Logo BeritaSatu

B-20 Sustainability 4.0 Awards Siap Masuki Sesi Penjurian

Selasa, 20 September 2022 | 16:23 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah peluncuran B-20 Sustainability 4.0 Awards pada Mei 2022 yang digelar oleh Swiss Chamber of Commerce Indonesia, Kadin Indonesia dan European Business Chamber of Commerce in Indonesia (EuroCham), langkah selanjutnya adalah sesi penjurian yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022.

Dilansir dari siaran pers Kadin, sebanyak lebih dari 700 peserta telah mendaftar. Dengan proses seleksi yang cukup ketat, panitia telah memilih 18 kandidat terbaik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan untuk maju ke babak final.

Terdapat antusiasme yang sangat besar dari pelaku sustainability (keberlanjutan) di tanah air, baik yang diwakili oleh perusahaan, usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), hingga individual yang berhasil memberikan kontribusi positif bagi beberapa fokus kategori yang dikompetisikan.

Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia membuktikan bahwa peran sustainability sangatlah penting untuk masa depan generasi mendatang. Sustainability memberikan dampak yang besar bagi lingkungan serta telah menjadi tren dalam dunia usaha.

“Kami tidak menyangka bahwa kesadaran pelaku usaha dibidang sustainability ini sangat berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan 700 pendaftar yang telah kami terima sejak awal Mei 2022 hingga 17 Agustus 2022. Harapan kami bahwa melalui ajang ini, dapat menghasilkan dampak yang signifikan bagi Sustainability Development Goals (SDG), khususnya melalui ketiga kategori yaitu access to clean water (SDG 6), reduction or reuse the plastic waste (SDG 12), dan women in sustainability (SDG 5),” ungkap Christophe Piganiol, Head of Sustainability & Innovation Sectoral Group SwissCham Indonesia and President Director of PT Anugerah Pharmindo Lestari.

Sementara itu, Executive Director of Eurocham Indonesia Edison Bako mengapresiasi digelarnya B-20 Sustainability 4.0 Awards.

"Eurocham sangat bangga dapat menjadi bagian dari acara ini bersama dengan Kadin Indonesia. Eurocham sebagai representatif dari perusahaan-perusahaan Eropa di Indonesia juga dapat menunjukkan kontribusi perusahaan Eropa melalui B-20 Sustainability 4.0 Awards. Konsep B-20 Sustainability 4.0 Awards juga sangat unik, dan sejalan dengan regulasi perusahaan-perusahaan kami,” ucap Edison.

Kadarsah Suryadi, Rektor Universitas Trisakti, selaku universitas yang melaksanakan proses seleksi, menyatakan dukungannya untuk acara ini. Menurutnya, B-20 Sustainability 4.0 Awards memberi kesempatan kepada sektor swasta maupun kelompok masyarakat untuk mengkomunikasikan kegiatan mereka dalam menyelamatkan bumi dan masyarakat dengan berkontribusi terhadap SDG.

"Kesempatan ini juga menginspirasi para dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan yang menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Universitas Trisakti,” ucap Kadarsah.

Kadarsah juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Zurich dan Siemens yang masing-masing telah memberikan satu beasiswa kepada para pemenang, yaitu mengikuti perkuliahan di Magister Manajemen jurusan Sustainability dan Social Enterprise di Universitas Trisakti.

Chair B-20 Shinta W Kamdani mengatakan, melalui ajang B-20 Sustainability 4.0 Awards dapat dijadikan sebagai motivasi bagi pelaku usaha lainnya untuk segera melaksanakan praktik keberlanjutan.

“B-20 Sustainability 4.0 Awards merupakan salah satu ajang penghargaan bergengsi yang pelaksanaannya sejalan dengan agenda-agenda prioritas B-20 Indonesia untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, inklusif, dan kolaboratif. Harapannya, ajang penghargaan ini dapat mendorong semangat para pelaku bisnis dan masyarakat di Indonesia dalam melaksanakan praktik-praktik keberlanjutan guna mewujudkan perubahan positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia maupun global di masa depan,” ucap Shinta.

Maria Rosaline Nindita, Executive Director of CECT Universitas Trisakti juga memaparkan antusiasme peserta dalam acara ini. Dari 700 pendaftar, terdapat 204 peserta yang memenuhi persyaratan yang kemudian diseleksi menjadi 18 finalis.

“Dari 204 peserta yang memenuhi persyaratan, reduction or reuse the plastic waste merupakan kategori yang diikuti paling banyak oleh peserta, yang kemudian diikuti oleh women in sustainability dan access to clean water. B20 Sustainabilty 4.0 Awards ini diikuti oleh seluruh pelaku usaha dari Aceh hingga Papua dimana UMKM menjadi sektor bisnis terbanyak yang mengikuti acara ini. Peserta paling banyak berasal dari DKI Jakarta, yaitu sebanyak 85 peserta,” ungkap Maria.

Kriteria penilaian dibagi menjadi 4 yaitu deep impact, wide reach, innovative, dan sustainable.

Dari 18 perusahaan yang terpilih, finalis untuk kategori access to clean water adalah Coca-Cola, Danone, Gree Energy, Komodo Water, Sago Mee, dan SIAB Indonesia.

Sementara untuk kategori reduction or reuse the plastic waste finalis terdiri Danone, Lazada Logistik, Sampangan, Waste4Change, Plana, dan Plastik Bank Indonesia, serta finalis untuk kategori women in sustainability adalah Amartha, Evermos, Sukacita, Carbon Ethics, Duanyam, dan Hear Me.

Diketahui, pengumuman para pemenang akan dilangsungkan pada bulan Oktober 2022.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

OJK optimistis kredit perbankan bisa tumbuh minimal 12% pada tahun 2023, minimal sama dengan tahun 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bulog Lampung Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Stok beras di gudang Bulog saat ini tersedia sebanyak 15.000 ton sehingga aman jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

20 Perusahaan Raih Green Initiative Awards

Green Initiative Awards diberikan kepada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, energi/pertambangan, teknologi/transportasi dan consumer goods.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Fokus di Perbaikan Bisnis, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71 Persen di Q3

PertaLife Insurance mampu mencatat kinerja keuangan yang positif di Q3, di mana tercatat sampai 30 September 2022, perseroan meraih laba bersih Rp 50,16 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada beberapa risiko global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sah, Bank BJB Resmi Kuasai 7,15 Persen Saham Bank Bengkulu

Bank BJB resmi menjadi pemegang saham Bank Bengkulu setelah meraih persetujuan OJK atas penyertaan modal tahap pertama sebesar Rp 99,9 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kuartal III, Modernland Realty Cetak Laba Rp 234,51 M

PT Modernland Realty Tbk (MDLN) catatkan kinerja keuangan positif pada kuartal III 2022, dengan membukukan laba Rp 234,51 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

RUPS LB memutuskan mengganti semua jajaran direksi dan komisaris Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten yakni Bank Banten.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Gelar IndonesiaNext, Cara Telkomsel Siapkan Talenta Digital

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNext, program yang membuka peluang bagi pemuda Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Harap Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV di Atas 5%

"Kami berharap sampai akhir tahun pertumbuhan ekonomi di atas 5% tetap bisa dipertahankan," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

SEMESTA BOLA 2022 | 53 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE