Logo BeritaSatu

Gandeng Asparindo, KEK Morotai Bangun Pusat Industri Laut

Jumat, 30 September 2022 | 16:51 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– PT Jababeka Morotai, anak usaha PT Jababeka Tbk (KIJA) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk pengembangan pusat industri kelautan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai, Provinsi Maluku Utara.

"Kawasan industri kelautan mencakup industri pengolahan, perdagangan, budidaya, pemasaran, distribusi hasil laut, fasilitas hasil laut serta pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di KEK Morotai," kata Ketua Umum Asparindo Joko Setiyanto dalam keterangan tertulisnya Jumat (30/9/2022).

Joko Setiyanto mengatakan kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Indonesia cukup tinggi. Sayangnya produksi ikan nasional berada pada posisi ke sembilan di dunia. "Dengan pengembangan pusat kelautan di KEK Morotai, dalam 5 tahun kew depan Indonesia diharapkan menjadi negara dengan produksi ikan ke enam atau tujuh di dunia," kata Joko.

Ketua Dewan Pembina Asparindo Antonius Setiadi mengatakan potensi mencapai posisi kedua produksi ikan di dunia sangat terbuka. Hal ini ditunjang sumber daya perikanan KEK Morotai dan lokasi strategis yang sering disinggahi kapal-kapal besar luar negeri masuk ke Pulau Morotai. “Kerja sama ini scope-nya tidak hanya membantu penjual dan penangkap ikan, tetapi memberi nilai tambah bagi mereka,” kata Setiadi.

Dia mengatakan saat ini pengembangan maritim, terutama hasil laut, belum dikelola dengan baik. "Harapannya, dengan kerja sama ini bisa optimalkan hasil perikanan," kata dia.

Sementara Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama mengatakam kolaborasi menjadi kunci penting dalam upaya pengembangan industri perikanan Indonesia. Perusahaan akan mengoptimalkan perikanan di KEK Morotai demi kesejahteraan masyarakat. “Saya setuju, bahwa kita kekurangan penangkapan ikan besar. Karenanya, kami baru saja buat konsorsium untuk bisa memaksimalkan ikan di Pasifik,” ungkap pria yang akrab dipanggil Basuri ini.

Di hadapan puluhan anggota Asparindo dan Perum Perikanan Indonesia (Perindo), Basuri menjelaskan Jababeka menjamin kesiapan infrastruktur, terutama suplai listrik guna membangun pusat industri kelautan di KEK Morotai.

Saat ini Jababeka Morotai dalam tahap instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan perangkat panel surya CROAS yang rampung pada Oktober 2022. Dengan pemakaian panel surya CROAS, Jababeka bisa mensuplaiu listrik selama 24 jam dengan kapasitas besar dan harga bersaing. “Setelah ikan ditangkap perlu cold storage agar ikan tidak mudah busuk dan bisa tetap fresh. Dengan PLTS ini, berapa pun (energi listrik) yang dibutuhkan, kita bisa jalan. Ini benar-benar sebuah breakthrough. Karena kita bisa jalankan (proyek ini) tanpa perlu ada jaringan listrik dari luar,” kata Basuri dalam sambutannya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Teddy Minahasa Dinilai Bukti Kapolri Tak Pandang Bulu

Kasus Teddy Minahasa Dinilai Bukti Kapolri Tak Pandang Bulu

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE