Logo BeritaSatu

Relaksasi Asing di Sektor Tambang untuk Genjot Investasi

Rabu, 21 September 2022 | 16:15 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Relaksasi kepemilikan asing pada sektor tambang diperlukan untuk menggenjot investasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045 yang mengundang investor asing berinvestasi di sektor pertambangan dalam rangka hilirisasi.

Hal itu terungkap dalam disertasi doktor Ida Sumarsih pada sidang promosi doktor Ilmu Hukum program Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, belum lama ini. Pada sidang terbuka promosi doktor tersebut, Ida berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Dampak Nominee Agreement pada Badan Usaha Pertambangan Minerba Terhadap Kesejahteraan Rakyat.

Ida menemukan bahwa pembuatan nominee agreement dianggap sebagai penyelundupan hukum karena tidak memenuhi syarat sah perjanjian sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, khususnya mengenai kausa halal. Namun nominee agreement tidak serta merta dianggap batal demi hukum karena harus dilihat materi muatan perjanjiannya. "Pembuatan nominee agreement merupakan pilihan investor asing mengamankan investasinya di Indonesia," kata Ida dalam keterangannya Rabu (21/9/2022).

Melalui penelitiannya menggunakan kajian Economic Analysis of Law dengan metode cost and benefit analysis pada Kabupaten Morowali (Sulteng) dan Kutai Kartanegara (Kaltim) terungkap bahwa nominee agreement memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat di dua kabupaten tersebut. Oleh karena itu dari segi kebijakan, kata Ida, larangan nominee agreement memerlukan peninjauan kembali mengingat manfaatnya dalam menjaga iklim investasi yang dapat mendukung upaya meningkatkan perekonomian nasional.

"Untuk itu saya mengusulkan relaksasi kepemilikan saham asing melalui perubahan UU Mineral Batu Bara (Minerba), agar nominee agreement tidak digunakan lagi dalam praktik hukum di lingkungan industri pertambangan nasional," ungkap Ida dalam sidang doktoralnya.

Sidang diketuai Rektor UPH, DR. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. dengan tim promotor diketuai Prof. Nindyo Pramono S.H., M.S., dan Associate Prof Dr Henry Soelistyo Budi S.H., L.L.M selaku ko-promotor memutuskan untuk mengangkat Ida Sumarsih menjadi doktor dalam bidang Ilmu Hukum dengan Yudisium Summa Cum Laude.

Gelar doktor yang diperoleh Ida Sumarsih dari Universitas Pelita Harapan (UPH) ini melengkapi gelar S2 Magister Kenotariatan, dari Universitas Pelita Harapan dan S1 Sarjana Hukum dari Universitas Esa Unggul.

Ida Sumarsih, yang kerap dipanggil Imelda, aktif dalam kegiatan masyarakat, sebagai pengurus organisasi Perempuan Indonesia Maju dan pengurus Asosiasi Penambang Nikel Indonesia. Selain itu dalam bidang pendidikan, Ida aktif dalam kegiatan literasi keliling atau perpustakaan keliling. Ida Sumarsih juga menjabat direktur legal di PT Artabumi Sentra Industri Group dan sebagai senior advisor to founder, CEO and shareholder Transon Group adalah group perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, kawasan industri, dan smelter.

"Saya berharap hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dalam menetapkan kebijakan pertambangan nasional dan aturan terkait dengan relaksasi kepemilikan asing dan dapat diakomodasi dalam perubahan UU Minerba," kata Ida dalam pernyataannya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE