Logo BeritaSatu

BKPM: UU Ciptaker Jadi Terobosan Capai Target Investasi Rp 1.200 triliun

Rabu, 21 September 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyakini target realisasi investasi Rp 1.200 triliun dapat dicapai pada 2022. Salah satu terobosan yang mendukung target tersebut adalah implementasi Undang Undang Cipta Kerja atau UU Ciptaker.

“Kami optimistis target ini akan tercapai. Cara pemerintah membuat regulasi agar target bisa tercapai, yaitu terobosan melalui UU Ciptaker,” ucap Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara Selandia Baru dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM, Saribua Siahaan dalam Seminar "Potensi Ekonomi Hijau dan Desain Insentif yang Atraktif", di Hotel Aryaduta Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Saribua menuturkan, ada tiga hal yang ingin disampaikan pemerintah melalui UU Ciptaker. Pertama, menunjukan kepada dunia usaha bahwa pemerintah berupaya untuk meningkatkan kemudahan berusaha.

Kedua, upaya memberikan kemudahan investasi secara clean and clear khususnya terkait masalah lahan. Selama ini banyak kegiatan investasi yang terhambat oleh upaya penyediaan lahan.

“UU Ciptaker adalah showcase bagi Indonesia bahwa bila anda ingin investasi ke Indonesia anda cukup bawa modal dan teknologi, semua perizinan kami (Kementerian Investasi/BKPM) handle,” kata Saribua.

Ketiga yaitu lewat UU Ciptaker pemerintah melakukan perampingan administrasi pemerintah sehingga upaya mengurus perizinan usaha menjadi tidak bertele-tele. Dalam regulasi tersebut pemerintah melakukan perbaikan sistem perizinan terintegrasi lewat online single submission (OSS) agar perizinan menjadi lebih cepat, mudah, dan transparan. “Izin lewat online ini bentuk kepastian bagi investor bahwa investasi Indonesia kondusif,” imbuh Saribua.

Seminar yang diselenggarakan secara hibrid ini merupakan kerja sama Majalah Investor dengan dengan Kementerian Investasi/BKPM.

Hadir sebagai nara sumber selain Saribua Siahaan adalah Andriah Feby Misna selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Purbaja Pantja selaku Direktur dan Group Chief Investment Officer PT Indika Energy Tbk, serta Komaidi Notonegoro selaku Direktur Eksekutif ReforMiner Institute.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menko Luhut Happy, Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

Menko Luhut juga mendorong peningkatan belanja produk dalam negeri oleh pemerintah pusat dan daerah, sebagai bukti keberpihakan terhadap produsen dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina berupaya menjadi perusahaan kilang dan petrokimia berskala global.

EKONOMI | 29 November 2022

PTBA Raih Penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating 2022

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih trofi Gold dalam ajang bergengsi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 di Jakarta.

EKONOMI | 28 November 2022

Rupiah Melemah 20 Poin Saat Mata Uang Asia Menguat

Pergerakan mata uang Garuda atau rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona merah.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu Ungkap 4 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Apa Saja?

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan reformasi struktural untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 29 November 2022

Ekspansi Usaha, Cerestar Rambah Bisnis Bahan Pakan Ternak

PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) mengembangkan perdagangan bahan pakan ternak melalui anak usaha, PT Agristar Grain Industry (AGY).

EKONOMI | 29 November 2022

Isu Resesi, Penyedia Jasa E-Commerce Selektif Gandeng Mitra Strategis

PT Sinergi Digital Pusaka atau Enablr.id, penyedia jasa solusi e-commerce untuk membantu brand berjualan online, berkomitmen meningkatkan produktivitas.

EKONOMI | 29 November 2022

Erick Thohir Sebut Transformasi Ekonomi Buka Peluang Kerja

Menurut Erick Thohir, transformasi ekonomi yang terus berkembang membuka peluang kerja bagi generasi muda Indonesia.

EKONOMI | 29 November 2022

Meski IHSG Anjlok, Ini Deretan Saham yang ARA

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (29/11/2022), kembali terkoreksi 5,29 (0,08%) menjadi 7.017,32.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Produk Dalam Negeri Sumber Pertumbuhan Ekonomi

"Kita punya momentumnya. Selama pandemi ekspor impor drop sekali, tapi kita bisa hidup dengan produk dalam negeri. Mbok ya kita teruskan," ujar Suahasil.

EKONOMI | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dewan Direksi Juventus Mundur Massal Termasuk Presiden Klub

Dewan Direksi Juventus Mundur Massal Termasuk Presiden Klub

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE