Logo BeritaSatu

Jual Channel Telegram ke Bjorka Tak Langgar Hukum, tetapi..

Kamis, 22 September 2022 | 18:42 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mengatakan, tindakan MAH (21), pemuda asal Madiun, Jawa Timur, yang menjual channel Telegram-nya yang bernama @Bjorkanism ke Bjorka seharga US$ 100 sebetulnya tidak melanggar hukum, termasuk Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Karena sebetulnya yang dijual adalah channel dan pengikut channel tersebut.

Namun tegas dia, apabila materi yang diunggah MAH di channel Telegram @Bjorkanism sebelum dijual ke Bjorka melanggar hukum, MAH bisa dikatakan ikut menyebarkan informasi melanggar hukum. Fickar menilai alasan kedua inilah yang menjadi dasar pihak kepolisian menetapkan MAH sebagai tersangka.

“Sepanjang materinya atau isinya bukan materi-materi yang melanggar hukum, bukan materi kejahatan, sebetulnya tidak ada masalah jual beli channel itu. Yang jadi soal mungkin informasi yang disampaikan di channel Telegram berisi informasi yang melanggar hukum, atau misalnya yang dijual itu menyangkut rahasia negara. Kalau seperti itu, baik yang jual maupun yang beli bisa kena (pidana),” kata Abdul Fickar Hadjar kepada Beritasatu.com, Kamis (22/9/2022).

Bila kemudian MAH disebut-sebut sebagai kaki tangan Bjorka, Fickar mengatakan hal ini juga tergantung dari materi yang diunggah di channel Telegram oleh MAH. Bisa juga dikatakan bukan kaki tangan Bjorka bila akun tersebut sudah dikendalikan penuh oleh Bjorka sendiri setelah dijual.

“Kalau mengutip lagi data-data yang dibocorkan Bjorka, kan belum tentu kaki tangan. Banyak yang juga melakukan itu. Tetapi kalau akun Telegram ini setiap kali Bjorka mengeluarkan data baru atau pernyataan baru, dia selalu menyebarluaskan, artinya ya memang dia bagian dari Bjorka. Jadi walaupun akunnya terpisah, tetapi tiap hari menyebarkan informasi dari Bjorka, dia harus dianggap sama-sama melakukan kejahatan kalau memang informasi yang disebarkan itu dilarang,” kata Fickar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: <em>Shadow Team</em> Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings