Logo BeritaSatu

Harga Minyak Turun 3% karena Investor Khawatir Resesi

Sabtu, 24 September 2022 | 06:22 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Chicago, Beritasatu.com - Harga minyak anjlok sekitar 5% ke level terendah 8 bulan pada Jumat (23/9/2022) karena dolar AS mencapai level terkuatnya dalam lebih 2 dekade. Investor juga mencermati kekhawatiran kenaikan suku bunga yang berpotensi mendorong ekonomi negara dunia ke jurang resesi global, sehingga memangkas permintaan minyak.

Harga minyak brent berjangka turun US$ 4, atau 4,4%, menjadi US$ 86,46 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun US$ 4,45, atau 5,3%, menjadi US$ 79,10.

Itu menempatkan kedua acuan harga minyak ke wilayah oversold (jenuh jual) secara teknis. Harga minyak WTI di jalur penutupan terendah sejak 10 Januari dan Brent terendah sejak 13 Januari.

Harga minyak mencatat penurunan mingguan keempat berturut-turut, pertama kali sejak Desember 2021.

Sementara Federal Reserve AS (The Fed) menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada Rabu (21/9/2022). Selain itu, bank-bank sentral di dunia juga mengerek suku bunga sehingga meningkatkan risiko perlambatan ekonomi.

Adapun dolar AS mencatat penutupan tertinggi terhadap mata uang lainnya sejak Mei 2002. Penguatan dolar mengurangi permintaan minyak karena membuat bahan bakar lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

"Dolar meledak sehingga menekan komoditas berdenominasi dolar seperti minyak dan meningkatnya kekhawatiran resesi global karena bank sentral menaikkan suku bunga," kata analis Again Capital LLC John Kilduff, di New York.

Sementara survei menunjukkan, penurunan aktivitas bisnis zona euro September semakin dalam menunjukkan resesi semakin nyata.

Indeks utama Wall Street turun lebih 2% pada Jumat karena investor khawatir kebijakan hawkish Federal Reserve AS untuk memadamkan inflasi dapat memicu resesi dan mengurangi pendapatan perusahaan.

Adapun Rusia meluncurkan referendum yang bertujuan mencaplok empat wilayah yang diduduki Ukraina.

Sementara seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan upaya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 telah terhenti karena Teheran bersikeras menutup penyelidikan pengawas nuklir AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

APLN Catat Penjualan Hunian di Jaktim Tembus 90 Persen

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) optimistis industri properti akan tetap tumbuh positif tahun depan.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Lulusan D-1 Kemenperin Dapat Langsung Kerja di Industri

Kemenperin berupaya memperkecil gap kompetensi antara dunia industri dengan pendidikan dengan menyelenggarakan Program Diploma 1.

EKONOMI | 10 Desember 2022

GoTo Financial Menang Dua Penghargaan dariThe Asian Banker

GoTo Financial (GTF), bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil memenangkan 2 penghargaan dari the Asian Banker.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Emiten BEI Bertambah 4, IHSG Anjlok 4% dalam Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebesar 4,34% menjadi berada di posisi 6.715,118 dari 7.019,639 pada pekan yang lalu.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Sepekan Perdagangan Wall Street, Indeks-indeks Acuan Rontok

Wall Street berakhir lebih rendah pada hari Jumat, dengan semua indeks acuan utama membukukan kerugian untuk minggu ini.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Kalahkan Argentina, Indonesia Maju ke Final eFootball Kejuaraan Dunia Esports

Atlet eFootball Indonesia berhasil tundukkan Argentina 2-1 dalam pertandingan eFootball yang seru di Kejuaraan Dunia Esports.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Bank Indonesia Catat Capital Outflow 2 Kali Lipat dari Inflow

Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk (capital inflow) ke pasar keuangan Indonesia sebesar Rp 1,77 triliun di pekan kedua Desember 2022.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE