Logo BeritaSatu

Barang Sitaan Kasus Asabri dan Jiwasraya Disepakati Jadi PMN

Rabu, 28 September 2022 | 18:20 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) sepakat mengembalikan barang sitaan atau rampasan kasus PT Asabri (Persero) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menjadi penyertaan modal negara (PMN). PMN tersebut akan disalurkan kepada Asabri dan BUMN pengelola eks kewajiban Jiwasraya yakni PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Ketua Banggar DPR Said Abdullah menyampaikan, rapat internal Banggar DPR telah menyepakati menambah poin pada Pasal 40 ayat (6) terkait usulan PMN untuk Asabri dan Jiwasraya yang berasal dari barang sitaan atau rampasan Kejaksaan Agung (Kejagung). Hal ini yang kemudian ditawarkan kepada pihak pemerintah.

"Untuk menjaga kecukupan modal Asabri dan BUMN yang mengelola eks kewajiban Jiwasraya, kepada Asabri dan BUMN yang mengelola eks kewajiban Jiwasraya diberikan PMN yang berasal dari penerimaan hasil sitaan atau rampasan Kejaksaan Agung terkait tindak pidana korupsi Asabri dan Jiwasraya," kata Said, dikutip Rabu (28/9/2022).

Namun demikian, barang sitaan dan rampasan atas kasus Asabri dan Jiwasraya mesti lebih dulu mendapat putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap untuk bisa menjadi PMN. Sehingga penyelamatan aset negara dari Kejagung atas kasus tindak pidana korupsi (tipikor) bisa dikembalikan ke negara. Dalam hal ini, berupa PMN melalui Asabri dan pengelola eks eks Jiwasraya yaitu IFG Life.

Said mengatakan, penambahan PMN ditetapkan lewat Peraturan Pemerintah (PP). Selanjutnya pada Pasal 7, Komisi yang membidangi urusan keuangan negara pada DPR melakukan pendalaman dalam waktu paling lama 60 hari kerja sejak dilakukan permohonan penjadwalan rapat kerja pendalaman oleh pemerintah.

"Dalam hal pendalaman sebagaimana dimaksud di atas, karena satu dan lain hal belum dapat dilakukan, Pemerintah dapat mengambil langkah-langkah PMN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta melaporkan langkah-langkah tersebut dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023. (bagaimana) Pemerintah?" ungkap Said.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pihaknya mewakili pemerintah menyetujui usulan atau rencana tersebut. Pemerintah sebenarnya juga menginginkan nantinya harta yang disita Kejagung dapat kembali lagi ke negara.

"Setuju. Memang kita menginginkan kalau nanti harta atau aset yang disita oleh kejaksaan yang berasal dari, tadinya aset Asabri dan Jiwasraya, kalau sudah ada kekuatan hukum tetap harus kembali lagi. Jadi kami setuju dengan ini," terang Sri Mulyani.

Adapun Hal ini disepakati dalam Rapat Kerja antara (Raker) Banggar DPR tentang Penyampaian Laporan dan Pengesahan Hasil Panja-Panja RUU APBN 2023, Pembacaan Naskah RUU tentang APBN 2023, serta Penandatanganan Naskah RUU APBN 2023.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) menargetkan 65% pemerintah daerah masuk kategori digital pada 2023.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Melesat, Transaksi Digital di RI Diperkirakan Rp 3.424 T

Pemerintah meyakini potensi digitalisasi di Indonesia akan terus meningkat, seiring komitmen untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi di daerah.

EKONOMI | 6 Desember 2022

CIMB Niaga Finance Raih Pinjaman Syariah Rp 700 Miliar

PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) meraih pinjaman sindikasi syariah senilai Rp 700 miliar.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Telkomsel: Penurunan Harga Saham GOTO Masih Wajar

Telkomsel  menanggapi penurunan kinerja saham GOTO adalah suatu hal yang wajar akibat fluktuasi pasar.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Terkapar di Zona 6.800-an, IHSG Melemah 1,39% di Sesi I

Dibuka melemah 51,54 poin (0,74%) di posisi 6.935, IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) sentuh zona 6.800 pada perdagangan sesi I, Selasa (6/12/2022).

EKONOMI | 6 Desember 2022

Bittime Exchange Jelajahi Potensi Pasar Kripto di Indonesia

Kehadiran Bittime di negara dengan populasi terbesar di Asia Tenggara ini menegaskan akan minat dan komitmen terhadap Indonesia.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Pendapatan Hero Supermarket Naik 31% Tembus Rp 3,2 Triliun

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) HERO Group hingga kuartal III 2022 mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 3,23 triliun meningkat 31%.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Besar Pasak daripada Tiang, Ekuitas Wanaartha Life Negatif Rp 10 T

Menurut laporan keuangan 2020, Wanaartha Life ternyata memiliki ekuitas minus Rp 10 triliun sehingga tidak mampu memenuhi rasio solvabilitas.

EKONOMI | 6 Desember 2022

Dunia Gelap, Ekonomi RI Dibayangi Ketidakpastian Jelang Tahun Politik

Indonesia pada tahun depan mulai memasuki tahun politik jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

EKONOMI | 6 Desember 2022

East Ventures: Krisis Justru Melahirkan Startup-startup Hebat

East Ventures masih optimistis ekonomi digital Indonesia di 2023 akan terus tumbuh positif di tengah krisis ekonomi yang menantang.

EKONOMI | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE