Logo BeritaSatu

Modal Ventura di Bawah BUMN Sudah Investasi di 336 Startup

Senin, 26 September 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk merespons pertumbuhan ekonomi digital, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membentuk venture capital di bawah BUMN. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, lima venture capital di bawah BUMN yang telah dibentuk yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI), BNI Ventures, BRI Ventures, MDI Ventures (di bawah Telkom), dan Telkomsel Mitra Investasi (TMI). Venture capitals tersebut saat ini juga telah berinvestasi di banyak perusahaan rintisan atau startup.

“Sejak awal, BUMN sudah punya venture-venture capital. Ada Mandiri Capital, BRI Ventures, lalu ada Telkom, Telkomsel, dan yang terakhir BNI juga saya minta untuk membuat venture capital. Dan venture capital yang ada di BUMN sudah berinvestasi kepada 336 startup yang memang kalau dilihat hari ini banyak juga yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn,” kata Erick Thohir dalam acara pembukaan BUMN Startup Day, Senin (26/9/2022).

Adapun startup-startup yang telah menerima dana dari BUMN antara lain: Mekari, Cashlez, Yokke, Privyid, Pten, DAM, Moka, Investree, LinkAja, Crowde, Halofina, RUN System, Kredivo, SiCepat Ekspres, Amartha, KoinWorks, TaniHub, Alodokter, dll.

Erick menambahkan, saat ini juga telah hadir Merah Putih Fund untuk memberikan dukungan penuh pada startup yang pendirinya orang Indonesia dan beroperasi di Indonesia.

“Ketika startup ini ke growth stage atau masa pengembangan yang valuasinya sudah cukup besar, itu biasanya kita tidak hadir. Karena itu, Merah Putih Fund kita hadirkan, kita masuk ke investasi di situ, tetapi dengan catatan founder-nya orang Indonesia, perusahaan harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia, dan tentunya diprioritaskan untuk go public di Indonesia,” kata Erick.

Melalui BUMN Startup Day, lanjut Erick, BUMN juga didorong untuk mulai dekat kepada para startup. Ia juga meminta para BUMN untuk tidak langsung berinvestasi, tetapi harus ada pendampingan dengan para venture capital yang ada di BUMN.

“Kita tidak mau para direksi BUMN yang tidak punya pengalaman di industri digital ini, langsung berinvestasi tanpa ada pendampingan. Karena kita coba jaga supaya ini ada keberlanjutan,” kata Erick.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna <em>Earphone</em>

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE