Logo BeritaSatu

Menperin: Indonesia Jangan Hanya Jadi Konsumen Produk Halal

Jumat, 30 September 2022 | 18:49 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap agar Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam industri produk halal global. Tidak sekedar menjadi konsumen produk halal, tetapi juga menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

Menperin menyampaikan, dengan penduduknya mayoritas muslim, Indonesia merupakan konsumen produk halal terbesar di dunia. Pada 2020, pengeluaran penduduk muslim Indonesia untuk produk dan layanan halal mencapai US$ 184 miliar. Pada 2025 nanti, angkanya diproyeksikan meningkat hampir 15% menjadi US$ 281,6 miliar.

Spending umat muslim Indonesia tersebut menjadikan Indonesia sebagai konsumen produk halal terbesar di dunia. Dengan potensi pasar yang sangat besar tersebut, wajar jika negara-negara lain menjadikan Indonesia sebagai target utama pasar produk halal mereka. Ini yang harus membuat kita siap,” kata Menperin di acara kick off Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022, Jumat (30/9//2022).

Menperin menyampaikan, dengan keuntungan Indonesia yang masih menikmati bonus demografi, peluang ini harus bisa dimanfaatkan dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai pemain utama di industri halal global.

“Bonus demografi perlu dioptimalkan untuk membuka peluang-peluang bagi pelaku industri halal nasional untuk menjadikan kita pemain utama industri halal global. Tidak lagi sekedar menjadi target pasar produk halal, tetapi menjadi produsen produk halal,” kata Menperin.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di kesempatan sebelumnya juga mengungkapkan, sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia sebetulnya memiliki kekuatan yang potensial sebagai pemain utama industri halal global.

"Kita harus meningkatkan kapabilitas kita. Jangan di era dunia yang berubah, kita tertinggal. Kita hanya jadi penonton, ini banyak tanda-tandanya. Kita merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Tetapi kalau bicara industri halal, di 10 besar negara yang memproduksi produk-produk halal, Indonesia tidak masuk,” kata Erick.

Atas kondisi ini, Erick Thohir meminta seluruh elemen masyarakat untuk tidak saling menyalah-nyalahkan. Adapun yang terpenting, melakukan introspeksi diri dan membangun diri.

“Di 10 besar ada negara Amerika Serikat, Brasil, Taiwan. Sementara, tidak ada Indonesia. Ini salah siapa? Salah kita. Kita tidak boleh menjadi generasi yang terus menyalah-nyalahkan tanpa kita introspeksi diri, tanpa kita membangun diri,” kata Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRI dan Bio Farma Hadirkan Layanan Business Card di Medbiz

BRI memfasilitasi layanan business card di marketplace obat-obatan Medicine Distribution Business Zone atau Medbiz by Bio Farma.

EKONOMI | 30 November 2022

Telkomsel Dorong Peningkatkan Pengalaman Digital Berteknologi Terkini di Indonesia

Pengujian di Danau Toba menunjukkan extended-range 5G millimeter-wave di frekuensi 26 GHz bisa jadi solusi percepatan ekonomi digital nasional.

EKONOMI | 30 November 2022

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE