Logo BeritaSatu

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Minggu, 25 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

New York, Beritasatu.com - Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

Konglomerat media berkulit hitam Byron Allen dari Allen Media Group menuduh McDonalds tidak memasang iklan di media-media yang dimiliki warga kulit hitam.

Allen mengatakan dalam siaran pers (20/9/2022) bahwa hanya sebagian kecil -sekitar $ 5 juta dari anggaran iklan tahunan McDonald's sebesar $ 1,6 miliar- masuk ke media milik kulit hitam dan bahwa perusahaan telah "menolak untuk beriklan" di jaringan medianya, yang meliputi Weather Channel dan Comedy.TV.

Dia juga menuduh McDonald's memiliki anggaran iklan lebih kecil untuk jaringan TV kulit hitam sehingga kehilangan potensi pendapatan iklan jutaan dolar.

“McDonald's mengambil miliaran dari konsumen Afrika-Amerika dan hampir tidak memberikan apa pun. Defisit perdagangan terbesar di Amerika adalah defisit perdagangan antara perusahaan kulit putih Amerika dan kulit hitam Amerika, dan McDonald's bersalah karena melanggengkan perbedaan ini,” kata Allen.

Sebagai tanggapan, pengacara McDonald's Loretta Lynch, yang merupakan jaksa agung AS selama pemerintahan Obama, mengatakan bahwa bukti akan menunjukkan bahwa perusahaan tidak melakukan diskriminasi dan bahwa klaim Allen "tidak berdasar. Menurut Lynch, keputusan McDonald's untuk tidak memasang iklan di Allen Media Group adalah murni karena bisnis, bukan warna kulit.

Kasus ini akan disidangkan pada Mei 2023.

McDonald's (MCD) mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan menambah belanja iklan di perusahaan milik kulit hitam dari 2% menjadi 5% pada tahun 2024. Perusahaan memiliki sejarah bermasalah dengan tuntutan hukum yang melibatkan ras, termasuk pada tahun 2021, ketika menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh seorang pemilik waralaba kulit hitam yang menuduh McDonald's mengarahkannya ke restoran yang kurang menguntungkan di lingkungan berpenghasilan rendah, yang didominasi kulit hitam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Indef: Tahun Politik Berpotensi Ganggu Stabilitas Ekonomi

Tauhid memperingatkan tahun politik dan gejolak global di tahun depan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi dalam negeri.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: Papan Ekonomi Baru Setara dengan Papan Utama

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan papan ekonomi baru yang setara dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE