Logo BeritaSatu

Jaga Ekonomi, Inaplas Bertekad Subtitusi Impor Petrokimia

Senin, 26 September 2022 | 16:44 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia, Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik lndonesia (Inaplas) berupaya melakukan substitusi impor petrokimia yang masih tinggi karena pasokan dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan. Data Inaplas menunjukkan impor produk petrokimia hulu seperti polipropilena (PP), polivinil klorida (PVC), polietilena (PE), dan polistirena (PS) hampir mencapai 6 juta ton. Namun industri dalam negeri hanya mampu memenuhi sekitar 30% dari permintaan domestik.

Ketua Inaplas, Suhat Miyarso mengatakan sebetulnya proyek baru yang ada sekarang ini ditujukan untuk subtitusi impor. Jadi selama proyek itu belum selesai, Indonesia terpaksa harus impor. Pasalnya, pertumbuhan di hilir cukup besar dan belum bisa dipenuhi. "Untuk substitusi impor harus bertahap, karena volumenya masih besar antara 40%-50%, kemudian untuk membangun itu perlu waktu lama sekitar 5 tahun, jadi tetap kita jadikan sebagai pedoman untuk perkembangan industri petrokimia, tetapi tidak bisa instan," kata Suhat dalam keterangan yang diterima Senin (26/9/2022).

Dia mengatakan kebutuhan produk petrokimia dalam negeri perlu segera dipenuhi. Pasalnya jika terus mengandalkan impor, imbasnya harga produk olahan atau produk turunan petrokimia semakin tinggi. "Indonesia tidak bisa selamanya mengandalkan impor, karena akan terus menjadi beban anggaran negara,” ungkap Suhat.

Suhat mengatakan dibangunnya pabrik-pabrik petrokimia memberikan angin segar untuk perkembangan ekonomi dalam negeri. Dengan peningkatan jumlah produksi petrokimia di Indonesia, nilai volume impor produk petrokimia akan menurun. "Industri petrokimia adalah sektor padat karya yang menyerap tenaga kerja banyak. Sebagai gambaran, satu pendirian pabrik petrokimia baru dapat menyerap sekitar 25.000 tenaga kerja, termasuk tenaga kerja ahli. Efek berkesinambungan yang positif ini akan mendorong perekonomian di Indonesia,” kata dia.

Di tempat yang sama, Sekertaris Jenderal Inaplas Fajar Budiono mengatakan substitusi impor berkaitan dengan suplai dan demand. Pengembangan industri petrokimia merupakan suatu awal dari perjalanan panjang. "Pendirian pabrik baru Chandra Asri di Cilegon merupakan salah satu tonggak untuk pengembangan industri petrokimia yang memunculkan harapan bagi industri-industri dalam negeri lainnya. Ke depannya, Indonesia tak perlu lagi bergantung pada produk-produk petrokimia impor. Bahkan suatu saat Indonesia tidak lagi menjadi pasar, tetapi produsen produk petrokimia yang diakui dunia,” paparnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 37 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE