Logo BeritaSatu

Hemat BBM, Grab Operasikan 8.500 Kendaraan Listrik

Jumat, 23 September 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Grab terus menghadirkan kendaraan listrik sebagai armadanya. Hadir di Indonesia sejak 2019, GrabElectric memperkuat posisi Grab sebagai pelopor dan operator transportasi kendaraan listrik terbesar di Indonesia.

Strategy & Special Project Director Grab Indonesia Rivana Mezaya menyampaikan, GrabElectric merupakan bagian dari komitmen #LangkahHijau yang mencakup kendaraan listrik (langkah kurangi emisi), carbon offsetting (langkah menanam pohon), dan recycle dengan GrabExpress (langkah daur ulang).

“Saat ini terdapat 8.500 unit kendaraan listrik roda dua dan roda empat yang beroperasi dengan tampilan baru kendaraan listrik GrabElectric di 8 provinsi di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali,” kata Rivana Mezaya kepada Beritasatu.com, Jumat (23/9/2022).

Rivana menyampaikan, pada periode 2020-2021, Grab melalui kendaraan listriknya telah berhasil mengurangi emisi CO2 sebesar lebih dari 5.000 ton yang setara dengan mengurangi pemakaian lebih dari 2 juta liter BBM. Hal ini menunjukkan karena kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan yang semakin tinggi.

GrabElectric juga semakin menjadi pilihan transportasi konsumen. Saat ini, 100% kendaraan sewaan roda dua Grab juga merupakan kendaraan rendah emisi, yang mana satu motor listrik dapat mengurangi penggunaan BBM hingga 4 liter per harinya.

“Inisiatif ini selaras dengan target yang telah kami tetapkan di awal tahun ini untuk mencapai netral karbon pada tahun 2040 mendatang,” kata Rivana.

Khusus untuk kendaraan listrik roda empat GrabElectric, saat ini telah tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terminal 3. Penyediaan armada mobil listrik ini merupakan langkah konkret Grab untuk mendukung inisiatif pemerintah guna menghadirkan 2 juta kendaraan listrik berbasis baterai pada tahun 2025.

Rivana menambahkan, Grab percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci untuk mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Grab telah mempelopori ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai terintegrasi di Indonesia melalui kolaborasi dengan pemerintah serta kemitraan strategis dengan pelaku industri swasta dan BUMN.

Upaya Grab sejalan dengan dukungan perusahaan terhadap penerapan dari peta jalan transformasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang disusun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Grab akan fokus untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di tanah air sebagai upaya mendukung pelestarian lingkungan hidup. Grab juga mendukung pemerintah dalam mencapai agenda transisi energi dalam Presidensi G-20 Indonesia, target pengurangan 41% jejak karbon pada tahun 2030, target percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan target Net Zero Emission di tahun 2060,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Aset Kripto Ceria Pekan lalu, ke Depan Investor Waspadai Ini

Secara keseluruhan pasar aset kripto relatif tenang dan berbagai bursa kripto di seluruh dunia termasuk Indonesia menunjukkan transparansi.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bukan Hajar, Eliezer Tegaskan Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J

Bukan Hajar, Eliezer Tegaskan Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE