Logo BeritaSatu

Perkuat Bisnis Bauksit, Antam Kejar Kinerja Positif di 2022

Kamis, 22 September 2022 | 16:03 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Tayan, Beritasatu.com - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) atau Antam, anggota MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan, menargetkan kinerja operasi dan keuangan sepanjang 2022 positif. Salah satu caranya memperkuat bisnis bauksit.

Emiten tambang pelat merah ini, fokus memperkuat seluruh lini bisnis inti termasuk komoditas bauksit yang dikelola Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat. Tak tanggung-tanggung, perseroan menargetkan pengembangan pangsa pasar bauksit domestik dan mengoptimalisasi produksi.

Advertisement

General Manager Antam UBP Bauksit Kalimantan Barat Anas Safriatna mengatakan bahwa sampai semester I 2022 segmen bauksit dan alumina telah memberikan kontribusi terhadap penjualan sebesar Rp 889 miliar atau tumbuh 45% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Karena itu, tahun ini perseroan mengincar penjualan produksi sebesar 1,44 juta WMT dengan produksi sebesar 1,80 juta WMT," ujar Anas kepada media, Kamis (22/9/2022).

Untuk memperkuat bisnis komoditas bauksit, Anas menuturkan bahwa Antam akan fokus mengembangkan pasar domestik, di luar memenuhi kebutuhan ekspor. Perseroan juga senantiasa memaksimalkan kegiatan operasi dan berupaya memberikan kontribusi secara positif bagi Negara.

Di samping penjualan secara langsung, Anas menjelaskan, komoditas bauksit yang dihasilkan Antam juga dimanfaatkan anak perusahaan PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) sebagai umpan untuk Pabrik Chemical Grade Alumina (CGA). Selanjutnya, ICA mengelola bijih bauksit untuk menjadi produk alumina yang dijual ke pasar ekspor.

Menurut Anas, saat ini ICA akan terus mengoptimalkan produksi sebagai bagian komitmen hilirisasi. Sebab, produk CGA merupakan bahan baku untuk beragam aplikasi industri manufaktur seperti refractory, bahan kimia dan keramik.

Sebagai informasi, pada enam bulan pertama 2022, tingkat produksi alumina telah mencapai 73.893 ton alumina, tumbuh 157% dari produksi di semester pertama 2021 sebesar 28.710 ton alumina.

Sementara, capaian penjualan alumina pada semester pertama tahun ini mencapai 74.143 ton alumina, tumbuh 21% dibandingkan volume penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 61.241 ton alumina.

Antam bekerja sama dengan beberapa smelter alumina dalam negeri untuk penjualan bijih bauksit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan serapan bauksit di pasar domestik.

Adapun untuk meningkatkan portofolio perseroan, Antam terbuka atas segala kesempatan untuk mengembangkan dan memperluas pasar komoditas inti. Kini perseroan sedang menjajaki berbagai peluang bisnis dari hulu ke hilir di komoditas nikel, emas, dan bauksit.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023

Awali 2023, Kinerja IHSG Kurang Gereget Dibanding Bursa Lain

Kinerja IHSG di BEI sejak awal 2023 atau secara tahun berjalan (year to date/ytd) hingga Jumat (27/1/2023) naik 48,3 poin.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mengintip Prospek Pasar Batu Bara 2023 dan Sahamnya

Prospek pasar baru bara pada 2023 diproyeksi masih cerah mengingat kuatnya permintaan dari Tiongkok dan India.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Hotman Paris Untung Rp 2,7 Miliar Hasil Jual Saham ELIT

Hotman Paris Hutapea menjual saham PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery sehingga mendapat untung alias cuan Rp 2,67 miliar.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Harga Minyak Terkoreksi karena Prospek Pasokan Lebih Kuat

Harga minyak ditutup lebih rendah karena indikasi pasokan minyak Rusia yang kuat mengimbangi data pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bersinar! Harga Emas Bukukan Penguatan Mingguan Keenam

Harga emas bertambah tipis pada perdagangan Jumat (27/1/2023), tetapi kenaikannya dibatasi penguatan dolar.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bursa AS Menghijau, Nasdaq Catat Kenaikan Mingguan Keempat

Bursa AS Wall Street termasuk Nasdaq naik dan secara mingguan positif yang dipicu pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE