Logo BeritaSatu

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Kamis, 29 September 2022 | 22:28 WIB
Oleh : Amrozi Amenan, Ester Nuky, Totok Subagyo, Tri Murti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 8 tahun kepemimpinannya tergolong gencar membangun infrastruktur di Tanah Air, sebagian besar di luar Pulau Jawa. Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi seperti bandara dan pelabuhan, serta infrastruktur telekomunikasi, energi, hingga pertanian seperti bendungan.

“Apa yang bisa kita lihat dari prestasi pemerintah sekarang adalah pembangunan infrastruktur sangat masif dan merata di beberapa wilayah Indonesia. Jokowi berkomitmen membangun infrastruktur sejak awal kepemimpinannya, dan itu menjadi agenda kebangsaan sejak awal periode kepemimpinannya,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Andira Reoputra di Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Pemerintah juga sudah memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun harus dapat menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, kawasan wisata, serta dapat mendongkrak lapangan kerja baru. Hal ini sudah tertuang dalam pidato pelantikan Presiden Jokowi periode kedua tahun 2019.

Tahun 2022 dan ke depan, pemerintah juga konsisten mendorong pembangunan infrastruktur. “Infrastruktur penting terhadap agenda bangsa ke depan, untuk kemajuan Indonesia. Pemerintah hari ini membawa konsistensi kemajuan di bidang infrastruktur yang sudah sesuai target dalam delapan tahun pemerintahan Presiden Jokowi, yang mampu mempertahankan dan mengembangakan agenda pembangunan infrastruktur,” tandas Andira.

Di sektor telekomunikasi, Pemerintahan Jokowi juga terus berupaya memperluas jangkauan internet hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengungkapkan baru-baru ini, sebagian besar atau 85% dari total desa di Nusantara sudah terjangkau infrastruktur internet. “Di Indonesia ada 83.218 desa atau kelurahan. Masih ada 12.548 desa/kelurahan yang belum ada infrastruktur 4G,” paparnya.

Dengan melihat hasil dari realisasi dan target infrastruktur yang ada, lanjut dia, pada tahun kedelapan era pemerintahan Jokowi, manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan ini berdampak menciptakan lapangan kerja, menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan memperbaiki jaringan logistik.

Sementara itu, terkait jalan tol, telah dibangun sepanjang 1.700 km selama kepemimpinan Presiden Jokowi. Termasuk, 508 km yang belum diselesaikan dan yang mangkrak di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tol yang dibangun Jokowi 2,1 kali lebih panjang dibandingkan tol yang dibangun periode sebelumnya, terhitung sejak era Presiden Soeharto. Dibanding era SBY, tol yang dibangun Jokowi 8,7 kali lebih panjang.

Pada periode yang sama, Jokowi juga merampungkan pembangunan 30 waduk, 18 pelabuhan, 21 bandara, dan sejumlah marina. Akselerasi pembangunan infrastruktur ditopang oleh keberanian Presiden meningkatkan dana alokasi untuk infrastruktur selama delapan APBN terakhir. Pembangunan infrastruktur era Jokowi tergolong sangat masif dan sebagian besar di luar Jawa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dijanjikan 600.000 Ton Beras, Bulog: Hanya Ada 166.000 Ton

Dirut Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, dari data yang disampaikan Kementan sebanyak 600.000 ton, Bulog hanya bisa menyerap sebanyak 166.000 ton.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Masyarakat diminta untuk memastikan nomor IMEI HP yang tercantum dalam kemasan dengan jumlah SIM yang digunakan agar tidak tertipu ponsel atau HP bodong.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bandung dan Meninggalnya Lord Rangga Paling Banyak Dibaca

Bom Bandung dan Meninggalnya Lord Rangga Paling Banyak Dibaca

NEWS | 4 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE