Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kemenhub dan Operator Masih Diskusi soal Biaya Aplikasi

Kamis, 29 September 2022 | 16:55 WIB
Oleh : Herman / FER
Aktivitas sejumlah mitra pengemudi ojek online di kawasan Jalan MH Thamrin Jakarta, Minggu, 11 September 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyampaikan, Kemenhub bersama dengan operator transportasi online saat ini masih melakukan diskusi terkait biaya aplikasi sebesar Rp 2.000 yang dikenakan operator kepada konsumen tiap kali melakukan pemesanan perjalanan.

Biaya aplikasi ini membuat tarif yang harus dibayarkan konsumen saat melakukan pemesanan, melebihi biaya jasa minimal di bawah 4 kilometer (km) yang sudah ditentukan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022.

"Hal ini (biaya aplikasi, red) sedang dalam pembahasan. Ini memang masih grey area yang sedang kami mintakan penjelasan kepada pihak aplikator,” kata Adita Irawati saat dikonfirmasi Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Adita menyampaikan, dalam ketentuan yang baru, potongan biaya aplikasi untuk mitra pengemudi juga telah diturunkan dari sebelumnya 20% menjadi maksimal 15%. Adita berharap operator transportasi online dapat mematuhi ketentuan tersebut.

Aktivitas sejumlah mitra pengemudi ojek online di kawasan Jalan MH Thamrin Jakarta, Minggu, 11 September 2022.

Mengenai adanya operator yang masih memungut potongan biaya aplikasi di atas 15%, Adita mengatakan Kemenhub sejauh ini belum menerima laporan resmi.

“Sampai saat ini kami belum dapat aduan resmi. Yang jelas, Kemenhub sudah mengirimkan surat penegasan untuk pemberlakuan biaya maksimal 15% sesuai ketentuan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Online Garda Indonesia Igun Wicaksono berharap biaya penggunaan aplikasi bisa diturunkan menjadi sebesar 10%.

“Ketentuan yang baru kan potongan biaya aplikasi 15%, tetapi operator melakukan pemotonga sampai 20%. Kalau kami berharapnya 10% saja agar tidak membebani penumpang dan pengemudi,” kata Igun Wicaksono.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI