Logo BeritaSatu

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:13 WIB
Oleh : Emanuel Kure / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) 2022.

Dalam kesempatan tersebut, kedua menteri sepakat bekerja sama mendukung permodalan dengan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi, untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh. Selain itu, mengajak perempuan pengusaha membangkitkan perekonomian negara.

“Kami dari BUMN sudah lama punya program yang signifikan dan kuat, yaitu PNM (Permodalan Nasional Madani) Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) berupa modal kepada ibu-ibu ultra mikro di desa-desa, ada pinjaman modal Rp 1 juta sampai Rp 4 juta, jumlah nasabahnya sudah 12,6 juta orang, dan kita akan dorong terus sampai 20 juta nasabah," kata Erick melalui siaran pers, Minggu (2/1/2022).

Dia percaya pengusaha dan UMKM perempuan sangat teliti dan mampu membangkitkan ekonomi keluarga di berbagai daerah, sehingga secara bersamaan, mampu meningkatkan ekonomi nasional. "Ini potensi luar biasa, bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh 5% ke depanm saya berharap, Iwapi-BUMN, bisa bersinergi," katanya.

Sementara Sandiaga Uno juga mengatakan, sudah saatnya Iwapi termasuk UMKM perempuan membangkitkan ekonomi melalui digitalisasi. "Inilah, tulang punggung 75% dari ekonomi kreatif kita dan memanfaatkan teknologi platform digital. Lalu, 60% dari usaha ibu-ibu, dibantu oleh konten-konten kreatif dan sekarang Indonesia merangsek posisi 3 besar dunia dari ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Kemenparekraf akan sukarela menggandeng ribuan anggota Iwapi melek digitalisasi guna memasarkan produk ekonomi kreatifnya. "Kita bisa pulih kalau Iwapi bekerja sama dengan kita up-skilling, re-skilling dan new-skilling. Kita punya beberapa program, mulai dari Kata Kreatif, Apresiasi Kreasi Indoensia, Widuri, Wirausaha Digital dan Mandiri, nanti kita gerakan cinta dan bangga produk lokal," ungkap Sandiaga Uno.

Sementara, Ketua Umum Iwapi Nita Yudi menjelaskan, Rakernas Iwapi 2022 fokus pada kolaborasi antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN.

"Untuk tahun ini, kita dipercaya pemerintah untuk jadi vocal point dari AWEN, organisasi perempuan khusus pengusaha yang dibentuk ASEAN, jadi selama rakernas ini akan ada AWEN Awards, business matching antara Indonesia dengan 10 negara ASEAN," tutur Nita Yudi.

Untuk itu, fokus rakernas tahun ini, selain pemberdayaan perempuan di bidang UMKM, Iwapi juga mempersiapkan anggotanya untuk ekspor, terutama ke negara-negara ASEAN.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE