian harga rumah untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Alasan lain pengembang minta harga dinaikan adalah kenyataan harga rumah subsidi tidak mengalami penyesuaian sejak tiga tahun lalu. Hal ini tentunya akan memakin mengerus margin pengembang rumah subsidi.

Meski demikian, beberapa pengembang masih terus memasarkan rumah subsidi yang menggunakan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) sambil menunggu kebijakan harga baru.

Salah satu pengembang yang hingga kini tetap memasarkan rumah subsidi adalah Vista Land Group yang sedang pengembangkan perumahan Puri Harmoni Muktiwari, Cibitung, Bekasi.

Perumahan ini dibangun atas lahan seluas 12 hektare (Ha) berada di lokasi sangat strategis dekat dengan Stasiun KRL Tambun, Pasar Induk Cibitung, Rumah Sakit Umum Cibitung dan klinik, Sekolah serta tempat ibadah, juga dekat dengan tol baru Cibitung-Cilincing.

General Manager Regional Timur Vista Land Group, Ardian Hendra, mengatakan, sebelum harga BBM naik, di semester II 2022 pasar rumah subsidi di Cibitung, Bekasi sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari tumbuhnya perumahan-perumahan subsidi baru.

"Karena permintaannya memang terus meningkat. Apalagi dua tahun lalu atau selama masa pandemi Covid-19, sebagian besar konsumen menunda pembelian rumah subsidi disebabkan tidak stabilnya kondisi keuangan mereka," kata Ardian, di Bekasi, Sabtu (17/9/2022).

BBM Naik, Penjualan Rumah Subsidi di Cibitung Ikut Naik
Salah satu proyek rumah subsidi.

Ardian mengatakan, dibanding perumahan di sekitarnya, penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Muktiwari sangat menggembirakan. Dari Januari hingga pertengahan Agustus saja, perumahan ini berhasil membukuan akad kredit lebih 200 unit rumah subsidi dari sekitar 300 konsumen yang mengajukan.

"Menariknya, pada pertengahan Agustus hingga pertengahan September saja atau pascakenaikan BBM, malah perjualan naik signifikan. Tercatat ada 75 konsumen yang sudah akad kredit. Ini yang membuat kami surprise, di saat harga BBM naik malah penjualan kami meningkat,” ungkap Ardian.

Baca selanjutnya
Menurut Ardian, penjualan Puri Harmoni Muktiwari tetap meningkat, karena harga jual ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Penutupan Akhir Pekan, IHSG Terjungkal ke 6.715

IHSG ditutup melemah 89,1 poin (1,31%) ke level 6.715,12. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.695,4–6.804,2.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Hasil Merger, Pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison Capai 100 Juta

Pascamerger, pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) saat ini mencapai 100 juta pengguna aktif.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sembilan CEO Raih Gelar Tokoh Finansial Indonesia 2022 Versi Investor Daily

Majalah Investor kembali menganugerahkan penghargaan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) untuk para Chief Executive Officer Terbaik dari berbagai bidang usaha.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan Catat Peserta Aktif Capai 36 Juta Tenaga Kerja

Jumlah kepesertaan aktif BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 36 juta tenaga kerja tahun ini meningkat 6 juta dari tahun sebelumnya.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Kurs Rupiah Terapresiasi ke Kisaran Rp 15.500

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Jumat(9/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.500.

EKONOMI | 9 Desember 2022

BI Perkirakan Suku Bunga Acuan The Fed Naik 50 Bps di Desember

Bank Indonesia memperkirakan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) atau fed fund rate dikerek naik sebesar 50 basis poin (bps) di Desember 2022.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Statistik Menarik dari Sukses Kroasia Singkirkan Brasil

Statistik Menarik dari Sukses Kroasia Singkirkan Brasil

SEMESTA BOLA 2022 | 45 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE