Logo BeritaSatu

Pemerintah Siapkan Insentif untuk Garap Potensi EBT 3.686 GW

Rabu, 21 September 2022 | 20:46 WIB
Oleh : Mashud Toarik / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Pemerintah terus mendorong pemanfaatan sumber energi baru terbarukan (EBT) dengan memberikan sejumlah insentif dan berbagai kemudahan bagi investor atau pelaku usaha yang serius mengembangkan energi hijau tersebut. Langkah mempercepat pemanfaatkan EBT yang memiliki potensi besar di Indonesia merupakan upaya memangkas penggunaan energi fosil yang berujung pada penurunan impor migas, memacu pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja baru serta berdampak positif bagi lingkungan bersih dan sehat.

Komitmen dan program pemerintah dalam mengembangkan energi hijau tersebut mengemuka dalam seminar bertajuk “Potensi Investasi Hijau dan Desain Insentif yang Atraktif” yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Seminar yang diselenggarakan secara hybrid ini merupakan kerja sama Majalah Investor dengan dengan Kementerian Investasi/BKPM. Kegiatan ini menghadirkan nara sumber yang terdiri dari Saribua Siahaan selaku Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM, kemudian Andriah Feby Misna selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Purbaja Pantja selaku Direktur dan Group Chief Investment Officer PT Indika Energy Tbk serta Komaidi Notonegoro selaku Direktur Eksekutif ReforMiner Institute. Seminar dipandu oleh Pemimpin Redaksi Investor Daily yang juga merupakan Anggota Dewan Redaksi Berita Satu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu.

Dalam menggelar seminar tersebut, Kementerian Investasi/BKPM menggendeng Majalah Investor karena pembacanya mayoritas investor.

"Tujuannya agar pembaca mengetahui berbagai terobosan yang telah dilakukan pemerintah dalam mempermudah dan membuat nyaman investor dalam berinvestasi di Indonesia terutama dalam pengembangan energi hijau. Sehingga pada akhirnya para investor tertarik mananamkan modalnya,” papar Saribua Siahaan selaku Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM.

Disampaikan Saribua, saat ini pemerintah telah menyiapkan insentif fiskal berupa tax allowance, tax holiday, maupun kemudahan bea masuk dari Kementerian Keuangan. Sementara dari Kementerian Investasi/BKPM pemerintah telah mengatur sistem perizinan investasi agar investor punya kepastian termasuk penyediaan lahan, serta berbagai kemudahan investasi lainnya. “Pemerintah sangat concern terhadap pengembangan energi hijau, untuk itu, kami BKPM siap menjadi pintu masuknya investor untuk menginformasikan terkait potensi investasi yang ada, regulasi yang baik bahkan mengawal rencana investor yang tertarik pada sektor EBT dan sektor lainnya dimanapun mereka mau investasi dari Sabang sampai Merauke,” urainya.

Untuk mendapatkan insentif pemerintah telah memperlonggar ketentuan. Bila sebelumnya pelaku usaha yang bisa mendapatkan insentif harus berinvestasi minimal Rp 1 triliun, saat ini dengan berinvestasi di atas Rp 100 miliar bisa diajukan untuk memperoleh insentif. “Sebagai catatan pemberian insentif ini case by case dan ada panduannya, contohnya kalau pelaku usaha menggunakan bahan baku TKDN (tingkat komponen dalam negeri) lebih 40% maka pemerintah bisa memberikan insentif tax allowance atau lainnya,” sambung Saribua.

Pemerintah Siapkan Insentif untuk Garap Potensi EBT 3.686 GW
Seminar bertajuk "Potensi Investasi Hijau dan Desain Insentif yang Atraktif" yang digelar oleh Majalah Investor bersama Kementerian Investasi/BKPM, di Aryaduta Hotel, Jakarta, Rabu 21 September 2022.

Baca selanjutnya
Dengan memberikan berbagai insentif dan kemudahan perizinan, pemerintah optimistis percepatan bauran ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Inflasi dan Fed Mulai Dovish Katalis Positif IHSG Pekan Ini

the Fed yang diperkirakan mulai dovish ke depannya, diyakini menjadi katalis positif bagi IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 28 November 2022

Harga SUN Menguat Terbatas karena Fed Rate Melandai

Harga SUN akan menguat karena melemahnya sentimen Fed rate hike dan sentimen positif net buy asing pada pekan lalu yang mencapai Rp 11 triliun.

EKONOMI | 28 November 2022

Hingga Oktober, Penerbitan Obligasi Naik 28% Jadi Rp 144,9 T

Meningkatnya penerbitan obligasi korporasi sejalan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan impresif.

EKONOMI | 28 November 2022

Meski Oktober APBN Defisit, Konsolidasi Fiskal On Track

Defisit APBN Oktober 2022 sebesar 0,91% terhadap PDB atau setara Rp 169,5 triliun masih sehat dan kredibel.

EKONOMI | 28 November 2022

AAJI Proyeksikan Asuransi Jiwa Tumbuh Lebih Hati-hati

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperkirakan perusahaan asuransi jiwa bakal mencatatkan pertumbuhan bisnis di tahun 2023.

EKONOMI | 28 November 2022

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

Akses bagi Anak-Anak Buruh Tani Sawit Dapatkan Pendidikan Berkualitas

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE