Logo BeritaSatu

Hanya 2,3% Startup Dipimpin Perempuan dapat Pendanaan

Kamis, 22 September 2022 | 19:57 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menegaskan pentingnya memberikan dukungan bagi para perempuan yang menjalankan usaha, termasuk dukungan akses permodalan. Pasalnya selama ini banyak startup yang dipimpin perempuan yang masih kesulitan mendapatkan pendanaan.

“Lebih dari 64% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan dengan proyeksi kontribusi senilai US$ 135 miliar pada tahun 2025. Sangat besar, namun masih banyak tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha perempuan, khususnya dari akses permodalan. Hanya 2,3% startup yang dipimpin oleh perempuan yang mendapatkan pendanaan,” kata Angela Tanoesoedibjo dalam acara kick off program Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan, di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Karenanya, ia menilai program AKSI Perempuan yang digagas brand aggregator Tjufoo berkolaborasi dengan platform community Stellar Women sudah tepat untuk memberi peluang inkubasi bagi bisnis-bisnis yang dirintis perempuan Indonesia.

“Sudah tepat sekali langkah program AKSI Perempuan pada hari ini, yang menunjukkan keberpihakan terhadap perempuan dengan peningkatan kapasitas dan kualitas. Hal ini sangatlah diperlukan, terutama dalam mempersiapkan pelaku usaha menghadapi era digitalisasi yang semakin terakselerasi oleh pandemi Covid-19,” kata Angela.

Sementara itu, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah juga menekankan pentingnya menciptakan wirausaha-wirausaha baru yang inovatif dan berkelanjutan yang pada akhirnya dapat membuka lapangan kerja. Apalagi dari 64,2 juta UMKM, sekitar 99% adalah pengusaha mikro yang memberikan kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 61,07%, terhadap investasi sebesar 60,4%, dan terhadap ekspor sebesar 14,3%.

"Untuk itu AKSI perempuan diharapkan dapat membangun motivasi wirausaha perempuan, berupa aksi untuk berinovasi, berkreativitas, serta berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya. Sehingga, tentunya diharapkan para pengusaha wanita ini mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional," tutur Siti dalam sambutannya.

Sebagai informasi, AKSI Perempuan menyasar para womenpreneur untuk memimpin bisnis mereka ke level selanjutnya. Tahap pertama program inkubasi bisnis AKSI Perempuan dimulai dengan kegiatan bootcamp yang diselenggarakan pada 1-2 Oktober 2022 untuk seluruh bisnis yang mendaftar. Tjufoo dan Stellar Women menargetkan 5.000 womenpreneur dapat bergabung dalam AKSI Perempuan dan mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. Selanjutnya, 10 bisnis dengan potensi terbaik akan mendapat panduan lebih komprehensif selama proses inkubasi serta kesempatan pendanaan dengan total miliaran rupiah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pegadaian Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Transaksi Digital

PT Pegadaian ( Persero) Kanwil VIII Jakarta 1 fokus mendorong UMKM naik kelas lewat transaksi digital.

EKONOMI | 26 September 2022

PHK Karyawan, Beban Pesangon Indosat Melonjak 148%

Indosat mencatatkan kenaikan beban karyawan hingga 68,29% sepanjang Januari-Juni 2022 menjadi Rp 1,75 triliun dibanding tahun lalu Rp 1,04 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Berpeluang Melemah Pekan Ini Imbas The Fed dan Inflasi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini diperkirakan kembali mengalami pelemahan pada rentang 7.150 – 7.215.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Bakal Menguat, Ini Rekomendasi Saham Artha Sekuritas

IHSG hari ini diperkirakan akan diperdagangkan pada resistance 7.205-7.235 dan support 7.141-7.158. Cermati WIIM hingga TBIG.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Diperkirakan Sideways, Perhatikan Saham-saham Energi

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG sideway di kisaran 7.130-7.230. Perhatikan saham-saham energi, salah satunya INDY.

EKONOMI | 26 September 2022

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings