Logo BeritaSatu

BUMN Startup Day, Ajang Sinergi BUMN dan Ekosistem Startup

Sabtu, 24 September 2022 | 12:02 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi, BUMN Startup Day 2022 hadir sebagai inisiatif Kementerian BUMN untuk mempertemukan dan menguatkan sinergi antara BUMN di berbagai sektor dengan startup yang dikenal gesit dan jeli memanfaatkan perkembangan teknologi di Indonesia Covention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 26-28 September 2022. Dengan sinergi ini diharapkan tercipta akselerasi pemulihan ekonomi nasional yang didorong geliat ekonomi digital dan startup sebagai salah satu aktor penting.

"BUMN tidak boleh menjadi dinosaurus. Untuk itu, beberapa langkah strategis telah dilakukan, seperti memperkuat pembangunan infrastruktur Indonesia dengan data cloud, jaringan 5G, dan lainnya yang diharapkan menjadi agregator bagi produk-produk lokal Indonesia. Lewat BUMN Startup Day saya berharap kita berkolaborasi, kita ingin BUMN makin berperan dalam ekosistem ekonomi digital,” kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam peluncuran BUMN Startup Day 2022 di kantor Kementerian BUMN, beberapa waktu lalu seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Sabtu (24/9/2022).

BUMN Startup Day 2022 terdiri dari pameran startup yang berada di early dan growth stage, diskusi panel dengan pembicara dari dalam dan luar negeri, rapid mentoring dengan pemimpin startup yang sudah berhasil, business matching untuk menjajaki peluang bisnis antara startup dan BUMN, serta investor pitching untuk membuka peluang para startup mendapat pendanaan dari corporate venture capital (CVC) di bawah BUMN.

Program ini dinilai penting bagi para founders, startup enthusiasts, mahasiswa, dan komunitas untuk menjajaki peluang bisnis, menambah pengetahuan, dan memperluas network. Acara ini juga akan dipamerkan kiprah 150 startup yang menjadi portofolio dari lima CVC BUMN.

Program ini merupakan kelanjutan inisiatif Kementerian BUMN untuk merespons pertumbuhan ekonomi digital. Kementerian telah membentuk lima CVC di bawah BUMN, yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI), BNI Ventures, BRI Ventures, MDI Ventures (di bawah Telkom), dan Telkomsel Mitra Investasi (TMI). Setelah itu telah digelar sejumlah workshop, investor pitching, dan program lainnya. Saat ini kelima CVC BUMN tersebut telah berinvestasi di total 136 startup.

Erick menambahkan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan tumbuh hingga Rp 4.818 triliun pada 2030. Saat ini Indonesia menempati urutan kelima dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia dengan mencetak 2.346 startup. Dalam lanskap ekonomi digital itulah startup berperan penting, mulai menyediakan solusi digital terhadap kebutuhan sehari-hari, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mendorong pencapaian dan daya saing teknologi Indonesia.

Diskusi panel di program 2 hari ini akan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, seperti Patrick Walujo (Co-founder & Managing Partner Northstar Pacific), Wilson Cuaca (Co-founder & Managing Partner East Ventures), Jessica Tanoesoedibjo (Managing Director Motion Technology), Abheek Anand (Managing Director Sequoia Southeast Asia), Tito Costa (partner di Global Founders Capital - GFC), dan masih banyak lagi.

Acara 2 hari ini ditujukan bagi startup yang sudah masuk fase early dan growth karena pada fase ini startup membutuhkan dukungan tidak hanya investasi, melainkan kemampuan manajerial untuk menjaga momentum yang tercipta dari fase-fase pertumbuhan sebelumnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sepekan, IHSG Turun dan Kapitalisasi Naik Jadi Rp 9.512 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) turun 0,48% menjadi 7.019,639 dari 7.053,150 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

2022 Saham Energi Meroket 87%, Teknologi Nyungsep 36%

Saham energi sejak awal tahun hingga 2 Desember 2022 (year to date/ytd) melonjak 87,3%. Di belakang sektor energi adalah sektor perindustrian.

EKONOMI | 3 Desember 2022

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 17 triliun

 Perusahaan pengelola bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya atau bioskop XXI Cineplex berencana menjadi perusahaan terbuka.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Pertamina Uji Coba Pembatasan Solar Subsidi di 11 Wilayah

Mulai 1 Desember 2022 Pertamina lakukan uji coba penggunaan kode QR untuk pembelian bahan bakar solar subsidi di beberapa wilayah.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga Minyak Ambruk Jelang Pemangkasan Produksi OPEC+

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari merosot US$ 1,31 atau 1,5% menjadi US$ 85,57 per barel.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Depay Buka Keunggulan Belanda di Menit 10

Depay Buka Keunggulan Belanda di Menit 10

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE