Logo BeritaSatu

PPRE Targetkan Pengolahan Sampah Ciliwung Selesai Akhir 2022

Senin, 26 September 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT PP Presisi Tbk (PPRE) menargetkan pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan air melalui rekayasa sungai pada Kali Ciliwung segmen TB Simatupang selesai secara bertahap pada akhir 2022 dan beroperasi pada Januari 2023.

Direktur Operasi PT PP Presisi Tbk (PPRE), M Darwis Hamzah mengatakan, proyek ini diharapkan menjadi percontohan dalam mengelola saringan sampah badan air yang dapat diterapkan di seluruh badan air sungai di DKI Jakarta maupun di Indonesia. "Dalam proyek ini, PPRE menggunakan teknologi terbaru yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta dengan melalui tahap penyaringan dan pencacahan sampah," kata Darwis dalam keterangan resmi, Senin (26/9/2022).

Dia mengatakan pengolahan sampah tidak hanya mengambil sampah di badan air, tetapi sampah yang telah diambil akan melalui proses pengolahan. "Sampah akan dipilah dan dicacah sehingga sampah akhir yang dibuang merupakan sampah residu," ujar dia.

Dengan portofolio yang dimiliki yang dimiliki perseroan, Darwis mengatakan PPRE berkomitmen menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu dan berkualitas. Proyek ini nantinya diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya DKI Jakarta, sehingga menjadi salah satu upaya pencegahan bencana banjir di Jakarta.

Dalam proses pengerjaan proyek tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza turut meninjau langsung proses pekerjaan tersebut, Anies menyampaikan, saringan sampah ini tidak hanya dapat mengambil sampah di badan air, tetapi juga akan melakukan treatment terlebih dahulu dengan cara mencacah sampah organik untuk diproses menjadi kompos.

"Saringan sampah ini bermanfaat untuk menjaga pompa-pompa pengendalian banjir yang dioperasikan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI agar tidak mengalami efek bendung yang dapat berakibat banjir, seperti Pompa Waduk Pluit, Pompa Ancol, dan Pompa Gambir," ujar Anies.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pembangunan sistem ini telah melalui kajian yang matang dengan konsep perencanaan yang dibahas bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan disepakati dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). "Saringan sampah TB Simatupang ini diperkirakan dapat menampung sekitar 222 m3 per hari. Pembangunannya ditargetkan secara bertahap selesai pada Desember tahun 2022 dan dapat mulai beroperasi pada Januari 2023," paparnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI dan Bio Farma Hadirkan Layanan Business Card di Medbiz

BRI memfasilitasi layanan business card di marketplace obat-obatan Medicine Distribution Business Zone atau Medbiz by Bio Farma.

EKONOMI | 30 November 2022

Telkomsel Dorong Peningkatkan Pengalaman Digital Berteknologi Terkini di Indonesia

Pengujian di Danau Toba menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz bisa jadi solusi percepatan ekonomi digital nasional.

EKONOMI | 30 November 2022

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | 50 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE