Logo BeritaSatu
BUMN Startup Day

Dukung Ekonomi Digital, BUMN Perkuat Sinergi dengan Startup

Senin, 26 September 2022 | 11:17 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian BUMN resmi membuka BUMN Startup Day di ICE BSD, Tangerang, pada Senin (26/9/2022).

Acara yang berlangsung hingga Rabu (28/9) ini digelar dalam rangka memperkuat kolaborasi antara BUMN dan startup yang terkurasi dalam tahap scale-up dan growth.

"BUMN Startup Day mendorong para BUMN agar mulai dekat dengan para startup. Kita minta kepada para BUMN tidak langsung berinvestasi, tetapi harus ada pendampingan dari para venture capital yang ada di BUMN. Kita tidak mau para tentu direksi BUMN yang tidak punya pengalaman di industri digital ini langsung berinvestasi tanpa ada pendampingan," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick, BUMN Startup Day 2022 menghadirkan 150 exhibitor, 250 startup yang sudah disesuaikan dengan 12 klaster yang ada di BUMN. Kemudian, ada 22 BUMN yang berusaha melihat potensi business matching, serta lima venture capital yang siap mendampingi. BUMN Startup Day 2022 juga diikuti oleh sekitar 5.000 pengunjung.

"Inti dari BUMN Startup Day ada lima. Ada business matching, investor pitching, rapid mentoring startup, conference, serta exhibition. Mohon dukungan Bapak Jokowi dan pemerintah agar ini bisa menjadi gelombang besar untuk kemajuan digital Indonesia sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi masa depan," jelas Erick.

Diketahui, sejumlah BUMN telah membentuk venture capital atau modal ventura. Menurut Erick, venture capital BUMN telah berinvestasi pada 336 startup di Indonesia, dan banyak di antaranya akan atau sudah menjadi unicorn.

"Sejak awal, BUMN sudah memiliki venture capital. Ada Mandiri Capital, BRI Ventures, ada Telkom, ada Telkomsel. Terakhir, BNI sudah saya minta untuk membuat venture capital. Venture capital BUMN ini sudah berinvestasi di 336 startup. Kalau dilihat hari ini, sudah banyak yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn," ungkap Erick Thohir.

Pemerintah juga telah meluncurkan Merah Putih Fund berupa program pendanaan untuk startup yang sudah memasuki growth stage. Tetapi, startup yang bersangkutan harus beroperasi di Indonesia, didirikan oleh orang Indonesia, membayar pajak di Indonesia. Serta diprioritaskan untuk go public di Indonesia.

Ada juga Indonesia Digital Tribe, program untuk mencetak talenta digital yang telah diikuti oleh sekitar 19.000 peserta.

Erick mengatakan ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, mencapai Rp 4.500 triliun pada tahun 2030. Di saat yang sama, Indonesia juga memiliki populasi generasi muda yang besar. Sebanyak 54% populasi Indonesia berusia di bawah 35 tahun.

"Artinya, Indonesia punya market yang besar dan potensi SDM yang saat bersamaan juga menjadi kesinambungan antara ekonomi digital dan sumber daya manusianya. Ini saya rasa tidak bisa terelakkan lagi kenapa kita harus dorong secara menyeluruh," ujar Erick.

Di kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengingatkan bahwa hingga 80-90 startup gagal saat merintis usaha.

"Karena sekali lagi, tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. Berangkatnya masih dari kebutuhan pasar yang ada. Yang kedua, karena kehabisan dana. Ini nanti fungsinya venture capital, fungsinya BUMN agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini dapat saling sambung, sehingga semuanya terdampingi dengan baik. Bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar dan peluang-peluang yang ada," jelas Jokowi.

Di BUMN Startup Day, sejumlah startup dan BUMN juga melakukan penandatanganan memorandum of understanding dalam rangka memperkuat ekosistem ekonomi digital Indonesia. Adapun kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari workshop pre-event yang telah berlangsung sejak 18 Agustus-14 September 2022. Startup dan BUMN tersebut di antaranya Icon+, Ayoconnect, Bank Mandiri, Koala, Cermati, Telkomsel, PadiUMKM dan masih banyak lagi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022

Puji Erick Thohir, Bahlil: Punya Ciri Pemimpin Masa Depan

"Erick Thohir ini adalah anak muda, wajahnya juga belum keriput. Cocok untuk ciri-ciri yang disampaikan Pak Jokowi sebagai pemimpin masa depan," kata Bahlil.

EKONOMI | 29 November 2022

Menko Luhut Happy, Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

Menko Luhut juga mendorong peningkatan belanja produk dalam negeri oleh pemerintah pusat dan daerah, sebagai bukti keberpihakan terhadap produsen dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Kilang Pertamina Siap Jadi Perusahaan Petrokimia Global

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina berupaya menjadi perusahaan kilang dan petrokimia berskala global.

EKONOMI | 29 November 2022

PTBA Raih Penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating 2022

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih trofi Gold dalam ajang bergengsi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 di Jakarta.

EKONOMI | 28 November 2022

Rupiah Melemah 20 Poin Saat Mata Uang Asia Menguat

Pergerakan mata uang Garuda atau rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona merah.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu Ungkap 4 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Apa Saja?

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah terus berupaya melakukan reformasi struktural untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 29 November 2022

Ekspansi Usaha, Cerestar Rambah Bisnis Bahan Pakan Ternak

PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) mengembangkan perdagangan bahan pakan ternak melalui anak usaha, PT Agristar Grain Industry (AGY).

EKONOMI | 29 November 2022

Isu Resesi, Penyedia Jasa E-Commerce Selektif Gandeng Mitra Strategis

PT Sinergi Digital Pusaka atau Enablr.id, penyedia jasa solusi e-commerce untuk membantu brand berjualan online, berkomitmen meningkatkan produktivitas.

EKONOMI | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Layani Pengungsi Gempa Cianjur, PMI Kerahkan 17 Truk Air Minum

Layani Pengungsi Gempa Cianjur, PMI Kerahkan 17 Truk Air Minum

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE