Logo BeritaSatu

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:32 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Asosiasi Pengemudi Ojek Online Garda Indonesia meminta agar operator ojek online (ojol) mematuhi ketentuan biaya sewa aplikasi yang ditetapkan pemerintah maksimal 15%.

Garda Indonesia juga berharap agar biaya sewa aplikasi ini bisa diturunkan menjadi 10%, sebab biaya yang sekarang dinilai masih terlalu tinggi sehingga memberatkan para mitra driver atau pengemudi.

Mitra <em>Driver</em> Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab
Dari kiri ke kanan: President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan Director of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya.

Terkait hal ini, Director of Central Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy menyampaikan, pihak Grab Indonesia hingga saat ini masih terus berkoordinasi erat dengan pemangku kepentingan mengenai penerapan biaya sewa aplikasi atau komisi.

"Perlu diketahui bahwa potongan komisi tak hanya digunakan untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi serta pengembangan teknologi yang menghubungkan konsumen dan mitra pengemudi, namun juga untuk keberlanjutan perusahaan guna memastikan bahwa Grab dapat terus menyediakan sumber penghasilan yang berkesinambungan bagi ratusan ribu mitra kami di Indonesia,” kata Tirza Munusamy kepada Beritasatu.com, Minggu (2/10/2022).

Tirza menegaskan, Grab Indonesia juga telah melakukan penyesuaian tarif ojek online sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 667 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi sejak 11 September 2022.

"Adapun besaran penyesuaian tarif telah dihitung secara seksama sesuai dengan aturan pemerintah, namun juga dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi serta kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab," tegasnya.

Tirza menambahkan, Grab juga masih terus aktif melakukan sosialisasi secara bertahap kepada mitra pengemudi dan konsumen mengenai penyesuaian tarif tersebut.

Perlu dipahami bahwa tarif ojek online, termasuk tarif batas bawah dan tarif batas atas, yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 667 merupakan biaya jasa bagi mitra pengemudi.

"Adapun komponen biaya yang dibayarkan penumpang termasuk biaya pemesanan senilai Rp 2.000, yang mana informasi mengenai biaya ini telah dicantumkan di bagian keterangan pilihan transportasi pada aplikasi Grab. Biaya pemesanan ini mencakup inovasi fitur keselamatan, asuransi, dan biaya operasional lainnya,” kata Tirza.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Adu Penalti, Kroasia Kalahkan Jepang 3-1

Piala Dunia 2022: Adu Penalti, Kroasia Kalahkan Jepang 3-1

SEMESTA BOLA 2022 | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE