Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Minggu, 25 September 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB
Restoran McDonald''s

New York, Beritasatu.com - Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

Konglomerat media berkulit hitam Byron Allen dari Allen Media Group menuduh McDonalds tidak memasang iklan di media-media yang dimiliki warga kulit hitam.

Allen mengatakan dalam siaran pers (20/9/2022) bahwa hanya sebagian kecil -sekitar $ 5 juta dari anggaran iklan tahunan McDonald's sebesar $ 1,6 miliar- masuk ke media milik kulit hitam dan bahwa perusahaan telah "menolak untuk beriklan" di jaringan medianya, yang meliputi Weather Channel dan Comedy.TV.

Dia juga menuduh McDonald's memiliki anggaran iklan lebih kecil untuk jaringan TV kulit hitam sehingga kehilangan potensi pendapatan iklan jutaan dolar.

“McDonald's mengambil miliaran dari konsumen Afrika-Amerika dan hampir tidak memberikan apa pun. Defisit perdagangan terbesar di Amerika adalah defisit perdagangan antara perusahaan kulit putih Amerika dan kulit hitam Amerika, dan McDonald's bersalah karena melanggengkan perbedaan ini,” kata Allen.

Sebagai tanggapan, pengacara McDonald's Loretta Lynch, yang merupakan jaksa agung AS selama pemerintahan Obama, mengatakan bahwa bukti akan menunjukkan bahwa perusahaan tidak melakukan diskriminasi dan bahwa klaim Allen "tidak berdasar. Menurut Lynch, keputusan McDonald's untuk tidak memasang iklan di Allen Media Group adalah murni karena bisnis, bukan warna kulit.

Kasus ini akan disidangkan pada Mei 2023.

McDonald's (MCD) mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan menambah belanja iklan di perusahaan milik kulit hitam dari 2% menjadi 5% pada tahun 2024. Perusahaan memiliki sejarah bermasalah dengan tuntutan hukum yang melibatkan ras, termasuk pada tahun 2021, ketika menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh seorang pemilik waralaba kulit hitam yang menuduh McDonald's mengarahkannya ke restoran yang kurang menguntungkan di lingkungan berpenghasilan rendah, yang didominasi kulit hitam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI