Logo BeritaSatu

Aplikator Baja Ringan Ikut Uji Kompetensi Tenaga Konstruksi

Selasa, 27 September 2022 | 13:09 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 123 pekerja bangunan di Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang tergabung dalam Himpunan Usahawan Mikro Kecil Menengah Bangunan Nasional Indonesia (Huni) menjalani pelatihan dan sertifikasi sebagai aplikator baja ringan. Langkah ini guna mendukung kompetensi tenaga kerja konstruksi (TKK) dan sumber daya manusia (SDM) bidang konstruksi. Pelatihan dan sertifikasi tenaga konstruksi ini diadakan Tatalogam Group bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) dan Perumahan Rakyat (PERA) Provinsi Kalimantan Timur belum lama ini.

Kepala Dinas PUPR dan PERA Kalimantan Timur, Aji Muhammad Fitra Firnanda yang diwakili Sekertaris PUPR dan PERA Kaltim, Dadang Irwan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. “UU Nomor 2 Tahun 2017 mewajibkan sertifikasi kompetensi bagi seluruh tenaga konstruksi. Sertifikasi itu harus dilakukan melalui uji kompetensi sesuai standar kompetensi kerja,” kaat Dadang saat membuka pelatihan dan sertifikasi aplikator baja ringan di Samarinda, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Selasa (27/9/2022) .

Dia mengatakan setiap pekerja konstruksi harus dilengkapi keterampilan khusus yang ditandai sertifikat sesuai kompetensi kerjanya masing-masing. Selain dapat meningkatkan kompetensi, hal ini meningkatkan daya saing pekerja.

Di kesempatan yang sama, Ketua Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), lembaga pelaksana yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Catus Selo Pratica menjelaskan, sertifikat tenaga kerja konstruksi berlaku selama 5 tahun. “Kalau habis bisa diperpanjang, sertifikat ini berlaku di tingkat nasional maupun internasional," kata dia.

Untuk mendapatkan sertifikat ini kata dia, memakan waktu 14 hari kerja setelah peserta menjalani ujian tertulis, observasi dan ujian praktek berkelompok.

Sementara Vice Presiden Tatalogam Lestari, Stephanus Koeswandi menjelaskan, perusahaannya mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. "Selain meningkatkan kompetensi pekerja, sertifikasi tenaga kerja konstruksi erat kaitannya dengan kualitas konstruksi yang mereka kerjakan," kata dia.

Dengan menggunakan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat, keamanan bangunan konstruksi menjadi terjamin. "Kejadian gagal konstruksi yang berdampak pada jatuhnya korban jiwa dapat diminimalisir," kata dia.

Serfifikasi tenaga konstruksi juga sejalan dengan rencana pemerintah membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. "Jika pekerja yang dipakai menggunakan tenaga-tenaga lokal yang sudah bersertifikat, dapat meningkatkan perekonomian mereka sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lulusan D-1 Kemenperin Dapat Langsung Kerja di Industri

Kemenperin berupaya memperkecil gap kompetensi antara dunia industri dengan pendidikan dengan menyelenggarakan Program Diploma 1.

EKONOMI | 10 Desember 2022

GoTo Financial Menang Dua Penghargaan dariThe Asian Banker

GoTo Financial (GTF), bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berhasil memenangkan 2 penghargaan dari the Asian Banker.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Emiten BEI Bertambah 4, IHSG Anjlok 4% dalam Sepekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebesar 4,34% menjadi berada di posisi 6.715,118 dari 7.019,639 pada pekan yang lalu.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Sepekan Perdagangan Wall Street, Indeks-indeks Acuan Rontok

Wall Street berakhir lebih rendah pada hari Jumat, dengan semua indeks acuan utama membukukan kerugian untuk minggu ini.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Kalahkan Argentina, Indonesia Maju ke Final eFootball Kejuaraan Dunia Esports

Atlet eFootball Indonesia berhasil tundukkan Argentina 2-1 dalam pertandingan eFootball yang seru di Kejuaraan Dunia Esports.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Bank Indonesia Catat Capital Outflow 2 Kali Lipat dari Inflow

Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk (capital inflow) ke pasar keuangan Indonesia sebesar Rp 1,77 triliun di pekan kedua Desember 2022.

EKONOMI | 10 Desember 2022

Humpuss Internasional Berkomitmen Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim

Kehadiran Humpuss di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting pada kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam penyerapan tenaga kerja.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ganjar Pranowo Proyeksikan KIK Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Investor asing dari 11 negara mendirikan pabriknya di KIK, Ganjar Pranowo pun memproyeksikannya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

EKONOMI | 9 Desember 2022

SF Sekuritas Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) yang merupakan bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital) terus melakukan edukasi pasar modal

EKONOMI | 9 Desember 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Tuntas Matikan Jaringan 3G

Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sudah tuntas mematikan jaringan 3G di Tanah Air.

EKONOMI | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

Kala Jan Ethes Jadi Juru Bicara Dadakan di Midodareni Kaesang dan Erina

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE