Logo BeritaSatu
Tragedi Kanjuruhan

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:32 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sedikitnya 174 orang suporter tewas terinjak-injak pada pertandingan Arema FC vs Persebaya, yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan dan menjadikannya sebagai salah satu bencana stadion terburuk di dunia.

Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI), Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia ke depan sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi/internet.

"Hal ini penting dilakukan jika berkaca dari kisruh yang kerap terjadi di stadion. Saya berpendapat mungkin untuk kasus di Indonesia, ke depan mulai harus menggeser sepakbola dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi atau internet. Jadi jumlah penonton stadion maksimal sepertiga kapasitas saja, hanya untuk menciptakan atmosfer adanya penonton," kata Revindo kepada Beritasatu.com, Minggu (2/10/2022).

Menurut Revindo, adapun yang perlu diperbaiki adalah kualitas paket siarannya, baik melalui televisi, saluran internet berbayar atau kemudahan untuk menyiarkannya di tempat-tempat hiburan.

"Toh banyak juga klub Eropa yang penonton stadionnya terbilang sedikit tetapi paket siarannya tetap tinggi seperti Juventus,” imbuh Revindo.

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV
Anggota TNI mengamankan seorang anak dalam pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

LPEM FEB UI pada pertengahan 2022 juga pernah merilis hasil kajian terkait potensi nilai ekonomi yang luar biasa besar dari penyelenggaraan BRI Liga 1 musim kompetisi 2022-2023. Nilai ekonomi kompetisi sepak bola ini, diperkirakan mencapai lebih dari Rp 2,7 triliun.

Jika kompetisi sepak bola BRI Liga 1 dihentikan, potensi ekonomi ini memang akan hilang. Namun menurut Revindo, yang paling penting adalah nyawa manusia.

"Kalau dihentikan, kompetisinya benar akan hilang sebesar itu (Rp 2,7 triliun). Tetapi kalau dilanjutkan dan tidak ada jaminan keamanan, nyawa manusia lebih berharga dibandingkan uang. Jadi kalau PSSI dan LIB tidak berbenah, tragedi Kanjuruhan mungkin akan terulang dan lebih besar kerugian sosial atau nyawa dan juga ekonomi,” tegas Revindo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

NEWS | 37 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE