Logo BeritaSatu

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Kamis, 29 September 2022 | 22:28 WIB
Oleh : Amrozi Amenan, Ester Nuky, Totok Subagyo, Tri Murti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 8 tahun kepemimpinannya tergolong gencar membangun infrastruktur di Tanah Air, sebagian besar di luar Pulau Jawa. Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi seperti bandara dan pelabuhan, serta infrastruktur telekomunikasi, energi, hingga pertanian seperti bendungan.

“Apa yang bisa kita lihat dari prestasi pemerintah sekarang adalah pembangunan infrastruktur sangat masif dan merata di beberapa wilayah Indonesia. Jokowi berkomitmen membangun infrastruktur sejak awal kepemimpinannya, dan itu menjadi agenda kebangsaan sejak awal periode kepemimpinannya,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Andira Reoputra di Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Pemerintah juga sudah memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun harus dapat menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, kawasan wisata, serta dapat mendongkrak lapangan kerja baru. Hal ini sudah tertuang dalam pidato pelantikan Presiden Jokowi periode kedua tahun 2019.

Tahun 2022 dan ke depan, pemerintah juga konsisten mendorong pembangunan infrastruktur. “Infrastruktur penting terhadap agenda bangsa ke depan, untuk kemajuan Indonesia. Pemerintah hari ini membawa konsistensi kemajuan di bidang infrastruktur yang sudah sesuai target dalam delapan tahun pemerintahan Presiden Jokowi, yang mampu mempertahankan dan mengembangakan agenda pembangunan infrastruktur,” tandas Andira.

Di sektor telekomunikasi, Pemerintahan Jokowi juga terus berupaya memperluas jangkauan internet hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengungkapkan baru-baru ini, sebagian besar atau 85% dari total desa di Nusantara sudah terjangkau infrastruktur internet. “Di Indonesia ada 83.218 desa atau kelurahan. Masih ada 12.548 desa/kelurahan yang belum ada infrastruktur 4G,” paparnya.

Dengan melihat hasil dari realisasi dan target infrastruktur yang ada, lanjut dia, pada tahun kedelapan era pemerintahan Jokowi, manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan ini berdampak menciptakan lapangan kerja, menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan memperbaiki jaringan logistik.

Sementara itu, terkait jalan tol, telah dibangun sepanjang 1.700 km selama kepemimpinan Presiden Jokowi. Termasuk, 508 km yang belum diselesaikan dan yang mangkrak di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tol yang dibangun Jokowi 2,1 kali lebih panjang dibandingkan tol yang dibangun periode sebelumnya, terhitung sejak era Presiden Soeharto. Dibanding era SBY, tol yang dibangun Jokowi 8,7 kali lebih panjang.

Pada periode yang sama, Jokowi juga merampungkan pembangunan 30 waduk, 18 pelabuhan, 21 bandara, dan sejumlah marina. Akselerasi pembangunan infrastruktur ditopang oleh keberanian Presiden meningkatkan dana alokasi untuk infrastruktur selama delapan APBN terakhir. Pembangunan infrastruktur era Jokowi tergolong sangat masif dan sebagian besar di luar Jawa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

Harga emas ambles pada perdagangan Jumat waktu setempat (2/12/2022) dari kenaikan tajam sehari sebelumnya karena data pekerjaan AS lebih kuat.

EKONOMI | 3 Desember 2022

S&P 500 dan Nasdaq Ambles karena Data Pekerjaan Memanas

Bursa AS Wall Street bervariasi pada perdagangan Jumat (2/12/2022) karena investor menilai data pekerjaan AS lebih panas dari perkiraan.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,2%. Saham minyak dan gas memimpin penurunan, ambles 1,1%.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga BBM Nonsubsidi Shell, BP, dan Pertamina Naik, Paling Murah?

Per 1 Desember, harga BBM nonsubsidi mengalami kenaikan, baik milik PT Pertamina (Persero) hingga perusahaan swasta lainnya seperti Shell dan B-AKR.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

Pemerintah mewaspadai dampak kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2023.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

OJK optimistis kredit perbankan bisa tumbuh minimal 12% pada tahun 2023, minimal sama dengan tahun 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bulog Lampung Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Stok beras di gudang Bulog saat ini tersedia sebanyak 15.000 ton sehingga aman jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

20 Perusahaan Raih Green Initiative Awards

Green Initiative Awards diberikan kepada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, energi/pertambangan, teknologi/transportasi dan consumer goods.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Fokus di Perbaikan Bisnis, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71 Persen di Q3

PertaLife Insurance mampu mencatat kinerja keuangan yang positif di Q3, di mana tercatat sampai 30 September 2022, perseroan meraih laba bersih Rp 50,16 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada beberapa risiko global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

NEWS | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE