Logo BeritaSatu

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Sabtu, 24 September 2022 | 16:46 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pengelolaan sampah masih menjadi persoalan besar di Indonesia. Diketahui, jumlah sampah secara nasional mencapai 23-48 juta ton per tahun

Jumlah tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga sebesar 41,01%, sektor perniagaan sebesar 19,48%, dan pasar sebesar 16,04%.

Sedangkan untuk komposisi sampah berdasarkan jenis, terdiri atas sampah organik sebesar 41,92%, nonorganik 50,5%, dan lainnya sebesar 7,58%.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Yulius MA mengungkapkan, berdasarkan data yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU), Indonesia merupakan penghasil limbah sampah tertinggi kedua di dunia, yaitu 300 kilogram per orang per tahun.

"Sampah dapat dikatakan sebagai masalah kultural karena berdampak pada berbagai dimensi kehidupan. Sebanyak 40,5% dari total sampah adalah sampah sisa makanan dengan sumber terbesar berasal dari sampah rumah tangga. Lalu, 62% limbah makanan terbanyak merupakan sayuran karena lebih mudah rusak dan membusuk,” kata Yulis dalam webinar yang digelar Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), Sabtu (24/9/2022).

Menurut Yulis, perlu sinergisitas dan kolaborasi dalam pengolahan sampah secara terpadu. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Dalam hal ini, Kemenkop UKM memiliki peran dalam kegiatan pemanfaatan kembali sampah rumah tangga (SRT) dan sampah sejenis sampah rumah tangga (SSRT), peningkatan kapasitas kepemimpinan kelembagaan dan SDM melalui advokasi pengurangan SRT dan SSRT, hingga pelaksanaan training of trainer melalui kegiatan daur ulang SRT dan SSRT.

"Saat ini, Kemenkop UKM terus mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah. Upaya yang kami lakukan antara lain penciptaan ekonomi sirkular bagi kelompok masyarakat dengan mendorong kemitraan antara bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS), mendorong pelembagaan bank sampah menjadi koperasi, serta mengurangi food loss terutama pada saat panen raya dengan memastikan terserapnya produk pertanian melalui agregator koperasi,” kata Yulius.

Sementara itu, berdasarkan laporan Food Loss and Waste (FLW) di Indonesia yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bekerja sama dengan World Resources Institute dan Waste for Change, timbunan FLW di Indonesia pada 2000-2019 mencapai 23-48 juta ton per tahun.

Kehilangan ekonomi dari FLW 2000-2019 sebesar Rp 213 triliun sampai Rp 551 triliun, atau setara dengan 4%-5% produk domestik bruto (PDB) Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Inflasi dan Fed Mulai Dovish Katalis Positif IHSG Pekan Ini

the Fed yang diperkirakan mulai dovish ke depannya, diyakini menjadi katalis positif bagi IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI).

EKONOMI | 28 November 2022

Harga SUN Menguat Terbatas karena Fed Rate Melandai

Harga SUN akan menguat karena melemahnya sentimen Fed rate hike dan sentimen positif net buy asing pada pekan lalu yang mencapai Rp 11 triliun.

EKONOMI | 28 November 2022

Hingga Oktober, Penerbitan Obligasi Naik 28% Jadi Rp 144,9 T

Meningkatnya penerbitan obligasi korporasi sejalan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan impresif.

EKONOMI | 28 November 2022

Meski Oktober APBN Defisit, Konsolidasi Fiskal On Track

Defisit APBN Oktober 2022 sebesar 0,91% terhadap PDB atau setara Rp 169,5 triliun masih sehat dan kredibel.

EKONOMI | 28 November 2022

AAJI Proyeksikan Asuransi Jiwa Tumbuh Lebih Hati-hati

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memperkirakan perusahaan asuransi jiwa bakal mencatatkan pertumbuhan bisnis di tahun 2023.

EKONOMI | 28 November 2022

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE