Logo BeritaSatu

Jubir BUMN Tegaskan PMN untuk Penugasan Bukan Tutup Kerugian

Kamis, 29 September 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan-perusahaan BUMN resmi mendapatkan persetujuan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 41,31 triliun pada Tahun Anggaran (TA) 2023. Juru bicara Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan PMN tersebut untuk penugasan, bukan menutup kerugian.

"PMN itu dikucurkan seolah-olah BUMN rugi. Padahal, PMN itu diberikan kalau berurusan dengan penugasan atau aksi korporasi berupa pengembangan usaha," ucap Arya di acara Ngobrol Pagi (Ngopi) seputar BUMN, di Kementerian BUMN, Kamis (29/9/2022).

Arya menambahkan, BUMN mendapatkan penugasan karena perusahaan pelat merah berperan untuk membuka market baru atau ruang-ruang di mana para pemain swasta belum masuk. Artinya, ketika market belum terbangun, maka BUMN harus masuk. Pada konteks itulah, pemilik modal kemudian memberikan penugasan kepada BUMN.

Selain itu, seperti umumnya perusahaan, BUMN juga jika ingin mengembangkan usaha tentu akan membutuhkan dana. Jika BUMN itu terbuka, maka peningkatan dana dieksekusi melalui right issue atau IPO. Sedangkan jika tertutup dilaksanakan lewat penambahan saham. Dengan demikian, Arya menuturkan tugas BUMN itu di samping aksi korporasi, juga penugasan.

"Jadi, kalau dibilang PMN untuk BUMN rugi itu nggak ada. Ini semua penugasan. Kalau kami nggak ditugaskan, kami juga nggak perlu PMN," tegas Arya.

Lagi pula, kata dia, jika BUMN tidak masuk, siapa yang akan masuk? Kalau BUMN tidak masuk maka sebuah daerah juga tidak akan berkembang. "Karena itu, pemilik modal memberikan kepada BUMN untuk melakukan penugasan-penugasan tersebut yang tidak mungkin dikerjakan swasta," kata dia.

Selama 3 tahun terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir telah gencar melakukan transformasi dan hasilnya tercermin dari kontribusi BUMN kepada negara sebesar Rp 1.200 triliun dalam bentuk pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dan dividen.

Adapun PMN yang akan diterima perusahaan BUMN pada tahun ini dari TA 2023 total mencapai Rp 41,31 triliun yang terdiri dari PT Hutama Karya (Persero) (HK) sebesar Rp 28,9 triliun, PT PLN (Persero) sebesar Rp 10 triliun, Defend ID sebesar Rp 1,7 triliun, dan Airnav sebesar Rp 0,66 triliun.

Arya menjabarkan PMN kepada HK akan digunakan untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan merupakan penugasan. Sementara PMN PT PLN akan dimanfaatkan untuk penugasan jaringan listrik desa, PMN Defend ID untuk memperkuat fasilitas radar dan amunisi dalam upaya meningkatkan pertahanan dan keamanan. Sedangkan Airnav untuk memperbarui alat.

Lebih jauh, di samping PMN, BUMN juga memiliki cadangan investasi sebesar Rp 5,7 triliun yang belum dialokasikan karena masih harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan Kementerian Keuangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Berdasarkan analisa teknikal Pilarmas Investindo Sekuritas, IHSG berpotensi rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Yugen: IHSG Berpeluang Rebound, Simak Saham-saham Ini

Yugen Bertumbuh Sekuritas menyebut potensi tekanan mulai menurun. IHSG berpeluang technical rebound pada perdagangan Jumat (9/12/2022).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Wall Street Akhiri Rentetan Koreksi, Investor Masih Cemas

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Kamis (8/12/2022). Investor harap-harap cemas tunggu data inflasi dan pengumuman the Fed.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Ririek: Merger Indihome dan Telkomsel Tingkatkan Efisiensi Induk Usaha

Rencana merger Indihome dan Telkomsel diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perseroan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Mattel: Industri Mainan Tahan Banting Hadapi Gejolak Ekonomi

Mattel menegaskan bahwa industri mainan termasuk industri yang tahan banting terhadap gejolak ekonomi.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir mengatakan potensi pariwisata lokal menjadi sumber pendapatan besar bagi bangsa yang perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 9 Desember 2022

Menkeu Tegaskan KSSK Tidak Boleh Diisi Anggota Parpol

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah tetap teguh menjaga indepedensi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

EKONOMI | 9 Desember 2022

Sektor Komoditas Diproyeksikan Jadi Pendorong Pertumbuhan IHSG 2023

Tahun depan, sektor komoditas diperkirakan kembali moncer berkat perang Rusia dan Ukraina yang memicu kenaikan harga-harga.

EKONOMI | 9 Desember 2022

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 42 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE