Logo BeritaSatu

Lindungi Data Konsumen, Blibli Terapkan CSIRT

Kamis, 22 September 2022 | 12:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Platform e-commer Blibli menerapkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) sebagai standar mekanisme penanganan insider siber untuk melindungi data konsumen. Blibli memperoleh sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk Sistem Manajemen Keamanan informasi untuk melindungi data konsumen.

“Publik semakin memfokuskan keamanan data seiring dengan meningkatnya literasi digital. Blibli berinisiatif untuk memutakhirkan sistem cyber security dengan diperolehnya sertifikasi keamanan data ini untuk melindungi data para pelanggan yang bertransaksi melalui Blibli,” ujar CEO Blibli, Kusumo Martanto dalam siaran pers yang diterima Rabu (21/9/2022).

Upaya Blibli dalam mengantisipasi maraknya kasus kebocoran data adalah dengan menyempurnakan sistem keamanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan. VP Information Security Blibli, Rendra Perdana, mengatakan salah satu cara mencegah penyalahgunaan data dan penerapan keamanan siber yang andal melalui penerapan end-to-end security.

Cara ini dilakukan dengan mengimplementasikan tata kelola keamanan informasi, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap berbagai Information Security Network & Standards. Kerangka kerja Blibli yang menata people, process, dan technology itu diselaraskan dengan tingkat risiko.

“Kami juga berikan bermacam pelatihan serta sertifikasi untuk memastikan sumber daya manusia kami lihai dalam menciptakan proses untuk pengamanan aplikasi, jaringan dan semua sistem komputer dari berbagai ancaman keamanan siber,” ujar Rendra.

Menurut Rendra, keamanan data merupakan tanggung jawab bersama termasuk pemilik dan pengelola data. Dengan demikian, Blibli juga mengajak para pengguna agar tetap bijak dalam mengelola dan menjaga keamanan data pribadi dari berbagai saluran.

Terkait keamanan data pelanggan, Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) juga mendorong perusahaan e-commerce untuk memperkuat keamanan siber dengan terus berinovasi dan memutakhirkan sistem teknologi informasi yang mereka gunakan.

"Pergerakan industri digital sangat dinamis, kami terus mendorong agar perusahaan e-commerce, terutama member kami, memutakhirkan sistem kemanan sibernya. Kami mengapresiasi langkah nyata Blibli yang telah memperkuat sistem IT, " ujar ketua idea Bima Laga, Rabu (14/9).

Pihaknya juga selalu berkoordinasi rutin terkait hal ini dengan para anggota asosiasi agar tercapai kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Bima mengajak para pelaku industri digital maupun pelanggan agar bersama-sama melindungi data yang merupakan aset berharga agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Ketua DPD DKI Jakarta, Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Fanky Christian menjelaskan mengenai keamanan data, menjelaskan mengenai keamanan data, bahwa siapapun yang bertransaksi melalui e-commerce di Indonesia harus memastikan platform terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan mengikuti aturan lain yang sesuai.

“Jadi kalau ada penyimpangan data terkait transaksi bisa kita selesaikan dengan langkah hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fanky mengatakan bahwa PSE Kominfo kepastian keamanan datanya sesuai hukum yang berlaku di Indonesia. Di sisi lain, e-commerce pun harus mempunyai tim khusus yang menangani siber atau CSIRT guna mencegah dan melakukan mitigasi adanya kebocoran data.

Rendra memberikan tips dalam meningkatkan keamanan siber (cyber security), yaitu mengganti password akun secara berkala dan tidak memakai password yang sama pada situs yang berbeda. Selain itu, Rendra juga menganjurkan agar menjaga kerahasiaan password dan one time password (OTP) untuk menghindari penyalahgunaan dan pengambilalihan akun.

“Tim Customer Relations Blibli rutin melakukan sosialisasi keamanan data (security awareness) terhadap pelanggan. Jika pelanggan memiliki kesulitan atau pertanyaan, silahkan mengakses channel resmi Customer Care Blibli,” ungkapnya.

Rendra menjelaskan bahwa pelayanan pelanggan Blibli mudah dijangkau dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari, melalui enam channel melalui chat, telepon, WhatsApp, e-mail, Facebook @bliblidotcom, dan @bliblicare di Twitter.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PT Cipta Aset Hentikan Sementara Penambangan Aset Kripto

Penghentian operasional mining saat ini hanya bersifat untuk sementara mengingat kondisi market aset kripto sedang volatilitas.

EKONOMI | 28 September 2022

189 Saham Menguat, IHSG Naik 18,5 Poin Menuju 7.130

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 126,4 miliar saham senilai Rp 6,6 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022

Ikappi Soroti 100 Hari Kerja Mendag Zulhas, Apa Saja?

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memberikan sorotan terhadap kinerja Mendag dalam 100 hari pertamanya.

EKONOMI | 28 September 2022

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.165- Rp 15.209 per dolar AS.

EKONOMI | 28 September 2022

Awal Perdagangan, Aksi Jual Picu IHSG Menjauh dari 7.100-an

Pukul 09.13 WIB, IHSG melemah 15,2 poin (0,24%) menjadi 7.094 dan Investor33 melemah menjadi ke 496,1.

EKONOMI | 28 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Cermati KLBF, HRUM, BBCA, UNTR

Peluang untuk rebound (menguat) masih terbuka bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (28/9/2022).

EKONOMI | 28 September 2022

Wah! Harga Emas Rebound dari Level Terendah 2,5 Tahun

Harga emas di pasar spot naik 0,38% pada US$ 1.627.6707 per ons setelah naik lebih 1% menjadi US$ 1.642,29 di awal sesi.

EKONOMI | 28 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Badai Ian Batasi Pasokan

Harga minyak naik dari level terendah 9 bulan sehari sebelumnya, didukung pembatasan pasokan di Teluk Meksiko.

EKONOMI | 28 September 2022

HashMicro Dukung Pemerintah Percepat Transformasi Digital

HashMicro perusahaan penyediaan software perencanaan sumber daya perusahaan bersama pemerintah membangun ekosistem digital Indonesia yang kuat.

EKONOMI | 28 September 2022

NPL KUR Diproyeksi Tidak Lebih 1,5% pada Akhir 2022

Kemenko Perekonomian mencatat kredit bermasalah (NPL) gross kredit usaha mikro (KUR) sampai medio September 2022 terjaga di level 1,03%.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sekaligus, Kejagung Gabung 2 Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs

Sekaligus, Kejagung Gabung 2 Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings